IZI Berikan Bantuan Gerobak dan Modal Usaha kepada Para Pedagang di Yogyakarta

Inisiatif Zakat Indonesia IZI
Official IZI News - Mitranya Kumparan
Konten dari Pengguna
4 Desember 2018 20:45 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inisiatif Zakat Indonesia IZI tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
IZI Berikan Bantuan Gerobak dan Modal Usaha kepada Para Pedagang di Yogyakarta
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kantor Perwakilan DI Yogyakarta menggelar launching program Lapak Berkah dan pemberian modal usaha. Bantuan tersebut diberikan kepada sepuluh pedagang kecil selaku pelaku usaha mikro area kota Yogyaarta. Acara peluncuran ini dilaksanakan pada Senin (3/12) di Kantor Perwakilan IZI DI Yogyakarta. Dengan tema Gerobaknya Berkah, Bisnisnya Lillah diharapkan agar gerobak usaha yang diberikan oleh IZI kepada para penerima manfaat mempunyai nilai keberkahan dan bisnis yang dijalankan oleh para penerima manfaat adalah semata-semata karena Allah.
ADVERTISEMENT
Dalam sambutannya, Kepala Bidang Edukasi Zakat IZI DI Yogyakarta Agus Minang Nugroho mengatakan, “Lapak Berkah merupakan bentuk penyaluran dana zakat infaq dan shodaqoh dalam program pengembangan ekonomi mikro dan pendampingan usaha yang ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan berprofesi sebagai pedagang kecil-kecilan”.
IZI Berikan Bantuan Gerobak dan Modal Usaha kepada Para Pedagang di Yogyakarta (1)
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kabid Kesejahteraan dan Hubungan Industrial Dinas Koperasi, UKM, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Rihari Wulandari. Beliau mengungkapkan apresiasinya terhadap program lapak berkah IZI DI Yogyakarta. Program Lapak Berkah sejalan dengan program yang ada di Pemerintah Kota Yogyakarta dalam menumbuhkan ekonomi mikro dan menaikkan kelas ekonomi wirausaha. Beliau memberikan perumpamaan UMKM ibarat gadis cantik yang menarik sehingga diharapkan agar bisa terus berlanjut program Lapak berkah IZI dan bisa sampai ke tahap MoU dengan Pemerintah Kota Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
“UMKM itu barat gadis cantik yang apabila dilihat akan semakin menarik, sehingga diharapkan program Lapak berkah ini bisa terus berlanjut dan bahkan bisa sampai ke tahap MoU dengan Pemerintah Kota Yogyakarta”, Ungkap Riri Wulandari.
Agus selaku Ketua RW 10 Karangwaru mengungkapkan apresiasinya terhadap program-program IZI DI Yogyakarta. Beliau juga berharap agar program-program IZI bisa memberdayakan masyarakat sekitar warga Karangwaru.
IZI Berikan Bantuan Gerobak dan Modal Usaha kepada Para Pedagang di Yogyakarta (2)
zoom-in-whitePerbesar
Dwi Ana salah satu pedagang mie ayam penerima manfaat lapak berkah IZI DI Yogyakarta mengaku sangat bersyukur menjadi salah satu penerima manfaat program lapak berkah IZI DI Yogyakarta. Beliau mengatakan bahwasannya selain mendapatkan bantuan gerobak dan modal usaha di IZI juga mendapatkan pendampingan usaha, belajar ngaji, dan juga pengajian, sehingga para penerima manfaat tidak hanya berfikir tentang dunia saja akan tetapi juga berfikir untuk akhirat.
ADVERTISEMENT
“Selain mendapatkan bantuan gerobak dan modal usaha, kami juga mendapatkan pendampingan usaha, belajar ngaji bersama, dan juga pengajian, sehingga kami tidak hanya berfikir hanya dunia saja, tapi juga akhirat”. Ungkap Dwi Ana
IZI Berikan Bantuan Gerobak dan Modal Usaha kepada Para Pedagang di Yogyakarta (3)
zoom-in-whitePerbesar
Suasana haru dari seorang penjual soto salah satu penerima lapak berkah dan bantuan modal usaha IZI DI Yogyakarta Bapak Syahidin menyelimuti di sela-sela kegiatan. Beliau bercerita sebelum mendapatkan bantuan dari IZI beliau sudah lima kali berganti-ganti usaha. Tidak mendapatkan pendampingan usaha dan berjalan apa adanya. Terakhir beliau berjualan soto dari pagi buta jam lima subuh sampai jam sepuluh malam, bertemu dengan anak hanya terbatas. Ketika beliau pulang berjualan anaknya sudah tidur dan jika bertemu hanya di waktu pagi. Beliau mengaku untuk beribadah saja tidak leluasa. Rasa terimakasih beliau ungkapkan kepada IZI dan para donatur atas bantuan gerobak dan modal usaha serta pendampingan spiritual, sehingga beliau merasa lebih leluasa untuk beribadah dan bertemu dengan keluarga. Belaiu berharap kelak beliau bisa menjadi seorang muzakki.
ADVERTISEMENT
“Alhamdulillah terimakasih kepada IZI dan para donatur yang telah memberikan bantuan gerobak, modal usaha dan pendampingan keagamaan sehingga saya bisa lebih leluasa untuk beribadah dan bertemu dengan keluarga. Semoga kelak saya bisa menjadi muzakki sehingga juga bisa membantu orang lain." pungkas Syahidin.
IZI Yogyakarta