Inilah Pemenang Kompetisi IPMI Bisnis Model Kanvas Untuk Siswa SMA

IPMI Campus
IPMI International Business School is one of the pioneers in Master of Business Administration education in Indonesia.
Konten dari Pengguna
25 April 2022 13:46 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari IPMI Campus tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Para pemenang IPMI Business Model Competition for Highschool Students berfoto bersama di Kampus IPMI Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu, 23 April 2022 (Sumber: BEM IPMI)
zoom-in-whitePerbesar
Para pemenang IPMI Business Model Competition for Highschool Students berfoto bersama di Kampus IPMI Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu, 23 April 2022 (Sumber: BEM IPMI)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
SMAN 5 Bogor meraih pemenang pertama dalam kompetisi bisnis model kanvas (Business Model Canvas/BMC) untuk pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) yang digelar IPMI International Business School. Prestasi tersebut diikuti oleh Sekolah 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto dan SMAK 6 Penabur Jakarta, yang menempati peringkat kedua dan ketiga.
ADVERTISEMENT
Ketua Sekolah Tinggi Manajemen IPMI, Prof. Aman Wirakartakusumah mengatakan, kegiatan tersebut diikuti oleh 21 tim yang berasal dari 20 SMA dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka berlomba menciptakan sebuah bisnis yang berorientasi pada pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).
"IPMI Business Model Competition ini merupakan strategi dari kampus IPMI untuk menyiapkan generasi muda yang nantinya menjadi penentu tercapainya pembangunan berkelanjutan. Dengan adanya kompetisi ini diharapkan mereka dapat memunculkan inovasi bisnis yang mendukung SDGs," ujar Prof Aman di Kampus IPMI, Jakarta, dalam rilis yang diterima Senin, 25 April 2022.
Lebih lanjut Prof Aman mengatakan, generasi muda di tahun 2030 akan menghadapi ancaman dan tantangan bagi pembangunan berkelanjutan, seperti pendidikan yang bermutu, kesehatan dan kesejahteraan, kesetaraan gender, energi bersih dan terjangkau, serta penanganan perubahan iklim. Para calon pemimpin bangsa inilah yang nantinya bakal menjadi penggerak dari program SDGs.
ADVERTISEMENT
"Peserta pelajar tersebut dituntut untuk menciptakan bisnis yang tidak hanya memperhatikan aspek ekonomi, tapi juga dapat memberi dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan, pelanggan dan juga karyawan," jelasnya.
Dalam situs www.ipmi.ac.id menyebutkan, IPMI Business Model Competition for Highschool Students tahun ini mengusung tema "Youngsters as the Change Makers: Sustainable Development as the Pathway to the Brighter Future". Para peserta diwajibkan membuat sebuah bisnis model kanvas (BMC) yang mendukung pembangunan berkelanjutan.
BMC memiliki sembilan blok yang mewakili proses, rencana, hingga fondasi suatu bisnis yang fokus utamanya pada kesehatan dan kesejahteraan, pendidikan yang bermutu, kesetaraan gender, energi bersih dan terjangkau, serta penanganan perubahan iklim. Blok tersebut akan memudahkan para pengusaha pemula dalam menjalankan bisnis ke depan. (*)
ADVERTISEMENT