Wisata Virtual IZI, Tetap Sehat dan Bermanfaat di Masa Pandemi

Official IZI News - Mitranya Kumparan
Konten dari Pengguna
16 September 2020 17:38
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Inisiatif Zakat Indonesia IZI tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Wisata Virtual IZI, Tetap Sehat dan Bermanfaat di Masa Pandemi (35698)
zoom-in-whitePerbesar
"Wisata Virtual IZI, Tetap Sehat dan Bermanfaat di Masa Pandemi" - Pada acara wisata virtual yang digelar Inisiatif Zakat Indonesia dihadiri Haykal Kamil yang menyapa petani Smartfarm IZI. Dok. IZI
Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) menggelar acara wisata virtual bertajuk Tetap Sehat dan Bermanfaat di Masa Pandemi. Kegiatan ini sekaligus mempublikasikan program unggulan lembaga zakat tersebut yang dikenal dengan Smartfarm Academy.
ADVERTISEMENT
Acara yang dinamakan IZI Trip ini berkunjung ke lahan-lahan pertanian yang dikelola petani Smartfarm untuk menghadirkan pengalaman bercocok tanam bagi para undangan sekaligus mengedukasi terkait ketahanan pangan keluarga di tengah wabah coronavirus.
Pada sambutannya, Nana Sudiana yang hadir selaku Direktur Pendayagunaan IZI mengungkapkan bahwa program Smartfarm berupaya merumuskan suatu jalinan antara bidang pertanian dengan anak muda sekaligus perekonomian.
Untuk itu, Inisiatif Zakat Indonesia melibatkan beberapa ahli pertanian dan praktisi yang membantu para petani muda mendapatkan wawasan terbaru terkait metode bertani sekaligus menjaga kearifan lokal hingga memberikan keuntungan dari segi ekonomi.
“Smartfarm pun menjadi sekat dari entrepreneurship petani milenial di bidang pertanian,” terang Nana Sudiana.
Pada kesempatan trip virtual tersebut dihadiri pula oleh Haykal Kamil yang dikenal sebagai aktor dalam negeri.
ADVERTISEMENT
Haykal Kamil banyak bercerita bagaimana pandemi Covid-19 membawanya kepada hobi terbaru dengan bercocok tanam.
Akibat tidak mampu banyak beraktivitas di luar ruang, Haykal Kamil dan istri menggarap lahan 180 meter persegi di samping kediaman mertuanya dengan menanam pakcoy, cabai, kailan, dan kangkung.
“Memang pada awalnya gak ada niat komersil di dalamnya, yah. Hanya untuk mencoba memanfaatkan lahan. Akhirnya malah jadi hobi,” terang adik dari Zaskia Adya Mecca itu bercerita.
Dalam wisata virtual yang berlangsung selama satu jam lebih itu, para peserta yang terdiri dari para donatur dan mitra zakat IZI diajak bertemu langsung dengan Riyadno, fasilitator Smartfarm di lapangan.
Riyadno dan petani binaannya memperlihatkan hasil panen kepada anggota trip virtual yang hadir. Hal ini membuat Haykal Kamil penasaran dan tertarik untuk menggali lebih dalam kiat petani Smartfarm hingga sukses memanen terong.
ADVERTISEMENT
“Bagaimana ya pak cara menanam terong yang baik? Terong yang saya tanam gagal panen pak,” tanyanya antusias.
Salah satu petani binaan Smartfarm IZI menjelaskan bahwa terong merupakan jenis tanaman yang tidak terlalu “rewel”.
“Sebelum olah lahan, cek dahulu kelembaban dan Ph tanah, serta mencari pupuk yang cocok buat tanaman yang hendak ditanam,” sarannya.
Di dalam trip yang ditonton lebih dari 50 orang tersebut, Riyadno selaku fasilitator Smartfarm menceritakan kembali kisah teladan Sahabat Nabi Saw yang menggerakkan sahabat-sahabat yang lain melakukan cocok tanam di saat wabah melanda. Sehingga, gerakan yang diusung tersebut banyak membantu masyarakat yang terdampak melewati masa pandemi tanpa kesulitan berarti.
“Hal yang fundamental ini harus disampaikan kepada para petani. Keterampilan tidak cukup. Teknologi tidak cukup. Tetapi fundamental semangat bertani ini harus dijaga. Sehingga ketika bertani ada nilai-nilai moral yang dibawa. Salah satunya menjadi pahlawan ketahanan pangan di tengah pademi Covid-19,” kata Riyadno memberi kesimpulan. (Ed)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020