kumparan
Woman29 Februari 2020 21:36

5 Tips Cara Menabung Dari Penghasilan Bulanan

Konten Redaksi Infopbun
f7d2b88a93b341f6f00e47e4e1ef4768.jpg
Pinterest
Kadang suka kesulitan untuk mengatur penghasilan bulanan. Gak jarang malah, sering kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karna belum bisa mengelola dgn teratur.
ADVERTISEMENT
Berikut tips menabung dari penghasilan bulanan, supaya bisa mengatur keuangan lebih bijaksana. Yuk semangat menabung.
1. Buat skala prioritas
Sadar gak sih kamu kalau kebutuhan gaya hidup kerap kali lebih besar ketimbang kebutuhan pokok. Salah satunya bujet buat nongkrong di kafe.Sebenarnya hangout ke kafe bareng teman-teman itu ya sah-sah aja, malah perlu untuk mempererat tali silaturahmi. Tapi kalau keseringan, misalnya setiap weekend kamu nongkrong di kafe, ya siap-siap aja dompet kebobolan. Jadi poinnya nongkrong bukanlah prioritasmu, mulai sekarang prioritasmu adalah menabung kita gak permah tau kan kebutuhan apa yang bersifat mendadak.
2. Hindari kartu kredit
Bukan hanya kartu ATM, penggunaan kartu kredit juga perlu dihindari. Jika, kamu menggunakan kartu kredit, hal itu justru bisa membuat kamu semakin boros, karena kamu akan lebih mudah tergoda untuk membeli barang – barang yang kamu inginkan.
ADVERTISEMENT
Padahal, barang – barang tersebut bukan termasuk barang yang penting, tetapi kamu tidak memperdulikan itu karena kamu bisa membelinya dengan mudah dengan menggunakan kartu kredit setiap saat
3. Siapkan dana darurat
Lebih baik kamu langsung menyiapkan dana darurat di awal bulan dibanding akhir bulan. Mengapa begitu ?
Menyiapkan dana darurat di awal bulan dapat memudahkan kamu untuk mengatur keuangan kamu secara keseluruhan. Itu karena pada awal bulan, gaji kamu masih utuh dan belum banyak terpakai, sehingga kamu bisa mengatur keuangan lebih bebas dan leluasa.
4.Menyusun target pribadi
Kamu bisa memulai menyusun target pribadi untuk mengatur keuangan kamu secara lebih cermat. Tetapkan berapa nominal uang yang ingin di tabung dan pisahkan dengan uang yang akan kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup selama sebulan. Dengan demikian, kamu bisa lebih mudah untuk menabung karena kamu telah merencanakan jumlah nominal yang akan kamu sisihkan dari total penghasilan yang kamu terima tiap bulannya.
ADVERTISEMENT
5. Yuk, investasi
Berapapun umur kamu, tidak ada kata terlalu muda atau terlambat untuk memulai yang namanya investasi.
Kamu bisa memulai investasi kecil – kecilan dengan menyisihkan sebagian penghasilan yang kamu peroleh setiap bulannya. Salah satu contoh investasi yang cocok untuk pemula ialah investasi emas. Emas memiliki harga yang cukup stabil dan bersifat fleksibel yang artinya kamu bisa memulai investasi dengan menyesuaikan budget yang kamu miliki.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan