7 Bacaan Doa Idul Fitri untuk Diamalkan dalam Mempererat Silaturahmi

Inspirasi Kata
Menyajikan artikel berisi kata-kata, kutipan, dan kalimat yang menginspirasi pembaca.
Konten dari Pengguna
3 April 2024 20:03 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Inspirasi Kata tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bacaan Doa Idulfitri. Unsplash/Imagehit.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bacaan Doa Idulfitri. Unsplash/Imagehit.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Idul Fitri menjadi momen yang paling ditunggu ketika memasuki bulan Ramadan. Pada masa Lebaran ini, orang akan bersilaturahmi ke keluarga, teman, dan lainnya. Ada bacaan doa Idulfitri yang bisa diamalkan ketika bersilaturahmi.
ADVERTISEMENT
Hal yang perlu dipersiapkan ketika Lebaran tidak hanya baju baru dan makanan. Namun, umat Islam perlu membaca doa-doa. Tujuannya adalah untuk menunjukkan rasa syukur kepada Allah Swt.

Bacaan Doa Idul Fitri

Ilustrasi Bacaan Doa Idul Fitri. Unsplash/Drazen_
Pada hari yang suci ini, ketika telah melewati bulan Ramadan dengan penuh keikhlasan dan kesungguhan, saatnya menyambut hari kemenangan, Idulfitri. Di tengah berbagai ujian dan cobaan yang telah dihadapi selama bulan suci ini.
Dalam momen ini, orang-orang mengucapkan selamat Idulfitri kepada semua umat Islam di seluruh dunia. Idulfitri juga menjadi momen untuk bersilaturahmi bersama keluarga, tetangga, dan teman. Pada momen Lebaran ini, masyarakat akan saling menyapa dan mendoakan.
Dikutip dari buku Doa, Zikir, Wirid & Pengobatan Islami Paling Mustajab karya Ipnu R. Noegroho (2020:32), inilah bacaan doa Idulfitri untuk diamalkan dalam mempererat silaturahmi sesama muslim:
ADVERTISEMENT

1. Doa Hari Raya Idulfitri

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ وَجَعَلَنَا اللهُ وَاِيَّاكُمْ مِنَ الْعَاءِدِيْنَ وَالْفَائِزِيْنَ وَالْمَقْبُوْلِيْنَ كُلُّ عاَمٍ وَأَنْتُمْ بِخَيْرٍ
'Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘aamin wa antum bi khair."
Artinya: “Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, Wahai Allah Yang maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu semua senantiasa dalam kebaikan.”

2. Balasan Doa dan Ucapan Hari Raya Idulfitri

تَقَبَّلَ اللَّهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ وَ تَقَبَّلْ ياَ كَرِيْمُ
"Taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim."
Artinya: "Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang Maha Mulia."
ADVERTISEMENT

3. Doa Niat Salat Idulfitri

اُصَلِّى سُنَّةً لِعِيْدِ الفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً مَأْمُوْمًا لِلهِ تَعَالَى
"Ushalli sunnatan li Idil Fitri rak'atayni mustaqbilal qiblati adā'an ma'mūman lillāhi ta'ālā."
Artinya: "Aku menyengaja sembahyang sunah Idulfitri dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai sebagai makmum karena Allah Swt."

4. Doa Setelah Imam Membaca Takbir saat Sholat Idulfitri

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ
"Subhanallah, walhamdulillah, walaa ilaaha illallah wallahu akbar."
Artinya: "Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah maha besar.”

5. Doa Menyambung Silaturahmi

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ
"Allaahumma baarik lahum fiimaa rozaqtahum, waghfirlahum, warhamhum."
Artinya: “Ya Allah, berkahilah apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah mereka, dan rahmatilah mereka.”

6. Doa Menyambut Bulan Baru

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالإِيمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَالإِسْلاَمِ رَبِّى وَرَبُّكَ اللَّهُ
ADVERTISEMENT
"Allahumma ahlilhu ‘alayna bilyumni wal iimaani wassaalaamati wal islaamii robbii wa robbukallah."
Artinya: “Ya Allah, tampakkanlah bulan itu kepada kami dengan membawa keberkahan dan keimanan, keselamatan dan Islam. Rabbku dan Rabbmu (wahai bulan sabit) adalah Allah.”

7. Doa Memohon Kebaikan Dunia dan Akhirat

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
"Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar."
Artinya: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka.”

Hadis tentang Silaturahmi

Ilustrasi Bacaan Doa Idul Fitri. Unsplash/Rizal Mansor.
Dalam beberapa hadis dijelaskan bahwa Rasulullah saw. menganjurkan untuk menjaga silaturahmi kepada sesama muslim. Hal ini dikarenakan, silaturahmi memiliki banyak manfaat dan keutamaan.
Berikut adalah keutamaan silaturahmi yang dijelaskan dalam beberapa hadis dan Al-Quran:
ADVERTISEMENT

1. Q.S. Ar-Ra’d ayat 21

وَالَّذِيْنَ يَصِلُوْنَ مَآ اَمَرَ اللّٰهُ بِهٖٓ اَنْ يُّوْصَلَ وَيَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ وَيَخَافُوْنَ سُوْۤءَ الْحِسَابِ ۗ
“Wallażīna yaṣilụna mā amarallāhu bihī ay yụṣala wa yakhsyauna rabbahum wa yakhāfụna sū`al-ḥisāb”
Artinya: “Dan orang-orang yang menghubungkan apa yang diperintahkan Allah agar dihubungkan, dan mereka takut kepada Tuhannya dan takut kepada hisab yang buruk.”

2. Q.S. An-Nisa ayat 36

وَاعْبُدُوا اللّٰهَ وَلَا تُشْرِكُوْا بِهٖ شَيْـًٔا وَّبِالْوَالِدَيْنِ اِحْسَانًا وَّبِذِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنِ وَالْجَارِ ذِى الْقُرْبٰى وَالْجَارِ الْجُنُبِ وَالصَّاحِبِ بِالْجَنْۢبِ وَابْنِ السَّبِيْلِۙ وَمَا مَلَكَتْ اَيْمَانُكُمْ ۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يُحِبُّ مَنْ كَانَ مُخْتَالًا فَخُوْرًاۙ
Artinya: "Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang sombong dan membanggakan diri."
ADVERTISEMENT

3. Silaturahmi Melapangkan Rezeki

عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي أَنَسُ بْنُ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِي رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِي أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Artinya: “Dari Ibnu Syihab dia berkata; telah mengabarkan kepadaku Anas bin Malik bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa ingin lapangkan pintu rizqi untuknya dan dipanjangkan umurnya hendaknya ia menyambung tali silaturahmi.” (HR. Bukhari) [Shahih No. 5986 Versi Fathul Bari].

4. Tanda Orang Beriman

مَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ، ومَن كانَ يُؤْمِنُ باللَّهِ واليَومِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا أوْ لِيَصْمُتْ
Artinya: “Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia memuliakan tamunya, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia menyambung tali silaturahmi, dan barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, hendaknya ia berkata baik atau diam.” (HR. Bukhari).
ADVERTISEMENT

5. Dijamin Masuk Surga

يا أيُّها النَّاسُ أفشوا السَّلامَ، وأطعِموا الطَّعامَ، وصِلوا الأرحامَ، وصلُّوا باللَّيلِ، والنَّاسُ نيامٌ، تدخلوا الجنَّةَ بسَلامٍ
Artinya: “Wahai manusia, tebarkanlah salam, berilah makan, sambunglah tali persaudaraan, salatlah di malam hari ketika manusia terlelap tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

6. Hadis tentang Silaturahmi

Rasulullah Saw. bersabda:

7. Memperpanjang Umur

Menjalin hubungan baik dengan sesama manusia, terutama dengan keluarga, tetangga, dan orang-orang terdekat, dianggap sebagai bentuk ibadah yang mendatangkan keberkahan dan pahala. Sehingga dapat memperpanjang umur.
Rasulullah Saw. bersabda:
ADVERTISEMENT

8. Silaturahmi sebagai Penghapus Dosa

Menjaga hubungan silaturahmi memiliki keutamaan besar dalam agama Islam, di mana dalam hadis Rasulullah saw. disebutkan bahwa silaturahmi dapat menghapus dosa. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya menjalin dan memelihara hubungan baik dengan sesama manusia.
Dengan bersilaturahmi, kita tidak hanya memperkuat persaudaraan dan solidaritas, tetapi juga mendapatkan pahala dari Allah Swt. serta mendapatkan penghapusan dosa-dosa yang telah kita lakukan.

9. Silaturahmi Bermanfaat untuk Menghibur Keluarga

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling bergantung satu sama lain. Menjaga hubungan silaturahmi dapat memberikan hiburan dan dukungan kepada orang-orang terdekat yang membutuhkan.

10. Mendapatkan Rahmat

Hal ini sebagaimana firman Allah Swt.
ADVERTISEMENT

11. Menjadi Makhluk yang Mulia

Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Ali bahwa Rasulullah saw. bersabda:
Hal ini dinyatakan dalam salah satu Al-Qur’an sebagaimana Allah Swt. berfirman:
ADVERTISEMENT
Demikian deretan bacaan doa Idulfitri dan hadis mengenai silaturahmi. Silaturahmi memiliki banyak keutamaan, terutama dapat memperpanjang umur dan melapangkan rezeki. (Umi)