Salah Satu Bentuk Latihan Kombinasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani

Konten dari Pengguna
26 November 2021 18:26
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Salah Satu Bentuk Latihan Kombinasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani (210328)
searchPerbesar
Ilustrasi Latihan Interval Training (Sumber: Topuout Drinks)
Salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani adalah interval training. Kebugaran jasmani merupakan kondisi tubuh seseorang yang dapat melakukan aktivitas fisik secara prima dan bugar.
ADVERTISEMENT
Jika seseorang rutin berlatih untuk menjaga kebugaran jasmani, maka orang cenderung tidak akan mudah terkena lelah dan letih selama menjalani rutinitasnya.
Lalu, apabila kita memiliki tubuh yang prima dan bugar, maka juga akan cenderung lebih bersemangat dalam mengerjakan kegiatan harian.
Untuk menjaga kebugaran jasmani tersebut, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Misalnya, menjalankan olahraga ringan seperti push-up, sit-up, atau pun sikap lilin.
Menurut beberapa sumber, olahraga ringan seperti senam aerobik atau senam lantai merupakan salah satu bentuk latihan yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan kebugaran fisik atau jasmani.
Selain itu, latihan tersebut juga tidak terlalu membutuhkan banyak alat bantu, sehingga dianggap sebagai olahraga yang mudah dan praktis.

Salah Satu Bentuk Latihan Kombinasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani adalah

Salah satu bentuk latihan kebugaran untuk meningkatkan kelincahan adalah interval training. Namun, tahukah kamu apa itu interval training? Berikut Info Sport akan mengulasnya.
ADVERTISEMENT
  • Interval Training
Salah Satu Bentuk Latihan Kombinasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani (210329)
searchPerbesar
Interval Training dengan Lari (sumber: Active)
Interval training merupakan salah satu jenis latihan yang menggabungkan dan mengulangi latihan singkat secara bertahap. Kemudian, diikuti oleh durasi latihan yang lebih lama untuk membantu kamu saat melakukan olahraga.
Untuk menyelesaikan latihan interval, kamu harus menggunakan metode latihan seperti berlari, berenang, bersepeda, dan aerobik, dan memiliki pengaruh besar pada tubuh. Lalu, berfungsi untuk kekuatan otot-otot pada pergelangan kaki dan tangan.
Jadi, ciri latihan interval training adalah bentuk latihan olahraga dengan intensitas waktu tinggi yang disusul dengan latihan dalam intensitas waktu yang rendah.
Durasi latihan ini juga dapat disesuaikan dengan kapasitas tubuh. Jika tubuh tidak terlalu fit, sebaiknya tidak memaksakan untuk melakukan latihan yang satu ini.
Interval training juga kerap disebut dengan HIIT atau singkatan dari High-intensity interval training (HIIT). Istilah tersebut juga bisa disebut sebagai olahraga intensitas tinggi dalam waktu singkat.
ADVERTISEMENT

Manfaat Interval Training

Salah Satu Bentuk Latihan Kombinasi untuk Meningkatkan Kebugaran Jasmani (210330)
searchPerbesar
Ilustrasi Tubuh Sehat (sumber: Unsplash)
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari latihan kombinasi interval training:

1. Membakar Banyak Kalori

Satu studi membandingkan kalori yang terbakar selama 30 menit dari masing-masing HIIT, latihan beban, lari, dan bersepeda. Para peneliti menemukan, bahwa HIIT dapat membakar 25-30% lebih banyak kalori dibanding bentuk olahraga lainnya.
Dalam studi ini, pengulangan HIIT terdiri dari upaya maksimal 20 detik, kemudian diikuti dengan istirahat selama 40 detik. Artinya, peserta sebenarnya hanya berolahraga 1/3 dari waktu yang dilakukan kelompok lari dan bersepeda.

2. Meningkatkan Kapasitas Aerobik

Ketika kekuatan kardiovaskular kamu meningkat, kemudian akan lebih kuat untuk melakukan olahraga lebih lama atau dengan intensitas yang lebih tinggi.
Bayangkan, kamu mungkin bisa menyelesaikan track jalan kaki yang biasanya memakan waktu 60 menit atau hanya dalam 45 menit. Kamu juga bisa membakar lebih banyak kalori dengan mempertahankan kecepatan jalan kaki tersebut selama 60 menit.
ADVERTISEMENT

3. Mencegah Berbagai Jenis Penyakit

Manfaat selanjutnya adalah kamu akan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mengancam, karena kekuatan kardiovaskular yang semakin kuat. Misalnya, penyakit diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi.
Itulah salah satu bentuk latihan kombinasi untuk meningkatkan kebugaran jasmani. Kamu bisa ikuti beberapa langkah di atas dengan baik.
(ANH)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020