Program Lapak Berkah IZI Membawa Dampak Positif Bagi Pedagang Jamu Tradisional

Inisiatif Zakat Indonesia IZI
Official IZI News - Mitranya Kumparan
Konten dari Pengguna
13 Juni 2024 13:46 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inisiatif Zakat Indonesia IZI tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Program Lapak Berkah IZI Membawa Dampak Positif Bagi Pedagang Jamu Tradisional
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kalimantan Timur – Sebuah program yang diberi nama Program Lapak Berkah, hasil sinergi antara Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Samarinda dengan Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Kalimantan Timur, telah membawa dampak positif yang signifikan bagi para penerima manfaatnya. Program ini telah berjalan sejak tahun 2022 dan terus memberikan manfaat kepada sembilan penerima di wilayah Samarinda dan Kutai Kartanegara.
ADVERTISEMENT
Salah satu penerima manfaat yang merasakan dampak positif dari program ini adalah Sri Rohani, seorang pedagang jamu tradisional. Dengan menggunakan sepeda, Sri Rohani menjajakan berbagai jenis jamu minuman tradisional seperti sari jahe, kunyit, beras kencur dan lainnya di sekitar kelurahan Sidodadi dan kelurahan Air Hitam Samarinda. Dan pada bulan Oktober 2023 lalu, Sri Rohani menerima Program Lapak Berkah.
Dengan bantuan tersebut, usaha Sri Rohani mengalami peningkatan yang tadinya hanya menggunakan sepeda rusak yang hanya bisa dituntun saja, tidak layak dan tidak memiliki branding usaha. Kini bisa menggunakan sepada baru, rombong/gerobak baru, dan peralatan penunjang usaha yang layak. Sri Rohani juga memampu mengganti kemasan jamu dari botol bekas menjadi botol baru yang lebih higienis. Hal ini membuat minat pembeli semakin bertambah.
ADVERTISEMENT
Saat ditemui oleh tim IZI, Rohani mengucapkan, "Alhamdulillah, sampai saat ini saya sudah memiliki pelanggan tetap di jalur jalan yang biasa saya lewati. Bahkan tadi sebelum pukul 12 siang, jamu yang saya bawa habis terjual hanya tersisa 1 botol saja. Memang kalau menggunakan botol baru, daya jualnya lebih tinggi dibanding dulu hanya satu gelas minum ditempat saja, sekarang pembeli juga tertarik untuk dibawa pulang. Saya tak henti-hentinya ucapkan berterima kasih kepada YBM PLN dan IZI atas bantuan usahanya. Berkat dana zakat yang diberikan kepada saya, usaha bisa semakin maju dan inysaAllah amanah ini akan saya jalankan terus. Semoga Allah membalas kebaikan untuk para donatur dan Allah berikan rezeki yang barokah” Ujar Rohani.
Alhamdulillah, berkat dana Zakat, Infak, dan Shadaqoh para dermawan yang diberdayakan melalui program ekonomi dapat memberikan dampak positif untuk seluruh penerima manfaat usahanya maju dan pendapatannya keluarga juga bertambah.
ADVERTISEMENT