Get Ready and Be BRILiaN Lewat Program MSIB Cycle 3

kumparan Buddies - UPN Veteran Yogyakarta
Konten dari Pengguna
3 Februari 2023 13:31
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Intan Ayu Maharani tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dokumentasi: HCD Division.
zoom-in-whitePerbesar
Dokumentasi: HCD Division.
Menjadi seorang mahasiswa tentunya memiliki berbagai macam kegiatan yang wajib diikuti demi menunjang kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Selain kegiatan belajar mengajar di dalam atau luar kelas, kegiatan praktik di laboratorium, dan kuliah kerja nyata, terdapat kegiatan On the Job Training (OJT) atau yang lebih akrab disebut sebagai magang. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Pada awal tahun 2022 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek merilis Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), adapun dalam implementasinya dijalankan melalui delapan program yang salah satunya adalah Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mengikuti magang menjadi semakin mudah. Dalam pelaksanaanya, MSIB dirancang untuk mempersiapkan mahasiswa dalam menghadapi perubahan sosial, budaya, dan lingkup pekerjaan serta kemajuan teknologi yang cepat.
Dari 133 peserta magang di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cycle 3, salah satu peserta magang yang berhasil lolos merupakan mahasiswi dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta yakni, Intan Ayu Maharani (Ara). Ara merupakan mahasiswi semester 7 dari Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Mahasiswi tersebut mengisi posisi Komunikasi Intern pada proyek BRIVolution Communication 2.0 yang memiliki tujuan untuk menyampaikan komunikasi Corporate Plan BRI baik ke pihak internal BRI maupun eksternal BRI. Melalui kegiatan ini peserta akan berpartisipasi aktif untuk dapat terlibat dalam keseluruhan ruang lingkup pekerjaan BRIvolution Communication 2.0 yang meliputi; melakukan pemetaan kebutuhan komunikasi, merumuskan strategi komunikasi, melakukan komunikasi, hingga melakukan komunikasi dan mempercepat proses internalisasi rencana jangka panjang perusahaan berdasarkan dengan campaign komunikasi strategis. Proyek ini merupakan proyek eksisting yang melakukan proses perencanaan, implementasi, dan evaluasi serta inovasi – inovasi baru. Melalui dinamika yang terdapat pada proyek tersebut, memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat berkontribusi sekaligus mendapatkan pembelajaran dalam wawasan kerja nyata serta ilmu dan pengetahuan baru di dunia perbankan dengan teknologi, kondisi, dan situasi yang real secara on-site.
Selama kegiatan magang dilaksanakan, para peserta benar – benar dilibatkan sebagaimana harusnya. Peserta mengikuti daily stand-up, meeting, diskusi, brainstorming, hingga eksekusi dan evaluasi. Selain itu, peserta juga ditemani oleh mentor – mentor yang suportif. Tak hanya lingkup pekerjaan, diluar jam kerja peserta magang dan mentor saling berbagai pandangan dan opini mengenai kehidupan pribadi, seperti perkuliahan hingga rencana masa depan.
Kegiatan magang yang berlangsung selama 4 hingga 5 bulan ini dimulai dari pertengahan Agustus hingga akhir tahun di penghujung Desember, berlokasi di Kantor Wilayah dan Kantor Pusat PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tergantung posisi dan proyek yang diambil. Pada praktiknya kegiatan magang MBKM sama seperti kegiatan magang pada umumnya dimana para peserta akan mendapatkan pembekalan dunia kerja secara langsung. Hal yang menjadi pembeda adalah bahwa kegiatan Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) ini merupakan bagian dari program Kemendikbud. Melalui program ini, para peserta mendapatkan kesempatan untuk memperluas jangkauan pertemanan. Dikarenakan rekan – rekan satu angkatan, divisi, bahkan satu proyek magang berasal dari berbagai universitas dan daerah di Indonesia.
Melihat berbagai benefit yang bisa didapatkan dari program ini, bagi kalian yang memenuhi kualifikasi posisi yang ingin diambil, jangan ragu untuk mendaftar!