Teknik Renang Gaya Punggung yang Wajib Diketahui

Konten dari Pengguna
13 Desember 2021 8:45
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Renang Gaya Punggung. (sumber: pinterest/usms.org)
ADVERTISEMENT
Teknik renang gaya punggung terdiri dari posisi tubuh, gerakan kaki, gerakan lengan, gerakan mengambil, membuang napas, serta koordinasi gerakan keseluruhan. Kelima gerakan renang ini wajib dilakukan untuk membantu kinerja tubuh dalam mengayunkan badan di dalam air.
ADVERTISEMENT
Gaya renang ini pertama kali masuk ke dalam kategori turnamen renang pada Olimpiade 1912 di Stockholm, Swedia dan masih dilombakan hingga saat ini. Gaya punggung masih menggunakan gerak elementer atau kedua tangan diayunkan secara bersamaan dan dikombinasikan dengan gerakan kaki katak.
Pada 1934, Adolph Gustav Kiefer, yaitu seorang perenang asal Amerika melakukan perbaikan gaya dan kombinasi gerakan agar menambah kecepatan serta mengurangi risiko cedera yang sampai saat ini digunakan oleh para atlet profesional hingga orang awam.
Kini, Olimpiade memiliki empat gaya renang, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu. Keempat gaya ini berlaku bagi perlombaan pria atau pun wanita. Untuk mengetahui teknik yang diketahui sebelum melakukannya. Simak teknik gerakan renang gaya punggung di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Teknik Renang Gaya Punggung Singkat

Ilustrasi Teknik Renang Gaya Punggung. (sumber: pinterest)
Dalam kelima teknik di atas, berikut penjelasan lengkapnya agar bisa dipraktikkan ketika ingin olahraga di dalam air dengan berenang menggunakan gaya punggung:

1. Posisi Tubuh

ADVERTISEMENT

2. Gerakan Kaki

3. Gerakan Lengan

ADVERTISEMENT

4. Gerakan Menghirup dan Membuang Napas

Perlombaan Renang Gaya Punggung. (sumber: pixabay/leoleobobeo)

5. Koordinasi Gerakan Keseluruhan

Jika ingin melakukan koordinasi gerakan, diperlukan latihan secara terpadu dari semua teknik dan posisi gerakan yang ada pada gaya punggung agar terwujudnya suatu gaya punggung yang baik dan benar.
Hal yang paling penting dari latihan koordinasi seluruh teknik gaya punggung adalah mengatur antara keseimbangan tubuh dengan tenaga penggerak. Saat bisa mengatur hal tersebut, terciptalah ritme antara gerakan kaki dan gerakan lengan dengan digerakkan secara berkelanjutan.
Teknik renang gaya punggung tersebut sangat bermanfaat ketika berenang untuk memperbaiki postur tubuh dan menambah tinggi badan.
ADVERTISEMENT
(FS)