Kades Pasir Panjang Tamel Putuskan Maju Dalam Pileg 2024 di Kobar

Konten Media Partner
16 Mei 2023 8:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kades Pasir Panjang Tamel usai acara pendaftaran Bacaleg di kantor KPU Kobar. Foto: Lukman Hakim/InfoPBUN
zoom-in-whitePerbesar
Kades Pasir Panjang Tamel usai acara pendaftaran Bacaleg di kantor KPU Kobar. Foto: Lukman Hakim/InfoPBUN
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
InfoPBUN, PANGKALAN BUN - Pendaftaran bakal calon legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu 2024 saat ini tengah bergulir. Masing-masing partai politik mulai mendaftarkan Bacaleg ke KPU di wilayahnya masing-masing, tak tercuali di Kotawaringin Barat.
ADVERTISEMENT
Pantauan di kantor KPU Kobar, Jumat (12/5/2023), dari sekian banyak Bacaleg yang didaftarkan Parpol terdiri dari politisi, tokoh pemuda, tokoh masyarakat dan beberapa di antaranya merupakan mantan kepala desa (Kades) maupun Kades aktif.
Salah satu Kades yang maju sebagai calon legislatif adalah Kades Pasir Panjang, Kecamatan Arut Selatan, Tamel Otol. Ia didaftarkan ke KPU lewat kendaraan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) besutan Megawati Soekarno Putri.
Keputusan Kades 2 periode untuk maju dalam perebutan kursi DPRD Kobar karena dorongan warganya. Ia berharap pengalamannya sebagai Kades menjadi bekal dirinya untuk memperjuangkan hak-hak masyarakat desa di tingkat legislatif.
Menurutnya, banyak program pemerintah yang belum optimal diimplementasikan di desa-desa. Dengan terpilih sebagai anggota legislatif, ia akan memperjuangkan kepentingan desa dan masyarakatnya agar mendapatkan fasilitas dan program yang lebih baik.
ADVERTISEMENT
"Saya memutuskan maju karena dorongan masyarakat. Perlu ada keterwakilan masyarakat desa yang duduk di DPRD. Penting ada kolaborasi agar pembangunan infrastruktur di desa bisa semakin dipercepat," tutur Tamel.
Sebagai calon legislatif dirinya juga memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di desa. Ia akan memperjuangkan program-program yang dapat meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan keterampilan masyarakat desa agar lebih produktif dan mandiri.
"Banyak hal yang diperjuangkan. Masih banyak yang belum terselesaikan. Contoh kecil, kita lihat masih banyak jalan-jalan yang diusulkan dalam Musrenbangdes belum juga terealisasi," ujarnya.
Diharapkan, motivasi dan semangat Kades yang maju sebagai calon legislatif dapat memberikan manfaat yang besar bagi desa dan masyarakatnya di tingkat legislatif. Hal ini dapat membuka peluang bagi Kades lainnya untuk turut serta dalam memajukan desa melalui jalur legislatif.
ADVERTISEMENT
"Mohon doa dan dukungan. Semoga apa yang saya upayakan bisa terwujud," pria yang juga menjabat Ketua Askab PSSI ini.