kumparan
search-gray
News18 Agustus 2019 22:51

5 Tips Aman Berselancar di Dunia Maya

Konten Redaksi Infopbun
5 Tips Aman Berselancar di Dunia Maya (52842)
Ilustrasi (Foto: Pixabay)
InfoPBUN - Perkembangan dunia Internet yang sangat pesat nyatanya juga telah menyebabkan penyebaran informasi yang semakin cepat pula. Bahkan, informasi pribadi sekali pun telah banyak bertebaran di dalam dunia online tersebut. Padahal, data pribadi yang tersebar secara bebas di dunia online sangat beresiko digunakan untuk beragam hal negatif. Nah, berikut 5 tips aman berinternet yang bisa kita coba.
ADVERTISEMENT
1. Gunakan kata sandi unik untuk semua akun dan gadget
Mengingat kata sandi bisa jadi sulit sehingga kita cenderung memilih kata sandi yang mudah dan menyamakannya untuk semua gadget dan akun di internet. Namun mungkin kita tidak sadar, semakin mudah dan seragam, semakin mudah pula akun kita untuk diretas.
Oleh karena itu, kita perlu membuat kata sandi dengan beragam kombinasi, mulai dari huruf kecil, huruf besar, angka, hingga tanda baca unik. Setelah itu pastikan juga kita tidak menggunakan kata sandi tersebut untuk seluruh akun agar resiko privasi semakin berkurang.
2. Selektif menerima permintaan pertemanan
Karena media sosial sering kali menjadi “gerbang” dari kehidupan seseorang, maka orang yang diizinkan memasuki “gerbang” tersebut sudah seharusnya disaring terlebih dahulu. Jangan sampai hanya demi banyak follower, maka kita mengesampingkan faktor keamanan, terutama jika kamu tipe orang yang selalu update kegiatan di media sosial.
ADVERTISEMENT
3. Lindungi informasi yang sensitif dan pribadi
Terkadang kita diminta memasukkan data-data pribadi ke sebuah situs internet, dan itu tidak apa-apa. Tapi sebelumnya, pastikan situs tersebut berada dalam jaringan yang aman. Salah satu tandanya adalah memastikan bahwa alamat portalnya adalah “https” dan memiliki simbol terkunci di sebelah URL di sisi atas layar.
4. Jaga reputasi online
Ada baiknya jika secara berkala kita mengevaluasi kehadiran kita di internet dengan mencari diri sendiri di situs mesin pencari dan melihat hasilnya. Bisa jadi kita menemukan beberapa informasi pribadi yang seharusnya tidak tersebar secara luas. Dengan begini, kita dapat menyesuaikan aturan privasi pada setiap media sosial dan akun yang kita miliki di dunia maya.
ADVERTISEMENT
5. Buat aturan untuk pemakaian situs dan games
Serupa dengan buku, film, dan beberapa bentuk hiburan lainnya, situs dan games terkadang juga memiliki batasan usia penggunanya. Oleh karena itu kita perlu mengatur situs dan aplikasi agar digunakan sesuai dengan tingkatan usia serta nilai-nilai yang dipegang tiap keluarga. Bagi yang memiliki anak, sangat penting untuk terus mengawasi gerak-gerik anak saat berselancar di dunia maya.
Jika sekiranya kita menemukan konten atau tindakan yang mengancam, kita harus segera melaporkan hal tersebut. Berbagai situs seperti layanan Microsoft, Facebook, Twitter, dan Instagram, seluruhnya memiliki fitur Report Abuse untuk melaporkan hal-hal yang dirasa mengganggu. (Fiyya)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white