Konten dari Pengguna

IZI Kaltim Luncurkan Kampung Ramadhan, Ini Kegiatannya Selama Sebulan Penuh

Inisiatif Zakat Indonesia IZI
Official IZI News - Mitranya Kumparan
15 Mei 2018 20:47 WIB
clock
Diperbarui 14 Maret 2019 21:08 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inisiatif Zakat Indonesia IZI tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
IZI Kaltim Luncurkan Kampung Ramadhan, Ini Kegiatannya Selama Sebulan Penuh
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia Perwakilan Kalimantan Timur (IZI Kaltim) meluncurkan 'Kampung Ramadhan' sekaligus memberikan paket Ramadan kepada warga Kampung Buton RT 43, Kelurahan Graha Indah, dalam rangkaian acara Tarhib Ramadhan 1439 H pada hari Selasa (15/5/2018).
ADVERTISEMENT
Peluncuran Kampung Ramadhan di Kampung Buton tersebut adalah sebagai langkah awal untuk menjalankan kampung-kampung Ramadhan lainnya di 6 Kecamatan dengan 9 titik.
Rully Barlian Thamrin, selaku Direktur Bidang Edukasi dan Kemitraan IZI Nasional mengatakan, program Kampung Ramadhan ini juga serentak dilakukan secara nasional di 17 Provinsi di Indonesia.
"Program Kampung Ramadhan baru tahun ini diadakan dan langsung diadakan di semua cabang. Tidak hanya di Balikpapan saja, di 17 provinsi secara nasional kita laksanakan Kampung Ramadhan," pungkasnya.
Rully menambahkan, karena program yang berjalan menggunakan dana zakat dan dana amanah infaq tersebut, sehingga program yang berjalan dan pendistribusian paket ramadan memilih kawasan dan warga yang kurang mampu, mengacu pada standar internal IZI, yaitu dari beberapa faktor diantaranya dari tempat tinggal, dari penghasilan pekerjaan, beban hidup, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
"Pendistribusian paket Ramadan itu pasti ke fakir miskin dan kaum du'afa. Memang dari Dewan Syariah kita pun menyaratkan ketika program ini berjalan memang harus mencari daerah yang memang fakir miskin dan du'afa," ujar Rully.
Senada dengan hal tersebut, di Kampung Ramadhan ini, beberapa program yang dapat mendukung kegiatan khususnya ibadah di bulan Ramadan, seperti yang dikatakan oleh Mukhlis, selaku Koordinator Bidang Edukasi dan Kemitraan IZI Kaltim.
"Menyambut Ramadhan, kita launching Kampung Ramadhan, setelahnya akan diadakan kegiatan selama bulan Ramadhan sebulan penuh, yang diawali dengan acara tarhib dan launching, kemudian ada kegiatan tadarus, shalat tarawih bareng, ada pemberian paket, ada ifthar (berbuka puasa), ada TPQ. Biasanya kampung ini kan bisa dikatakan minim kegiatan Ramadhannya. Paling hanya tarawih, ya. Ifthar dan segala macam mungkin hampir tidak ada. Nah ini kami support dengan da'inya sekaligus, selama satu bulan," ujar Mukhlis.
IZI Kaltim Luncurkan Kampung Ramadhan, Ini Kegiatannya Selama Sebulan Penuh (1)
zoom-in-whitePerbesar
Kampung Ramadhan yang berada di kawasan Kampung Buton tersebut di dalamnya terdapat 300 Kepala Keluarga (KK), yang mana 80 KK merupakan warga tidak mampu.
ADVERTISEMENT
Pada acara Tarhib Ramadhan sekaligus peluncuran Kampung Ramadhan tersebut, diberikan secara simbolis 15 paket Ramadhan untuk warga Kampung Buton yang membutuhkan.
Secara keseluruhan, se-kota Balikpapan ada 100 paket ramadan di 6 Kecamatan di 9 titik.
Dengan diluncurkannya Kampung Ramadhan ini, diharapkan dapat menambah gairah warga masyarakat dalam menjalankan ibadah pada bulan suci di kampung tersebut.
"Agar lebih meriah Ramadhannya. Karena kadang selama ramadan, masyarakat biasa saja. Padahal Ramadhan kan bulan suci, bulan mulia, bulan penuh ampunan, kan. Jadi warga-warga yang kami berikan paket ramadan, harapannya mereka bisa menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa pusing untuk memikirkan besok mau makan apa, dan segala macem. Jadi intinya kami berbagi kebahagiaan kepada masyarakat," jelasnya.
Selain launching Kampung Ramadhan, warga Kampung Buton juga mendapatkan siraman rohani di pagi hari oleh Ustadz Muhammad Endang Jailani yang disimak warga dengan antusias.
ADVERTISEMENT
Adapun dalam acara peresmian tersebut turut dihadiri oleh Pemerintah Kota Balikpapan, Kementerian Agama Kota Balikpapan, Polres Kota Balikpapan serta tokoh masyarakat Kampung Buton.
(Tim Media IZI)