Konten dari Pengguna

IZI Bersama YBM PLN Resmikan Rumah Singgah Pasien Keempat di Surabaya

Inisiatif Zakat Indonesia IZI
Official IZI News - Mitranya Kumparan
18 Mei 2018 11:15 WIB
clock
Diperbarui 14 Maret 2019 21:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inisiatif Zakat Indonesia IZI tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
IZI Bersama YBM PLN Resmikan Rumah Singgah Pasien Keempat di Surabaya
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Timur (Jatim) bersama Yayasan Baitul Maal Perusahaan Listrik Negara (YBM PLN) meresmikan Rumah Singgah Pasien (RSP) keempat di Jalan Luntas No. 15 Surabaya pada Rabu, 16 Mei 2018.
ADVERTISEMENT
Spesial dari YBM PLN Distribusi Jawa Timur, IZI Jawa Timur tidak hanya menerima pengadaan RSP kedua saja, akan tetapi sekaligus diberi satu unit ambulance untuk operasional RSP.
“Alhamdulillah, RSP IZI bersama YBM PLN telah meresmikan 4 RSP sebelum Ramadhan. Pertama di Jakarta, Sumatera Utara, Jawa Barat dan yang keempat ini di IZI Jawa Timur,” ujar Nana Sudiana, Direktur Pendayagunaan IZI.
IZI Bersama YBM PLN Resmikan Rumah Singgah Pasien Keempat di Surabaya (1)
zoom-in-whitePerbesar
Pada 24 April 2018, YBM PLN Distribusi Jawa Timur telah menyetujui tiga bidang bantuan Program Rumah Singgah Pasien yaitu Pra Implementasi, Implementasi dan transportasi. Pra implementasi meliputi penyewaan rumah dan pemenuhan fasilitas di RSP. Bidang implementasi untuk keperluan pasien dan tranportasi sebagai fasilitas mobilisasi pasien ke rumah. Total bantuan dari YBM PLN untuk program RSP Jawa Timur sejumlah Rp. 410.565.000 dan sebuah ambulance senilai Rp. 218.500.000.
ADVERTISEMENT
“Adapun fasilitas ambulance merupakan komitmen YBM PLN Distribusi Jawa Timur dalam bidang bantuan transportasi untuk mengantar pasien dan pendamping ke RSUD Dr. Soetomo Surabaya,” sambut Imam Asrori, Ketua YBM PLN Distribusi Jawa Timur.
IZI Bersama YBM PLN Resmikan Rumah Singgah Pasien Keempat di Surabaya (2)
zoom-in-whitePerbesar
Peresmian ini turut dihadiri General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, tamu undangan dari YBM PLN Distribusi Jawa Timur, Supervisor RSP IZI Nafsiyatun Arofah, Camat Tambaksari, Lurah Pacarkeling, Kapolsek Tambaksari, Koramil Tambaksari, Kepala Unit Paliatif Dr. Soetomo Surabaya dan Dinas terkait. Kehadiran aparat setempat diharapkan dapat membantu kelancaran program RSP.
“RSP di Jalan Luntas No. 15 Surabaya ini adalah jodohnya warga Tambaksari, khususnya Pacarkeling. Warga bisa turut menjaga dan memanfaatkan pelayanan, misal ambulan untuk mengantar warga sekitar yang membutuhkan,” kata Ridwan, Camat Tambaksari.
ADVERTISEMENT
Sambutan Ridwan tersebut diterima baik oleh Bob Saril, GM PLN Distribusi Jawa Timur. Mengingat RSP bukan hanya layanan tempat singgah sekaligus menyediakan mengantarkan pasien ke rumah sakit. Di RSP, pasien dan pendamping akan mendapatkan pelayanan sebuah kamar, makan, antar berobat menggunakan ambulan secara gratis.
"Kami sangat berbahagia apabila bantuan RSP dan ambulan ini bisa bermanfaat dan dimanfaatkan semaksimalnya untuk kepentingan masyarakat yang membutuhkan." ungkap yang biasa disapa 'Pak Bob'.
IZI Bersama YBM PLN Resmikan Rumah Singgah Pasien Keempat di Surabaya (3)
zoom-in-whitePerbesar
Mengenai RSP, tidak hanya memberikan pelayanan fisik. RSP juga menyediakan layanan psikologis yang dibantu dari Unit Paliatif Dr. Soetomo Surabaya, serta pengajian rutin untuk spritualitasnya. Ada pula perpustakaan mini yang menyediakan buku-buku motivasi. Pun setiap kamar disediakan Al-Qur’an untuk agar pasien dan pendamping bisa selalu mengingat Allah.
ADVERTISEMENT
"Besar harapan, RSP menjadi solusi bagi masyarakat yang sedang menjalani pengobatan di RSUD Dr. Soteomo Surabaya. Demikian untuk membantu meringankan biaya keseharian pasien dan pendamping yang tidak termasuk dalam pelayanan dari BPJS Kesehatan. Sehingga menimbulkan rasa tenang dan nyaman bagi pasien dan pedamping agar semakin cepat dalam proses pemulihan pasien yang bersangkutan." pungkas pihak YBM PLN Jatim.