IZI dan MTT Lestarikan Budidaya Ikan Air Tawar Dusun Matteko

Inisiatif Zakat Indonesia IZI
Official IZI News - Mitranya Kumparan
Konten dari Pengguna
25 September 2020 14:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inisiatif Zakat Indonesia IZI tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
"IZI dan MTT Lestarikan Budidaya Ikan Air Tawar Dusun Matteko" - Dok. IZI
zoom-in-whitePerbesar
"IZI dan MTT Lestarikan Budidaya Ikan Air Tawar Dusun Matteko" - Dok. IZI
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Budidaya ikan air tawar menjadi program yang didukung oleh Majelis Telkomsel Taqwa (MTT) Foundation Telkomsel dan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Sulawesi Selatan bagi warga pedalaman Gowa, Sulawesi Selatan.
ADVERTISEMENT
Program tersebut terdiri dari pendampingan dan pelatihan untuk menjaga kearifan lokal Masyarakat Adat Matteko.
Masyarakat Dusun Matteko merupakan warga pedalaman yang telah mengenal budidaya ikan air tawar secara turun-temurun. Metode pembudidayaannya diwariskan oleh para pendahulu mereka.
Secara geografis, Dusun Matteko, Desa Erelembang, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa berada di ketinggian antara 900 hingga 1.400 MDPL. Lokasinya berada tepat di lereng Gunung Bowong Langit, bersebelahan dengan kawasan masyarakat adat Patallassang.
Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat tidak lagi optimis dengan hasil dari budidaya ikan air tawar ini. Selain anggapan memakan waktu yang lama, pemuda sekitar merasa butuh modal besar untuk memulai budidaya tersebut.
Inisiatif Zakat Indonesia berusaha mengembalikan kembali kejayaan budidaya ikan air tawar milik dusun Matteko. Bertema "Meningkatkan Kompetensi dan Produktivitas Masyarakat", pelatihan dan pendampingan budidaya ikan air tawar dilaksanakan, Rabu (23/9/2020).
ADVERTISEMENT
Pemberdayaan budidaya ikan air tawar ini kelanjutan dari program pemberdayaan yang sama di tahun 2019, yang difokuskan bagi masyarakat di wilayah terpencil Sulawesi Selatan.
Di dalam materinya, para penerima manfaat dibekali kembali metode serta re-orientasi dan semangat mandiri secara ekonomi melalui budidaya ikan air tawar.
Pelatihan dilaksanakan di rumah salah satu masyarakat untuk meningkatkan minat dan antusias warga yang hadir sebagai binaan IZI dan MTT tersebut.
Kepala UPTD Dinas Perikanan Kabupaten Sinjai, Mapperimeng, sendiri menjadi narasumber pelatihan. Selain menampilkan ilmu turun-temurun, warga binaan juga disuguhkan metode dan teknologi terkini pembudidayaan ikan air tawar.
Jumhar, Kepala Bidang Pendayagunaan IZI Sulawesi Selatan akui bahwa kegiatan ini sebagai bentuk menjaga kearifan lokal warga dusun Matteko.
ADVERTISEMENT
"Pendampingan serta pengenalan teknologi terbaru bagi warga agar wawasan budidaya ikan air tawar tidak saja diturunan kembali kepada generasi berikutnya, tetapi juga menjadi luas dan makin bermanfaat di masa depan," tutur Jumhar. (Awaluddin/IZI Sulsel/Ed)