kumparan
13 November 2019 20:10

Kalakai Sayur Lokal yang Kaya Akan Manfaat, Intip Yuk Resepnya

Screenshot_2019-11-13-19-56-09-97.png
Kalakai atau Pakis ini mudah di temukan di Kobar. foto Fitri Ambami.
Menurut data dari Litbang pertanian, Kalimantan Tengah mempunyai luas sekitar 15,4 juta hektar yang terdiri dari beberapa agroekosistem yang mendukung pertumbuhan berbagai jenis tanaman sehingga tidaklah berlebihan kalau daerah ini dikatakan sebagai daerah dengan keragaman plasma nutfah yang tinggi. Salah satu jenis tanaman yang termasuk plasma nutfah dan merupakan sumber pangan yaitu kalakai (Stenochlaena palutris)
ADVERTISEMENT
Kalakai merupakan tanaman jenis pakis atau paku-pakuan, termasuk dalam famili pteridaceae yang banyak tumbuh dan berkembang di Kalimantan Tengah, termasuk di Kobar sendiri, tidak sulit menemukan tumbuhan satu ini.
Belum banyak penelitian tentang kalakai, namun dilaporkan oleh Irawan et al (2003) bahwa kalakai mengandung Fe yang tinggi dan kaya vitamin C dan beta-karotin. Dari aspek ekonomi, tanaman ini juga mampu memberikan tambahan penghasilan bagi masyarakat pencari kalakai. Di pasar tradisional Kalimantan Tengah, setiap ikat (sekitar 200 g) kalakai berharga Rp 1.000,- hingga Rp 1.500,-.
Kalakai merupakan salah satu dari beberapa sayuran tradisional khas Kalimantan Tengah. Kalakai biasanya dikonsumsi dalam bentuk sayur. Bagian tanaman yang dipanen adalah bagian pucuk atau ujung dengan panjang sekitar 15 cm. Bagian ini relatif lunak dan mudah dipatahkan, sedangkan bagian batang yang lebih bawah terksturnya lebih keras.
ADVERTISEMENT
Nah, Kalakai enak juga di jadikan masakan seperti di tumis, bahkan bahan - bahanya pun cukup sederhana, semua ada di dapur anda. Yuk, kita mencoba resep sederhana dari Agustina Syam.
download (9).jpg
Tumis Kalakai foto. Info Kalteng
Bahan-bahan
1 ikat daun Kalakai (ambil yg bagian mudanya saja)
4 buah Cabe kriting merah dan hijau
2 buah Tomat sayur
2 siung Bawang merah (di potong tipis-tipis)
2 siung Bawang putih (di potong tipis-tipis)
1 sendok Gula
1/2 sendok Garam
sesuai selera Terasi (boleh dipakai boleh tidak ya)
secukupnya Minyak goreng
secukupnya Air
Langkah
  1. Panaskan wajan yang sudah diberi sesikit minyak, setelah panas masukkan terasi, bawang Merah dan putih masak hingga tercium aroma harum kemudian masukkan Cabe keriting
ADVERTISEMENT
  1. Masukkan daun Kalaka sedikit demi sedikit. Setelah agak layu masukkan tomat dan air
  1. Jangan lupa tambahkan gula dan garam sesuai selera. Tumis Kalakai siap disantap.
Cukup mudah dan sederhana bukan, ingat kalakai selain murah juga kaya akan vitamin, juga menambah volume darah, sehingga dapat merangsang produksi ASI. Bahkan beberapa daerah sudah menjadikan Kalakai sebagai cemilan seperti keripik.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan