Bola & Sports
·
20 September 2020 19:45

5 Tips Bersepeda bagi Pemula

Konten ini diproduksi oleh InfoPBUN
5 Tips Bersepeda bagi Pemula (21131)
Pinterest
Bersepeda memiliki segudang manfaat kesehatan, dari kesehatan jantung hingga kebugaran tubuh. Sebuah studi menunjukkan bahwa bersepeda sekitar 32 kilometer per minggu dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung hingga 50 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda. Sementara itu, bersepeda 30 menit per hari yang dikombinasikan dengan membatasi asupan kalori.
ADVERTISEMENT
Untuk mendapat manfaat maksimal dari aktivitas bersepeda, lakukan 5 langkah ini!
1. Perhatikan Irama Dayungan
Irama dayungan pedal yang ideal pada umumnya berkisar 60-80 putaran per menit (rpm), berbeda dengan pembalap sepeda yang bisa mengayuh pedal di kisaran 80-100 rpm.Kamu bisa senantiasa meningkatkan kecepatan dan kekuatan dengan menyempurnakan kayuhan sepeda.
2. Ubah Posisi Tubuh
Agar tekanan dan titik berat pada otot serta saraf tidak selalu terkonsentrasi di satu area tertentu, cobalah untuk sesekali memvariasikan posisi tubuh dan tanganmu. Ubahlah sudut lengan, punggung, dan leher. Selain itu, hindari berpegangan pada bagian melengkung setang untuk waktu yang lama. Hal ini dapat membuat kram pada tangan, bahu, dan leher.
3. Bersepeda Untuk Menguruskan Badan
ADVERTISEMENT
Sebuah studi kesehatan mengenai manfaat bersepeda menunjukkan bahwa aktivitas bersepeda selama 2-3 jam seminggu membantu mencegah kenaikan berat badan. Bila kamu tergolong kelebihan berat badan, mulailah bersepeda secara rutin. Lakukan rutinitas mendayung sepeda paling tidak 30 menit per hari. Kamu bisa memulainya di medan datar untuk 3-4 minggu pertama.
4. Mengolah Otot
Sebagai langkah pencegahan mengalami nyeri otot, tetaplah mengayuh sepeda ketika di jalan menurun, walaupun memang tanpa dikayuh pun sepeda dapat meluncur begitu saja. Nyatanya dengan mengayuh ringan terus-menerus saat di jalan menurun, kamu dapat membantu menghilangkan asam laktat.
5. Pastikan Sepedamu Sesuai Untukmu
Pastikan ukuran frame alias kerangka sepeda tepat untuk tubuhmu, kamu bisa mengangkangi sepeda dengan kakimu menapak rata dengan tanah.
ADVERTISEMENT
Untuk sepeda umum, harus ada jarak 2,5-5 cm antara pangkal paha dengan top tube alias kerangka sepeda bagian atas yang menghubungkan setang dengan jok. Sedangkan untuk sepeda gunung, setidaknya ada jarak 5 cm antara pangkal paha dan top tube. Bersepedalah secara konsisten dua kali seminggu dan tempuhlah jarak yang lebih jauh pada akhir pekan secara konsisten.