kumparan
15 Agustus 2017 12:48

Mengenal Pohon Ulin sebagai Pohon paling keras dan dicari Di Indonesia

Mungkin, umumnya, masyarakat Indonesia lebih mengenal Pohon Jati sebagai pohon yang sangat bagus dan tidak ada tandingannya. banyak sekali menggunakan kayu jati pada berbagai keperluan dan menganggap bahwa inilah kayu yang paling kuat.
ADVERTISEMENT
memang ungkapa seperti itu tidak sepenuhnya salah, dan juga tidak sepenuhnya benar. karena pohon jati memang pohon berkualitas tinggi dan sangat baik digunakan untuk berbagai kerajinan, furniture atau kontruksi rumah. hanya saja Jika dikatakan kayu jati merupakan kayu paling kuat dan awet, hal seperti itu tidak benar, karena ada jenis kayu yang perawakannya sangat besar lurus, kuat dan sangat awet melebihi kayu Jati.
namanya kayu Besi atau bisa juga disebut dengan nama kayu Ulin.
saking kuatnya kayu Ulin ini, para pengrajin furniture enggan mengolah kayu ini tanpa alat yang memadai karena akan menyusahkan diri sendiri. saking kerasnya.
ada juga yang mengatakan bahwa penggunaan gergai yang tidak benar untuk memotong kayu ulin bisa membuat Gergaji tersebut Patah. saking kerasnya
ADVERTISEMENT
Ulin atau juga yang disebut kayu besi merupakan pohon khas dari daerah Kalimantan. Pohon ulin termasuk jenis pohon besar yang tingginya bisa mencapai 50 m dengan diameter mencapai 120 cm. Pohon ini tumbuh pada dataran rendah sampai ketinggian 400 m. Kayu ini merupakan salah satu jenis kayu hutan tropika basah yang tumbuh secara alami di daerah Kalimantan dan sulawesi.
Kayu besi atau Ulin ini juga tahan terhadap perubahan suhu ekstrim dan pengaruh air laut sehingga sifat kayunya sangat berat dan keras. Agak terpisah dari pepohonan lain dan dikelilingi jalur jalan melingkar dari kayu ini. Untuk info selengkapnya cek di wikipedia.
manfaat kayu Ulin
sangat wajar Jika kayu Ulin jarang dikenal mayarakat umum karena kayu ini lebih dimanfaatkan untuk keperluan penting perusahaan besar seperti untuk kapal laut, bantalan rel kereta Api, Tiang Listrik, dan komponen yang membutuhkan kekuatan dan keawtan lainnya.
ADVERTISEMENT
kayu ini juga sering dimanfaatkan untuk lantai kayu luar ruangan, jembatan, Decking kayu karena ketahanan fisiknya yang laur biasa.
hanya saja, kayu ini banyak diburu oleh penebang liar, dan pertumbuhannya yang sangat sulit, kayu ini tergolong pada kayu langka. Oleh karena itu, kayu harganya cukup mahal dibanding dengan jenis kayu lain sehingga untuk mendapatkannya harus mengikuti prosedur pemerintah.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan