kumparan
search-gray
News28 November 2019 14:54

Bersama Warga, PT Korintiga Hutani Tanam Ribuan Pohon Peringati HMPI

Konten Redaksi Infopbun
Bersama Warga, PT Korintiga Hutani Tanam Ribuan Pohon Peringati HMPI  (422477)
Managemen adn Karyawan PT Korintiga Hutani bersama masyarakat melakukan penanaman pohon di kawasan HTR Kelurahan Pangkut. (Foto: PT Korintiga Hutani)
InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT - Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan, Managemen dan Karyawan PT Korintiga Hutani bersama warga Kelurahan Pangkut sebanyak 600 orang menanam ribuan pohon di kawasan Hutan Tanaman Rakyat (HTR) milik Kelompok Tani.
ADVERTISEMENT
Penamanan ribuan pohon jenis Eucalyptus Pellita tersebut di tanam pada lahan seluas 8 hektare kawasan HTR Kelurahan Pangkut, Kecamatan Arut Utara, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng, Kamis pagi (28/11), dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) tahun 2019.
Manager Tanam dan Pemeliharaan PT Korintiga Hutani Aswady menuturkan, acara penanaman ribuan pohon ini perdana dilakukan dan murni milik masyarakat yang selama ini belum dimanfaatkan oleh pemiliknya.
"Dengan sinergitas pola kemitraan warga dengan perusahaan, warga dapat memanfaatkan lahan tidur milik warga dengan tanaman produksi ini," ujar Aswady, Kamis (28/11) kepada InfoPBUN.
Diharapkan, dengan penanaman pohon ini lanjut Aswady, dapat membantu mengubah finansial masyarakat nantinya dengan jangka waktu masa tanam sekitar 6 tahun. Setiap hektarenya terdapat 1.600 batang bibit pohon yang ditanam.
ADVERTISEMENT
"Pada momen Hari Menanam Pohon Indonesia 2019 ini ditanam 3.200 batang bibit pohon di lahan seluas 2 hektare," tutur Aswady.
Sementara itu, General Manager PT Korintiga Hutani melalui Direktur Jung Seo Yeong mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggungjawab sosial dalam rangka pemberdayaan masyarakat dan memanfaatkan lahan kosong.
"Kali ini pelaksanaannya merupakan momen yang istimewa, karena untuk yang pertama kali kita bersama melaksanakan acara penanaman pohon yang dilaksanakan di luar areal konversi PT Korintiga Hutani, tepatnya di wilayah Kelurahan Pangkut, di area tanah yang dijadikan lokasi acara tanaman pohon hari ini adalah murni milik masyarakat, selama ini belum dimanfaatkan oleh pemiliknya," kata Jung Seo Yeong.
Jung Seo Yeong berharap, agar pola kemitraan ini dapat berjalan rutin setiap tahunnya dan menjadi contoh bagi warga lainnya yang ingin ikut bekerjasama dengan pola kemitraan di atas lahan tidur.
ADVERTISEMENT
"Sebelumnya lahan tidur, kita bangunkan kembali agar bermanfaat bagi masyarakat, terutama untuk finansial," pungkasnya.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white