Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Pantai Wadu Jao, Surga Tersembunyi di Dompu

Pantai Wadu Jao. Foto: Info Dompu

Info Dompu - Pantai Wadu Jao yang dalam bahasa lokal berarti pantai dengan bebatuan berwarna hijau. Seperti namanya, pantai ini memiliki ciri khas yang unik yakni memiliki bertaburan bebatuan atau karang hijau yang tersebar hampir di sebagian wilayah pesisir pantainya.

Terletak di Desa Jambu, Kecamatan Pajo, Dompu, Nusa Tenggara Barat, pantai ini masuk kawasan bagian utara Teluk Cempi. Untuk menuju ke tempat ini, bisa ditempuh menggunakan mobil atau motor dalam waktu kurang lebih 20 menit dari Dompu.

Bebatuan berwarna hijau di pinggir Pantai Wadu Jao. Foto: Info Dompu

Pantai Wadu Jao memadukan warna hijau bebatuan dengan butiran halus pasir pantai berwarna putih, di bagian paling barat anda bisa menikmati pemandangan pegunungan yang elok.

Letaknya strategis, berada di antara Pantai Felo Janga, pantai yang memiliki dermaga serta berdampingan dengan rumah-rumah penduduk desa di sekitarnya.

Dengan keunikan serta keindahan bebatuan hijau yang menjadi ciri khas, Pantai Wadu Jao menjadi salah satu tempat favorit wisatawan lokal. Hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang memadati pantai di akhir pekan.

Pantai Wadu Jao di Desa Jambu. Foto: Info Dompu

Lokasi pantai ini bisa dibilang terpencil dan jauh dari rumah penduduk, sehingga tidak salah jika tempat ini masih terjaga keasriannya. Pengunjung harus melewati jalan berbatu dan persawahan warga dari jalan utama desa. Namun, jangan khawatir, tersedia pondok-pondok kecil yang sengaja dibangun sebagai tempat istirahat pengunjung.

Selain wisatawan, pantai ini juga menjadi salah satu lokasi untuk mancing ikan bagi para pemancing lokal. Setiap sore selalu terlihat beberapa orang datang dengan motor atau mobil dan berjalan membawa alat pancing menuju ke tempat strategis di berbagai sisi pantai.

Bebatuan berwarna hijau di pantai wadu jao. Foto: Info Dompu

Apabila berminat mengunjungi Pantai Wadu Jao, disarankan membawa bekal makanan karena belum ada penjual yang menjajakan dagangannya di sana. Atau pengunjung bisa membeli makanan di warga desa yang dilewati menuju pantai ini.

Selain itu, disarankan juga datang ke pantai ini di waktu sore hari, karena suguhan matahari terbenamnya sangat menakjubkan. Di waktu sore juga udara di pantai ini begitu sejuk dibandingkan pada siang hari.

Sisi bagian timur pantai waud jao. Foto: Info Dompu

Terik matahari di area terbuka pantai terasa sangat menyengat, maka disarankan untuk menggunakan sunscreen saat menikmati keindahan pantai ini. Apalagi bagi anda yang ingin berenang.

Tak lupa, apabila ke pantai jangan lupa menjaga kebersihan dan membawa pulang sampah-sampah. Mari kita jaga pantai ini agar selalu indah hingga anak dan cucu kita bisa menikmatinya.

-

Penulis: Intan Putriani

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.36