Pukulan Overhead yang Meluncur Dekat Net dan Jatuh di Depan Lapangan Lawan

Konten dari Pengguna
30 Maret 2023 15:13
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pukulan overhead yang meluncur dekat net dan jatuh di depan lapangan lawan disebut. Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Pukulan overhead yang meluncur dekat net dan jatuh di depan lapangan lawan disebut. Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Pukulan overhead yang meluncur dekat net dan jatuh di depan lapangan lawan disebut pukulan dropshot, yakni dengan pukulan yang diarahkan menukik di dekat net. Bagi yang penasaran apa saja teknik pukulan dalam bulu tangkis, berikut informasinya.
Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMA/SMK/MA dan Sederajat Kelas X karya Nur Hasyim, dkk, pukulan dropshot dikenal sebagai jenis pukulan kecohan yang dilakukan layaknya smash namun dilakukan secara halus agar mengecoh.
Nah, pukulan ini akan mengarahkan shuttlecock rendah di atas net untuk jatuh dekat dengan garis net. Adapun laju pukulan dropshot sendiri melengkung pelan melintasi net sampai jatuh pada wilayah permainan lawan atau dekat dengan garis paling depan.
Selain dropshot, masih ada beberapa teknik pukulan bulu tangkis lainnya yang wajib diketahui. Selain untuk membangun serangan, teknik-teknik berikut ini juga perlu dipelajari untuk membangun pertahanan, berikut informasinya.

Teknik Pukulan Bulu Tangkis

Pukulan overhead yang meluncur dekat net dan jatuh di depan lapangan lawan disebut. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Pukulan overhead yang meluncur dekat net dan jatuh di depan lapangan lawan disebut. Foto: Pixabay
Masih mengutip buku yang sama, permainan bulu tangkis memiliki beberapa teknik pukulan yang umumnya digunakan atlet saat pertandingan. Bagi yang penasaran apa saja teknik pukulan tersebut, berikut informasinya:

1. Pukulan Backhand & Forehand

Pukulan backhand dan forehand adalah teknik pukulan dalam permainan bulu tangkis yang cukup umum. Ini merupakan teknik pukulan awal yang perlu dipelajari apabila Anda baru belajar olahraga bulu tangkis.
Forehand adalah pukulan yang dilakukan dengan punggung tangan membelakangi arah pukulan dengan posisi memukul di samping kanan badan, sedangkan backhand dilakukan dengan punggung tangan menghadap ke arah pukulan dengan posisi memukul di samping kiri badan.

2. Pukulan Lob

Pukulan lob adalah jenis pukulan yang melambung ke arah atas agar shuttlecock akan menukik ke bawah dengan tajam pada area lawan. Teknik pukulan ini bisa dilakukan dengan dua metode, yakni menggunakan overhead lob dan underhand lob, bisa digunakan untuk menyerang maupun bertahan.

3. Pukulan Drive

Pukulan drive juga merupakan salah satu jenis pukulan yang umum dalam permainan bulu tangkis, yakni sebuah pukulan cepat dengan mengarahkan shuttlecock secara mendatar. Pukulan ini dibagi menjadi tiga jenis, yakni drive panjang, drive setengah lapangan, dan drive pendek.

4. Pukulan Netting

Hampir serupa dengan pukulan dropshot, pukulan netting juga dilakukan untuk mengecoh lawan, yakni dengan memukul shuttlecock di dekat net secara perlahan dan halus. Jenis pukulan ini banyak digunakan untuk mencetakkan poin.
Demikianlah informasi mengenai jenis pukulan dalam permainan bulu tangkis yang wajib diketahui. Semoga bermanfaat.
(AA)
Bagaimana laju pukulan dropshot?
chevron-down
Apa perbedaan pukulan backhand dan forehand?
chevron-down
Apa itu pukulan lob?
chevron-down