20 Kata-Kata Bung Hatta Penuh Makna dan Inspiratif

Menyajikan artikel berisi kata-kata, kutipan, dan kalimat yang menginspirasi pembaca.
Konten dari Pengguna
19 November 2022 15:46
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inspirasi Kata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kata-Kata Bung Hatta Penuh Makna dan Inspiratif. Foto: Unsplash/Nick Agus Arya.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kata-Kata Bung Hatta Penuh Makna dan Inspiratif. Foto: Unsplash/Nick Agus Arya.
Mohammad Hatta adalah salah satu pemikir terhebat yang pernah dimiliki oleh bangsa Indonesia, tak heran jika kata-kata Bung Hatta yang penuh makna sering dijadikan quotes inspiratif.
Bung Hatta dikenal sebagai Bapak Proklamator bersama dengan Soekarno. Selain itu, ia juga dikenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Dalam perjuangannya, ia rela berurusan dengan hukum Belanda dan sempat dipenjara.
Selain itu, Bung Hatta juga dikenal sebagai ilmuwan yang memiliki kekuasan ilmu pengetahuan dan budi pekerti luhur.

20 Kata-Kata Bung Hatta Penuh Makna dan Inspiratif

Ilustrasi Kata-Kata Bung Hatta Penuh Makna dan Inspiratif. Foto: Pixabay/cromaconceptov.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kata-Kata Bung Hatta Penuh Makna dan Inspiratif. Foto: Pixabay/cromaconceptov.
Mengutip dari buku berjudul Bung Hatta's Words of Wisdom, Meutia Hatta Swasono, (2011:62), berikut ini beberapa kutipan kata-kata Bung Hatta yang penuh makna:
  1. "Kami lebih suka melihat Indonesia tenggelam ke dasar lautan, daripada melihatnya sebagai embel-embel abadi dari suatu negara asing."
  2. "Yang berdaulat di dalam negara nasional ini bukanlah orang asing, negara asing, atau pemimpin asing.
  3. "Berdiam diri melihat kesalahan dan keruntuhan masyarakat atau negara berarti berkhianat kepada dasar kemanusiaan yang seharusnya menjadi pedoman hidup bagi intelegensia umumnya."
  4. "Angkatan muda Indonesia sekarang mempunyai tugas untuk menjaga supaya keutuhan dan persatuan Indonesia terus kuat, seperti karang yang terpancang di tengah-tengah lautan, tidak terusik oleh gelombang dan angin badai."
  5. "Dengan rakyat kita akan naik dan dengan rakyat kita akan turun. Hidup matinya Indonesia Merdeka tergantung pada semangat rakyat."
  6. "Demokrasi dapat berjalan baik apabila ada rasa tanggung jawab dan toleransi pada pemimpin-pemimpin politik."
  7. "Tidak ada perjuangan tanpa rintangan untuk mencapai tujuan esok hari."
  8. "Perkuatlah semangat persatuan untuk menjaga supaya Indonesia tanah pusaka adalah negara nasional, negara kepunyaan sendiri!"
  9. "Nasional, dalam arti membangun perekonomian rakyat, bukan dalam arti membangun kapitalisme nasional."
  10. "Tugas mahasiswa ialah menuntut ilmu untuk mencari kebenaran, berjuang dalam masyarakat untuk menegakkan kebenaran. Dalam menghadapi kesulitan dan tantangan apa pun, tetap tawakal kepada Allah SWT."
  11. "Suatu barang yang bernilai seperti demokrasi baru dihargai apabila hilang sementara waktu."
  12. "Apabila kita memperingati Hari Pahlawan, hendaklah tertanam dalam keinsafan kita bahwa kita mempunyai tugas terhadap Tanah Air yang harus didahulukan daripada kepentingan diri sendiri."
  13. "Apabila kita menghargai jasa-jasa pahlawan kita, hendaklah kita memperingatinya dengan penghargaan akan cita-cita mereka terhadap Tanah Air."
  14. "Bantuan pembangunan harus bebas dari syarat politik apa pun, bebas dari campur tangan bangsa asing dalam soal-soal dalam negeri bangsa yang menerima bantuan."
  15. "Membangun Indonesia yang adil dan Indonesia yang makmur dilakukan dengan rasa tanggung jawab serta keberanian menghadapi segala kesukaran!"
  16. "Bumi yang terlantar, ditambah dengan erosi yang menjalar karena pembabatan hutan terus-menerus oleh rakyat dengan tiada pengetahuan dan keinsafan, mengancam hidup bangsa di masa datang."
  17. "Kewajiban manusia Indonesia angkatan sekaranglah untuk menyerahkan tanah pusaka bangsa ini kepada angkatan yang akan datang dalam keadaan yang lebih baik daripada yang diterimanya sebagai peninggalan angkatan yang lalu."
  18. "Bahwa kekuasaan Belanda akan berakhir, bagi saya itu sudah pasti. Soalnya bukan ya atau tidak, tetapi cepat atau lambat."
  19. "Demokrasi kita harus dijalankan dengan perbuatan yang berdasarkan kebenaran, keadilan, kejujuran, kebaikan, persaudaraan, dan kemanusiaan."
  20. "Kritik gunanya sebagai pengasah otak. Oleh sebab itu, kritik mesti beralasan yang kukuh. Otak yang tidak berisi tidak boleh dipenuhi dengan lidah yang lancer dan mulut yang lancing."
Itu dia deretan kata-kata Bung Hatta yang sangat inspiratif dan bermakna. Semoga bermanfaat.