Yuk, Jadi Wanita yang Mandiri Karena Kita Bisa

Konten Media Partner
10 Maret 2020 11:53
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
ADVERTISEMENT
Yuk, Jadi Wanita yang Mandiri Karena Kita Bisa (43760)
zoom-in-whitePerbesar
Pinterest
Kaum wanita kerap kali diidentikkan sebagai sosok yang lemah dan manja. Mereka dianggap enggak bisa kerja terlalu berat. Pengennya diperhatikan dan selalu dilindungi.
ADVERTISEMENT
sebenarnya pernyataan itu tidak sepenuhnya salah sih. Tapi juga tidak benar pula! Memang bila dilihat secara fisik, pria lebih kuat dibandingkan wanita. Namun bukan berarti wanita enggak bisa menjadi mandiri.
Menjadi manja itu cute kok! Asalkan jangan terlalu lebay. Wanita juga perlu bersikap dewasa. Karena pada akhirnya, wanita-lah yang bertugas mendidik anak dan mengurus rumah tangga.
Nah, jika Anda ingin menjadi wanita dewasa dan mandiri, berikut 5 cara yang perlu Anda lakukan.
1. Jangan Terlalu Mengandalkan Orang Lain
Sebagai makhluk sosial tentunya manusia tidak bisa hidup sendirian. Meskipun begitu, Anda juga tidak boleh selalu mengandalkan orang lain. Memangnya, mau sampai kapan Anda berpangku tangan?
Mulai sekarang, belajarlah untuk bersikap mandiri. Apapun itu, jika Anda mampu maka kerjakanlah sendiri. Jangan terus meminta bantuan orang lain.
ADVERTISEMENT
2. Jangan Mudah Tersinggung
Menjadi wanita dewasa berarti menjadi pribadi yang tidak mudah tersinggung. Ketika Anda menerima kritik atau menghadapi orang yang marah, sebaiknya jangan langsung terbawa emosi.
Cobalah menghadapi omongan orang lain dengan kepala dingin. Cerna baik-baik. Mungkin dia hanya ingin menasehati.
Kalaupun orang tersebut memang menghina dan membeci Anda, ya sudah Anda tak perlu membalasnya dengan cacian juga. Tanggapi saja secara elegan.
3.Beranilah Mengungkapkan Pendapat
Jangan pernah takut mengutarakan apa yang Anda pikirkan. Selagi itu benar dan tidak ada niatan buruk, maka ungkapkan saja.
Negara kita adalah negara demokratif, setiap orang bebas berpendapat. Jadi Anda tak perlu takut. Dengan berani mengungkapkan pendapat, itu bisa melatih jiwa kemandirian dan kedewasaan Anda.
ADVERTISEMENT
4.Latih Kesabaran Diri
Poin penting selanjutnya untuk menjadi wanita dewasa dan mandiri, Anda harus bisa melatih kesabaran diri. Belajarlah untuk tegar dalam menghadapi segala situasi. Jangan terlalu manja, apalagi gemar mengeluh. Itu tidak akan menyelesaikan masalah.
5. Coba Keluar dari Zona Nyaman
Tapi melakukan sesuatu yang belum pernah Anda coba. Sesuatu yang menantang dan tentunya bermanfaat untuk hidup Anda. Misalnya saja, Anda bisa mencoba memberanikan diri untuk berbisnis. Atau mengejar impian Anda lainnya.
Dengan Anda keluar dari zona nyaman, di situ sifat mandiri dan kedewasaan akan muncul secara alamiah, seiring dengan banyaknya hal-hal baru yang Anda lalui.