Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022

Lulusan Program Studi Sastra Indonesia S1 Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
27 Maret 2022 21:41
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Irwan Aulian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Pada tanggal 20 Maret 2022 Chess Pamulang University atau biasa disebut dengan tim catur Universitas Pamulang telah melaksanakan kegiatan akhir atau biasa disebut juga Family Gathering di Rumah Kebun Pranaya Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang. Chess Pamulang University merupakan salah satu cabang olahraga dari 18 cabang olahraga lainnya yang dinaungi oleh Unit Kegiatan Olahraga Universitas Pamulang.
Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022 (11748)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Aulian on Chess Pamulang University
Unit Kegiatan Olahraga atau UKO UNPAM merupakan organisasi mahasiswa bagi para mahasiswa Universitas Pamulang untuk menyalurkan bakatnya di bidang olahraga dan mengantarkan mahasiswa tersebut untuk meraih prestasi. Cabang-cabang olahraga yang dinaungi oleh UKO UNPAM yaitu cabang olahraga catur, voli, softball, futsal, PSHT, panah, tennis, tenis meja, wushu, MMA, karate, Merpati Putih, e-sport, taekwondo, billiard, Petanque, bulu tangkis, dan Tapak Suci.
Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022 (11749)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Fathurahman on Chess Pamulang University
Acara Family Gathering ini merupakan salah satu kegiatan akhir dalam program kerja tim catur yang dilaksanakan pada periode 2021-2022. Program kerja yang telah dilaksanakan sebelumnya yaitu ada latihan rutin, diskusi santai, latihan tanding sesama anggota, pertandingan persahabatan dengan universitas lain, rekrutmen anggota baru, seleksi internal persiapan turnamen, keikutsertaan turnamen, dan lain-lain. Pada kesempatan tersebut, tidak hanya acara Family Gathering saja yang dilakukan oleh seluruh anggota tim catur UNPAM , tetapi ada sesi lainnya juga yang dilaksanakan pada hari itu. Sesi lainnya itu meliputi sesi Chess Talk bersama beberapa pembicara, pemilihan ketua umum periode 2022-2023, penyerahan jabatan dari ketua umum periode 2021-2022 kepada ketua terpilih, dan penutupan kepengurusan periode 2021-2022.
ADVERTISEMENT
Seluruh anggota Chess Pamulang University, ketua UKO UNPAM, para alumnus, hingga bintang tamu ikut memeriahkan acara kegiatan akhir ini. Kegiatan tersebut berlangsung dari pagi hingga sore hari. Kegiatan ini dipandu oleh Rizal Abriyan selaku pembawa acara sekaligus moderator berlangsung dengan meriah dan penuh canda tawa. Beliau membuka acara dengan sangat ceria dan mampu memandu jalannya acara dengan sangat baik. Setelah pembukaan acara yang dilakukan oleh pembawa acara, selanjutnya ada beberapa sambutan dari Askan Nor selaku ketua UKO UNPAM, Masrin Choirudin selaku perwakilan alumnus UNPAM, dan Irwan Aulian Mulyana selaku ketua umum Chess Pamulang University periode 2021-2022. Ketiga sosok tersebut memberikan ucapan selamat, beberapa motivasi, saran, dan membagikan pengalaman mereka kepada seluruh anggota yang hadir di acara tersebut. Seluruh anggota Chess Pamulang University menyimak sesi tersebut sambil menikmati kopi dan camilan yang sudah disediakan oleh panitia.
Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022 (11750)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Fathurahman on Chess Pamulang University
Setelah acara sambutan yang sangat luar biasa dilaksanakan, acara dilanjutkan ke penyampaian materi dalam Chess Talk bertema ”Pemanfaatan Teknologi untuk Meningkatkan Prestasi dalam Olahraga Catur” dengan beberapa pembicara yaitu Irwan Aulian Mulyana selaku ketua umum Chess Pamulang University periode 2021-2022, GM Khairul Zanvia selaku wakil ketua Chess Pamulang University periode 2021-2022, dan GM Firmansyah selaku ketua divisi pelatihan dan pertandingan Chess Pamulang University periode 2021-2022 sekaligus peraih peringkat ke-200 tingkat internasional dalam Dinus Chess International. Pada sesi ini, moderator yaitu Rizal Abriyan mempersilahkan Irwan Aulian Mulyana untuk menyampaikan materi pertama mengenai cabang olahraga catur dan Chess Pamulang University. Pada materi ini, beliau menjelaskan mengenai profil, latar belakang berdirinya cabang olahraga tersebut, peranan Chess Pamulang University bagi mahasiswa UNPAM, program kerja, susunan struktural, riwayat prestasi dalam jangka waktu 6 bulan terakhir, dan tata cara pelaporan prestasi di website pemeringkatan mahasiswa. Setelah penyampaian materi pertama selesai, maka dilanjutkan dengan materi kedua mengenai penggunaan website Lichess yang disampaikan oleh GM Khairul Zanvia. Pada materi ini, beliau menyampaikan tata cara pendaftaran, membuat akun Lichess baru, cara bergabung dengan tim, membuat turnamen baru, dan cara menggunakan website tersebut untuk keperluan latihan secara online. Setelah memberikan tutorialnya, beliau juga menjelaskan beberapa fitur yang ada pada website tersebut sekaligus kegunaannya masing-masing sambil mengajak semua peserta langsung mempraktikannya. Terakhir ada materi mengenai pembukaan Mc Donnell dalam permainan catur yang disampaikan oleh GM Firmansyah. Pada materi ini, beliau menjelaskan secara rinci mengenai pembukaan tersebut kepada seluruh peserta yang hadir. Di samping itu, beliau juga langsung mengajak seluruh anggota Chess Pamulang University maupun alumnus yang hadir di antaranya ada Asep Setiono, Yuli Ardiansyah, Farrel Attaillah, Fadhiil Ramdhan, Gugun Gumelar, Fajar Syidik, Sailan Abdul Aziz, Ongki Eriyawan dan peserta lainnya untuk langsung mempraktikkan materi yang telah dijelaskan dan dibantu oleh Ramdany Putra selaku ketua divisi peralatan untuk mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan. Setelah semua materi disampaikan oleh pembicara, moderator akhirnya membuka sesi tanya jawab kepada seluruh peserta yang ingin bertanya mengenai materi yang telah disampaikan.
Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022 (11751)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Fathurahman on Chess Pamulang University
Pembawa acaranya melanjutkan ke sesi berikutnya, yaitu sesi laporan keuangan yang disampaikan oleh Qeysha Ayle selaku bendahara Chess Pamulang University. Pada sesi laporan ini, beliau menjelaskan secara detail mengenai alur pemasukan dan pengeluaran keuangan Chess Pamulang University selama satu periode. Setelah sesi laporan selesai, acara masuk ke sesi menulis surat harapan secara anonim bagi seluruh peserta yang hadir pada kegiatan akhir ini. Nantinya surat tersebut akan dibacakan oleh pembawa acara setelah semuanya selesai menulis. Kegiatan yang sudah setengahnya berjalan, harus dijeda sementara karena sudah memasuki jam istirahat dan waktu untuk beribadah. Semua anggota Chess Pamulang University melakukan makan siang bersama sebelum melakukan ibadah salat zuhur bagi yang beragama Islam.
ADVERTISEMENT
Sebelum melakukan pemilihan ketua umum Chess Pamulang University periode 2022-2023, pembaca acara mempersilahkan ketiga calon ketua untuk menyampaikan visi dan misi mereka ke depannya. Ketiga calon ketua tersebut yaitu Pegi Musari dari program studi Sistem Informatika S1 dengan nomor urut 1, Ramdany Putra dari program studi Sastra Inggris S1 dengan nomor urut 2, dan Qeysha Ayle dari program studi Ilmu Hukum S1 dengan nomor urut 3. Ketiga calon ketua tersebut menyampaikan secara detail mengenai visi dan misi mereka jika terpilih sebagai ketua umum Chess Pamulang University periode 2022-2023.
Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022 (11752)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Fathurahman on Chess Pamulang University
Pemilihan ketua umum Chess Pamulang University periode 2022-2023 akhirnya dilaksanakan dengan dua orang yang bertugas sebagai panitia pemilihan, yaitu Juli Fahrozi selaku manager Chess Pamulang University dan Asep Setiono selaku ketua divisi humas yang memulai pemungutan suara dengan menggunakan surat suara. Setelah pemungutan suara dilakukan, panitia akhirnya melakukan penghitungan hasil pemilihan tadi. Menurut jumlah suara terbanyak, Qeysha Ayle selaku calon ketua dengan nomor urut 3 berhasil memenangkan pemilihan ketua umum dengan jumlah suara terbanyak, serta berhak meneruskan kepengurusan Chess Pamulang University periode 2022-2023 sebagai ketua umum menggantikan ketua umum Chess Pamulang University periode 2021-2022 yaitu Irwan Aulian Mulyana yang harus pensiun dini, tetapi bukan karena cedera seperti tim olahraga lainnya, melainkan statusnya yang sudah lulus dan menjadi alumnus Universitas Pamulang.
Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022 (11753)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Fathurahman on Chess Pamulang University
Sebelum penyerahan jabatan dari ketua umum terdahulu ke ketua terpilih, pembawa acara memberikan waktu dan tempat kepada Irwan Aulian Mulyana selaku ketua umum Chess Pamulang University periode 2021-2022 untuk memberikan selamat dan kata-kata perpisahan sebelum mengakhiri masa jabatannya. Pada sesi itu, beliau mengucapkan terima kasih banyak kepada semua anggota Chess Pamulang University, UKO UNPAM, para alumnus, pihak kampus, dan seluruh pihak yang sudah membantu mendirikan Chess Pamulang University sedari awal hingga bisa berkembang secara pesat sampai saat ini. Beliau juga meminta bantuan semua anggota untuk terus membantu ketua terpilih dalam menjalankan semua program kerja ke depannya dan bisa menjadikan Chess Pamulang University menjadi cabang olahraga yang lebih berprestasi lagi. Setelah memberikan sambutan terakhir, akhirnya sesi penyerahan jabatan secara simbolis pun dilakukan oleh Irwan Aulian Mulyana selaku ketua umum Chess Pamulang University periode 2021-2022 kepada Qeysha Ayle selaku ketua umum terpilih Chess Pamulang University periode 2022-2023.
ADVERTISEMENT
Pembawa acara segera menyambut ketua umum terpilih yaitu Qeysha Ayle dan mempersilahkannya untuk menyampaikan beberapa kata dalam bentuk sambutan. Sambutan yang diberikan oleh ketua terpilih Chess Pamulang University periode 2022-2023 berisikan rasa syukur dan ucapan terima kasih banyak kepada seluruh anggota Chess Pamulang University yang sudah mendukungnya sehingga beliau bisa menerima tanggung jawab menjadi ketua umum selanjutnya. Beliau juga meminta semua anggota Chess Pamulang University untuk bisa bekerja sama dan membantunya menjalankan program kerja dan tugas yang sudah menanti untuk satu periode ke depan nanti secara bersama-sama sehingga bisa terus mengembangkan tim catur Universitas Pamulang.
Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022 (11754)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Fathurahman on Chess Pamulang University
Sebelum melanjutkan ke sesi terakhir, pembawa acara meminta semua anggota Chess Pamulang University pergi ke taman untuk melakukan sesi foto bersama yang akan dipimpin oleh Fathurahman selaku ketua divisi media informasi komunikasi serta fotografer pada acara tersebut. Setelah melakukan sesi foto bersama, seluruh anggota bisa menikmati waktu yang tersisa untuk menikmati hiburan yang dimeriahkan oleh penyanyi berbakat yaitu Fadil Kursi Roda selaku bintang tamu yang berduet dengan Achmad Azhar selaku anggota Chess Pamulang University yang andal dalam memainkan beberapa alat musik. Semua anggota terlihat sangat ceria dan menikmati hiburan yang ada sembari meminum soft drink yang sudah disediakan oleh panitia. Ekspresi kebahagiaan, kedekatan antar anggota, kekeluargaan, dan canda tawa tercampur serta terlihat jelas dari wajah mereka semua.
ADVERTISEMENT
Sukses selalu Chess Pamulang University, bukan hanya sebagai tim dan rekan antar mahasiswa, tetapi kita akan selalu menjadi keluarga selamanya. Semoga ke depannya kita bisa meraih beberapa prestasi lainnya dan mampu mengharumkan nama Chess Pamulang University serta Universitas Pamulang. Jangan lupakan juga moto tim kita, yaitu berlatih, berjuang, dan berprestasi.
Kegiatan Tim Catur Universitas Pamulang di Akhir Masa Periode 2021-2022 (11755)
zoom-in-whitePerbesar
Photo by Fathurahman on Chess Pamulang University
Love you all..
Forever..
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020