Pencarian populer
USER STORY

4 Cara Mudah Membersihkan Sisik Ikan yang Alot dan Keras

Mengolah ikan menjadi sebuah makanan yang enak memang tidak mudah, karena harus membersihkan sisiknya terlebih dahulu. Sisik ikan memang sulit untuk dibersihkan. Apalagi untuk jenis ikan yang sisiknya keras dan alot. Butuh usaha ekstra untuk membuang semua sisik tersebut. Nah, Sobat Shopee tak perlu khawatir lagi karena berikut ini Shopee berikan tips membersihkan sisik ikan yang keras dengan mudah.

1. Rendam Ikan dengan Air Hangat, Garam, dan Perasaan Jeruk Nipis

Untuk menghilangkan sisik ikan, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu. Rendamlah ikan dengan menggunakan air hangat, garam, dan perasaan jeruk nipis selama 10 menit. Garam dan perasaan jeruk nipis bisa membantu menghilangkan bau amis pada ikan. Sementara air hangat dapat membuat sisik lebih lunak sehingga mudah dibersihkan. Pastikan untuk tidak merendam ikan terlalu lama, karena bisa membuat daging ikan rusak.

2. Gunakan Sarung Tangan

Saat membersihkan ikan, jangan lupa menggunakan sarung tangan. Kamu bisa menggunakan sarung tangan yang berbahan karet atau plastik. Selain membuat bau amis tidak menempel di tangan, sarung ini juga dapat melindungi tangan terluka akibat terkena sisik ikan.

3. Bersihkan dengan Pisau

Supaya lebih mudah, sebaiknya bersihkan sisik ikan dengan menggunakan pisau dan gunakan talenan kayu. Kerok sisik ikan di kedua sisinya dengan cara memiringkan pisau, karena bentuk sisik ikan agak miring. Lakukan secara perlahan-lahan hingga bersih. Bagian ekor dan kepala juga jangan lupa dibersihkan, Sobat Shopee.

4. Cuci di Bawah Air Mengalir

Setelah semua sisik hilang, cuci ikan di bawah air mengalir untuk membuat ikan lebih bersih. Bersihkan dengan saksama, namun jangan terlalu kuat membersihkan ikan karena dapat membuat daging ikan rusak.

Nah, setelah sisik ikan sudah selesai dibersihkan, segera cuci dan beri bumbu. Untuk menghilangkan bau amisnya, kamu bisa menambahkan perasaan jeruk nipis. Namun jangan langsung menggoreng ikan yang masih basah ke dalam minyak panas karena akan menimbulkan letupan. Tiriskan terlebih dahulu dan kurangi kadar minyaknya.

Gunawan S.Hum

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.41