Pencarian populer
PUBLISHER STORY

Warung Berkebun, Sensasi Makan Sekaligus Panen Sayur di Dompu, NTB

Menu makanan dengan background kebun budidaya sayuran. Foto: Info Dompu

Info Dompu - Warung berkebun ini terletak di kawasan Sawete, Kecamatan Dompu, Kabupaten Dompu, NTB. Terbilang baru di buka sebulan, tempat ini mengusung konsep green yang berawal dari sebuah kebetulan. Pasalnya, kebun yang berada di belakang warung makan ini telah berdiri sejak tahun 2017 sebagai kebun sayur yang menjadi sarana bagi masyarakat Dompu untuk membeli sayur-sayuran segar.

Ayidarrahman (24) sebagai owner warung berkebun ini mengatakan (30/4) bahwa awalnya ia melihat kebun sayur milik bibinya ini sebagai tempat yang strategis untuk membuat sebuah tempat makan di sekitarnya. Sehingga di awal April 2019 ia langsung memberanikan diri untuk memulai bisnis kuliner yang konsepnya sederhana seperti di Jogja.

"Saya membuat tempat makan yang terinspirasi dari warung-warung makan yang ada di Jogja, karena kemarin kan kuliah di sana dan datang ke beberapa warung makan, pengennya seperti itu" ungkap lelaki yang biasa disapa Ayi ini.

Suasana mengobrol dengan owner warung berkebun. Foto: Info Dompu

Hadirnya warung berkebun di Dompu menjadi salah satu pilihan tempat nongkrong bagi masyarakat segala usia. Kebun sayur yang ada di belakang warung tetap beroperasi dan juga menawarkan sarana edukasi bagi siapapun yang datang ke warung ini untuk menikmati sensasi panen sayur seperti labu, timun, cabe, terong, oyong, ongkrak dan berbagai jenis sayur lainnya.

"Pengunjung warung juga bisa beli sayuran di sini, bisa metik sendiri. Beberapa waktu lalu juga ada TK (Sekolah Taman Kanak-kanak) yang datang ke sini untuk belajar berkebun" cerita Ayi.

Dengan warung yang terbilang sangat baru, Ayi juga menanyakan ke beberapa pengunjung agar memberi saran bagi warung yang ia bangun ini. Bahkan ia berencana membuka warungnya di saat sahur pada bulan puasa mendatang.

Menu nasi pecel di warung berkebun. Foto: Info Dompu

"Kami berencana membuka warung di waktu sahur nantinya, mungkin konsepnya prasmanan, Jadi pengunjung bisa memilih dan mengambil makanan sesuai seleranya" ungkapnya.

Adapun berbagai pilihan menu di warung ini adalah nasi pecel, bandeng bakar dengan sambal matah, bandeng presto, soto ayam, lalapan, juga mi goreng atau mi rebus. Ada juga jajanan seperti sosis, nugget ayam, kentang goreng, pisang bakar dan lainnya. Dan yang tak boleh ketinggalan pastinya ada menu minuman seperti lemon tea dan berbagai pilihan kopi.

Soal harga, makanan yang ditawarkan bisa dibanderol dengan harga Rp 10 ribu hingga Rp 30 ribu saja. Sedangkan jajanan rata-rata berharga Rp 15 ribu dan minuman dari Rp 5 ribu saja sampai 10 ribu.

Yang paling kami sarankan ketika datang ke sini adalah mencoba nasi pecelnya dan membeli satu polybag yang berisi satu pohon cabai yang telah berbuah untuk di tanam di pekarangan rumah maupun sebagai hadiah buat teman. Dimana harga nasi pecelnya hanya Rp 10 ribu saja, sedangkan satu pohon cabainya hanya Rp 25 ribu.

-

Penulis: Intan Putriani

Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.40