RPG adalah: Jenis dan Rekomendasi Game-nya

Konten dari Pengguna
21 Januari 2022 9:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Salah Satu Game RPG, Final Fantasy. (Foto: ff-fandom.com)
zoom-in-whitePerbesar
Salah Satu Game RPG, Final Fantasy. (Foto: ff-fandom.com)
ADVERTISEMENT
RPG adalah singkatan dari Role Playing Game, di mana permainannya dilakukan seolah-olah menjadi peran dalam sebuah cerita dan sejarahnya. Awalnya, RPG merupakan game yang berbasis teks, tetapi seiring perkembangan teknologi permainan ini menggunakan grafik dan visual yang memanjakan mata.
ADVERTISEMENT
Biasanya, game RPG menyediakan sejumlah karakter yang bisa digunakan sebagai diri sendiri tetapi dilakukan di dalam game. Saat ini, game RPG sudah dimodifikasi dan dikombinasikan sehingga menjadi mudah dilakukan dimanapun. Salah satu modifikasinya adalah cross-platform, yang berarti bisa digunakan dalam perangkat apapun.
Permainan dengan genre ini, umumnya menyediakan cerita atau sejarah fiksi yang harus diselesaikan melalui tugas-tugas atau misi. Dengan menyelesaikan misi atau tugas tersebut, para pemain mendapatkan hadiah atau membuka wilayah yang terkunci sebelumnya.
Untuk memeriahkan game, permainan tipe RPG selalu membuat karakter NPC atau Non-Player Character atau pemain yang tidak bisa digunakan tetapi dapat berkomunikasi untuk keperluan tertentu.
Kemudian RPG juga selalu disematkan item-item pendukung seperti senjata, pelindung, pakaian baru, makanan atau hal-hal yang menunjang peningkatan level permainan.
ADVERTISEMENT
Bisa juga untuk koleksi untuk diperjualbelikan di dalam game online. Keseruan ini dibuat agar sesuai seperti petualangan di dunia nyata. Jadi, RPG games adalah sebagai berikut.

RPG adalah Singkatan dari?

Dragon Quest : Echoes of an Elusive Age. (Foto: dragonquest-fandom.com)
Setelah mengetahui definisi dari RPG, berikut ini adalah informasi mengenai jenis-jenis game RPG yang sudah terkenal hingga ke seluruh dunia, yaitu:

1. Action RPG

Action RPG adalah salah satu game RPG yang memainkan peranan dalam tipe permainan laga yang sudah pasti menghadapi pertarungan-pertarungan dan menghadapi raja-raja.

2. MMORPG

MMORPG merupakan singkatan dari Massively Multiplayer Online Role Playing Game. Game ini sangat booming ketika internet sudah mulai digunakan di seluruh dunia. Permainan ini sangat seru karena dapat berinteraksi dengan orang-orang dari belahan dunia yang lain.
ADVERTISEMENT

3. First Person Party Based RPG

Game ini merupakan jenis RPG yang menggunakan sudut pandang orang pertama dalam permainannya. Biasanya jenis RPG ini memiliki tipe petualangan untuk membuka item-item terkunci atau membuka wilayah baru.

4. Tactical RPG

Game RPG yang satu ini biasanya membutuhkan strategi dan taktik dalam menyelesaikan permainannya. Seperti menyusun item, merancang baju, membuat senjata hingga memenuhi part-part untuk mendapatkan konten premium dalam permainannya.

5. Sandbox RPG

Sandbox RPG merupakan salah satu game dimana para gamer dapat dengan bebas mengelilingi wilayah yang tersedia di dalam permainannya untuk erkeliling dan membuka map baru. Biasanya game jenis ini tidak ada tamat dalam permainannya.
Ilustrasi Wilayah di Genshin Impact. (Foto: gensh.in)

Rekomendasi Game RPG

Setelah mengetahui jenis-jenis Game RPG, berikut ini adalah rekomendasi daftar permainan dengan sistem RPG, antara lain:
ADVERTISEMENT
RPG adalah salah satu sistem game yang digemari oleh seluruh dunia, khususnya di Indonesia. Jika para gamer bosan memainkan game MOBA atau FPS, game RPG bisa menjadi permainan selingan yang menyenangkan. Selamat mencoba!
(FS)