Food & Travel
·
20 Juli 2021 19:47
·
waktu baca 3 menit

10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban

Konten ini diproduksi oleh InfoPBUN
Momen Hari Raya Idul Adha menjadi momen untuk kita merasakan nikmatnya berbagi ke orang sekitar, juga momen untu anda berkreasi memasak daging kurban menjadi menu olahan yang lezat tentunya dinikmati bersama keluarga.
ADVERTISEMENT
Olahan daging sapi atau kambing juga beragam tergantung selera, berikut kami sajikan 10 rekomendasi olahan daging sapi kurban yang bisa anda coba dirumah.
  1. Rawon
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42083)
searchPerbesar
Pinterest
Rawon adalah masakan Indonesia berupa sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas yang menggunakan kluwek. Daging untuk rawon umumnya adalah daging sapi yang dipotong kecil-kecil, utamanya adalah bagian sandung lamur. Bumbu supnya sangat khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati. Semua bahan ini dihaluskan, lalu ditumis sampai harum. Campuran bumbu ini kemudian dimasukkan dalam kaldu rebusan daging bersama-sama dengan daging. Rawon disajikan bersama nasi, dilengkapi dengan tauge berekor pendek, telur asin, daun bawang, kerupuk udang.
ADVERTISEMENT
  1. Semur Sapi
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42084)
searchPerbesar
Pinterest
Tidak kalah lezat dari rawon semur adalah hidangan daging rebus dari Indonesia yang diolah dalam kuah berwarna coklat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkih. Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam adalah bahan paling penting dalam proses pembuatan semur. Selain berbahan utama daging sapi dan kentang, semur juga berdiri dari bermacam-macam variasi dalam penyajiannya, seperti penambahan tahu, tempe, telur, ikan, dan bahan lain-lain sesuai dengan selera masyarakat di daerah masing-masing.
  1. Sate
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42085)
searchPerbesar
Pinterest @koh_aming
Punya daging sapi atau kambing? yuk diolah menjadi sate saja. Daging kambing atau sapi tersebut disate (ditusuk dengan bambu yang dibentuk seperti lidi yang agak besar) dan dibumbui dengan rempah-rempah dan bumbu dapur, kemudian dibakar. Penyajiannya disajikan bersama lalapan kubis, tomat, dan bawang merah yang diiris tipis kemudian diberi kecap dan ditambahkan taburan merica.
ADVERTISEMENT
  1. Sop daging
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42086)
searchPerbesar
Pinterest
Ingin memasak daging yang berkuah, wah bisa sekali anda mencobanya. Sup atau sop adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu, dan biasanya diberi bumbu serta bahan lainnya untuk menambah rasa. Bahan yang terdiri dari daging, sayur, atau kacang-kacangan direbus sampai membentuk sari.
  1. Pentol
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42087)
searchPerbesar
Pinterest
Pada dasarnya pentol terbuat dari tepung kanji. Namun kita bisa menambahkan daging, pentol daging termasuk praktis pengolahannya. Daging dihaluskan terlebih dahulu, setelah itu diberi bumbu dan dibentuk bulat seperti pentol pada umumnya. Anda bisa memakan pentol dengan berkuah atau tidak.
  1. Iga bakar
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42088)
searchPerbesar
Suka makan iga bakar, Daging Iga Sapi atau rib adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Sesuai dengan namanya, resep iga bakar dimasak dengan cara dibakar. Daging sapi bagian iga, dipotong kecil-kecil, kemudian dibakar dengan menggunakan bumbu pilihan. Bagaimana? tertarik menjadikan daging kurban menjadi iga bakar, wah pasti lezat ya.
ADVERTISEMENT
  1. Empal daging
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42089)
searchPerbesar
sumber: _Dapurvy
Yuk, sesekali olah daging kurban menjadi empal daging, daging sapi yang dimasak dalam bumbu sehingga kering dan gurih. Daging ini biasanya disajikan dengan nasi hangat serta sambal. Nasi empal juga banyak dijual dalam bungkus daun pisang, yang memberi hidangan ini aroma tersendiri yang pasti menggugah selera makan keluarga.
  1. Capcai
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42090)
searchPerbesar
Sumber : @viepey9999
Daging dimasak capcai? kenapa tidak, hidangan khas Tionghoa-Indonesia ini berupa banyak macam sayuran yang dimasak dengan cara direbus (kuah) atau digoreng tumis. Aneka ragam sayuran dicampur daging tentu saja menjadi hidangan yang menggoda selera.
  1. Bistik
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42091)
searchPerbesar
Pinterest
Daging sapi juga enak lho diolah menjadi bistik, sebetulnya bistik bisa menggunakan daging sapi maupun daging ayam. Sebaiknya jika anda memakai daging sapi bagian has dalam yang bebas lemak. Pertama-tama, daging sapi direbus terlebih dahulu supaya empuk.
ADVERTISEMENT
Setelah daging dipresto barulah daging dimasak bersama dengan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang bombay, cengkeh, kapulaga, dan kayu manis. Tak heran, hidangan berkuah kental ini memiliki aroma sangat sedap yang menggugah selera.
  1. Steak
10 Rekomendasi Olahan Daging Kurban (42092)
searchPerbesar
Pinterest
Meskipun terbilang rumit cara memasaknya, steak dipastikan menjadi menu favorit anda dirumah. Steak adalah sepotong besar daging, biasanya daging sapi. Daging merah, dada ayam, dan ikan sering kali dipotong menjadi steak. Kebanyakan steak dipotong tegak lurus dengan serat otot, menambah kelegitan daging. Steak biasanya dimasak dengan dipanggang.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020