Masyarakat Kobar Diajak Hadiri Haul ke-83 Pangeran Ratu Sukma Alamsyah

Konten Media Partner
26 September 2022 8:00
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ama Pangeran Arsyadinsyah memimpin rapat Peringatan Haul ke-83 tahun Sultan XIII Kesultanan Kutaringin, Pangeran Ratu Sukma Alamsyah di Istana Kuning, Minggu  (25/6). Foto: Lukman Hakim/InfoPBUN
zoom-in-whitePerbesar
Ama Pangeran Arsyadinsyah memimpin rapat Peringatan Haul ke-83 tahun Sultan XIII Kesultanan Kutaringin, Pangeran Ratu Sukma Alamsyah di Istana Kuning, Minggu (25/6). Foto: Lukman Hakim/InfoPBUN
ADVERTISEMENT
InfoPBUN, KOTAWARINGIN BARAT - Peringatan Haul ke-83 tahun Sultan XIII Kesultanan Kutaringin, Pangeran Ratu Sukma Alamsyah, bakal dilaksanakan selama 2 hari, yakni pada tanggal 2-3 Oktober 2022 di Istana Kuning Pangkalan Bun.
ADVERTISEMENT
Penetapan ini berdasarkan hasil keputusan rapat bersama yang digelar Minggu (25/9). Rapat ini yang turut dihadiri Kerabat Kesultanan Kutaringin Pangeran Arsyadinsyah, Camat Arsel Muhammad Ramlan, Kasat Binmas Polres Kobar Iptu Dwi Gatot Asmoro dan segenap panitia penyelenggara.
Ketua Panitia Haul Istambul Arifin mengajak seluruh masyarakat Kobar dapat hadir dan berpartisipasi dalam kegiatan akbar ini untuk bersama-sama memberikan doa kepada pendahulu yang pernah memimpin Bumi Maruntung Batu Aji.
"Selain sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi antara Dzuriyat Kesultanan dengan masyarakat Kobar. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pentingnya menjaga dan menghormati perjuangan para pemangku wilayah," ucap Arifin, Senin (26/9/2022).
Arifin menerangkan, nantinya acara ini akan diisi berbagai kegiatan, mulai dari Khotmil Qur'an dan doa Khotmil Qur'an, hingga tausiah oleh KH Husein Ilyas dari Mojokerto. Haul ini juga bakal dihadiri KH Ali Mas'adi dan KH Amin Maulana Budi Harjono.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Rapat ini juga sekaligus untuk membentuk panitia haul yang bakal dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 2-3 Oktober 2022. Foto: Lukman Hakim/InfoPBUN
zoom-in-whitePerbesar
Rapat ini juga sekaligus untuk membentuk panitia haul yang bakal dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 2-3 Oktober 2022. Foto: Lukman Hakim/InfoPBUN
"Dengan adanya acara ini kita harapkan dapat memberikan motivasi kepada masyarakat melalui kegiatan pengajian sebagai bentuk tali asah, asih dan asuh," kata dia.
Di samping mengundang masyarakat, panitia pelaksana juga akan mengajak sejumlah unsur Forkopimda Kobar mengingat kegiatan haul juga bertepatan dengan peringatan HUT ke-63 Kabupaten Kobar.
"Untuk acara nanti kita pusatkan di halaman Istana Kuning. Kami juga mengundang seluruh majelis supaya bisa datang dan menghadiri acara haul setahun sekali ini," tukas Arifin.
Sementara itu, Ama Pangeran Arsyadinsyah berharap kegiatan ini nantinya dapat memicu animo masyarakat. Dengan demikian, masyarakat dapat lebih mengenal pemimpinnya.
Pasalnya, haul bersifat terbuka ini baru pertama kali digelar. Sebelumnya, haul hanya dilaksanakan di kalangan pribadi dan kerabat.
ADVERTISEMENT
"Sosok Pangeran Ratu Sukma Alamsyah ini merupakan tokoh yang memiliki andil besar bergabungnya Kotawaringin ke dalam NKRI, karena beliau memiliki kedekatan dengan Presiden Soekarno saat itu," ucap Ama.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·