Opini & Cerita
·
8 Juli 2019 20:20

Teluk Cempi, Potensi Wisata Bawah Laut di Dompu, NTB

Konten ini diproduksi oleh Info Dompu
Teluk Cempi, Potensi Wisata Bawah Laut di Dompu, NTB (86012)
(Siput laut, potensi bawah laut Dompu. Foto: Facebook Al Furkan)
Info Dompu – Teluk Cempi adalah perairan yang menjurus ke dalam daratan di wilayah bagian selatan Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Teluk ini masuk dalam Kawasan Konservasi Perairan (KKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan karena memiliki banyak potensi perairan yang bisa dikelola dan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.
ADVERTISEMENT
Al Furkan (30 tahun) anggota dari lembaga Nusa Biodiversitas Indonesia, sebuah lembaga yang fokus terhadap aktivitas kelautan dan perikanan serta pariwisata bahari di NTB mengatakan Teluk Cempi memiliki beragam potensi yaitu sumber daya perikanan dan sumber daya kelautan dan sumber daya kelautan.
Menurutnya, Teluk Cempi memiliki potensi perikanan tangkap seperti ikan kerapu, kakap, dan lainnya; juga adanya udang windu yang hanya terdapat di kawasan Teluk Cempi; dan sargasuum atau alga yang menjadi mata pencaharian baru bagi para nelayan yang berada di sekitar Teluk Cempi.
Sedangkan, sumber daya kelautan di Teluk Cempi yaitu memiliki beragam jenis terumbu karang yang bisa dikembangkan dan dijadikan spot snorkeling dan diving untuk wisata bawah laut Dompu.
Teluk Cempi, Potensi Wisata Bawah Laut di Dompu, NTB (86013)
(Lobster karang di bawah laut Teluk Cempi. Foto: Facebook Al Furkan)
Ia menjelaskan terdapat kondisi yang menarik di Teluk Cempi karena bisa menguntungkan. Berbagai biota laut yang ada di teluk ini ternyata bisa berasal dari manapun.
ADVERTISEMENT
“Ikan-ikan yang bermigrasi jauh, bahkan yang bermigrasi antara benua jika sudah masuk ke teluk biasanya akan cukup sulit keluar lagi termasuk di Teluk Cempi, mereka akan terjebak, di situlah salah satu yang membuat menarik daerah teluk itu,” ungkap Furkan.
Teluk Cempi, Potensi Wisata Bawah Laut di Dompu, NTB (86014)
(Teluk Cempi. Foto: Facebook Al Furkan)
Namun, sejauh ini, Furkan bersama timnya menyadari bahwa berbagai potensi yang ada tidak terdata dengan baik oleh pihak yang berwenang, termasuk pihak Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat maupun Pemerintah Kabupaten Dompu.
Hal ini sangat menyulitkan untuk melakukan pengembangan maupun promosi wisata yang ada. Furkan bersama timnya kini berinisiatif untuk mulai melakukan pendataan dengan baik terkait potensi bawah laut Dompu.
Teluk Cempi, Potensi Wisata Bawah Laut di Dompu, NTB (86015)
(Pendataan kondisi bawah laut Teluk Cempi. Foto: Nusa Biodiversitas Indonesia)
“Dompu berbeda dengan wilayah lain yang saat ini sudah mulai memperkenalkan potensi wisata bawah lautnya. Misalnya di Kabupaten Bima, sudah ada gerakan pejabat daerah untuk menyelam, mengenalkan keindahan bawah lautnya,” kata Furkan.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, Furkan juga mengungkapkan saat ini terdapat kerusakan yang cukup parah pada terumbu karang yang dimiliki oleh Dompu, terutama di Teluk Cempi.
Teluk Cempi, Potensi Wisata Bawah Laut di Dompu, NTB (86016)
(Pengukuran terumbu karang di Teluk Cempi. Foto: Nusa Biodiversitas Indonesai)
“Kerusakan terumbu karang ini disebabkan oleh pemboman dan pembiusan ikan yang menyebabkan karang-karang ikutan rusak,” kata Furkan, Minggu (7/7).
-
Intan Putriani