Tekno & Sains
·
31 Mei 2017 11:09

Review Kamera Gopro, Action Cam Anak Muda Kekinian

Konten ini diproduksi oleh ita nita
Review Kamera Gopro, Action Cam Anak Muda Kekinian (334808)
Kamera GoPro merupakan salah satu kamera terbaik yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan sport. Sejak mulai berdiri pada tahun 2002, GoPro Inc. Selalu melakukan inovasi sehingga produk perusahaan ini mampu bersaing dengan produsen lainnya. Kemampuan kamera yang tinggi juga didorong dengan pengembangan software sehingga bisa menghasilkan kualitas maksimal. Dengan kemampuan produk yang konsisten, GoPro mampu bertahan menjadi perhatian pasar hingga saat ini.
ADVERTISEMENT
Sejak mulai dikembangkan, GoPro memiliki pasar yang konsisten dan stabil. Hal itu karena pengguna GoPro merupakan segmen khusus yang memiliki daya beli stabil. Kamera sport yang diproduksi oleh perusahaan ini memiliki kualitas gambar yang mumpuni untuk sebuah karya yang profesional. Selain segmen pekerja fotografi dan videografi, kamera ini juga digunakan oleh komunitas hobi. Dengan segmen yang terbatas namun stabil ini, pasar action camera GoPro terus berkembang.
Produk Kamera GoPro
Sebagai action camera, produsen ini memproduksi kamera dengan spesifikasi khusus yang tahan banting. Sehingga kamera mampu bertahan pada cuaca dan kondisi ekstrem. Syarat utama kamera aksi agar bisa digunakan dengan optimal adalah mampu bertahan di air. Produk GoPro telah terbukti digunakan dalam cuaca hujan dan tetap mengambil gambar dengan maksimal. Bahkan produk ini bisa kita gunakan untuk menyelam di air tawar maupun air asin.
ADVERTISEMENT
Saat ini, kamera yang cukup laris di pasaran adalah kamera dengan jenis, GoPro Hero4, dan GoPro Hero5. Ketiga jenis kamera tersebut diminati karena memiliki fitur dan teknologi terbaru. Meskipun harga GoPro terbilang cukup tinggi dibandingkan kamera biasa. Namun karena fungsi dan kegunaan yang luar biasa membuat harga yang ditawarkan menjadi cukup pantas. Bagi Anda yang memiliki hobi ekstrem tentu memiliki penilaian tersendiri mengenai produk GoPro.
Kamera GoPro Hero4 Silver Edition
Meskipun telah hadir kamera terbaru seri Hero5, namun tampaknya seri sebelumnya Hero4 masih diminati banyak konsumen produk ini. Keadaan itu bisa terjadi karena konsumen merasa GoPro Hero4 sudah cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan. Selain itu, keunggulan yang dimiliki oleh Hero4 sudah terbukti di lapangan dibandingkan dengan produk yang baru dirilis. Dengan demikian, pasar masih memberikan respon positif terhadap produk pendahulu.
ADVERTISEMENT
Dari segi tampilan fisik, GoPro Hero4 memiliki ukuran berat yang cukup mungil yaitu sekitar 83 gram saja. Meskipun kecil, kamera ini menggunakan Ultra Wide Angle Glass Lens sehingga memiliki jangkauan yang cukup lebar. Ditambah lagi dengan Camera Housing Waterproof membuat produk ini makin sempurna. Kamera ini juga memiliki Built-in Touchscreen sehingga kita bisa secara langsung memeriksa hasil gambar yang kita buat.
Kualitas Gambar GoPro Hero4
Kamera ini mampu menghasilkan gambar dengan kualitas UHD dengan resolusi video 3840x2160 pada 15 frame per detik. Dengan kualitas ini, maka gambar yang dihasilkan akan memiliki view yang luas. Selain luas, kita juga akan mendapatkan gambar dengan detail dan juga ketajaman yang tinggi. Dengan demikian, kegiatan yang kita lakukan akan terabadikan dengan baik dalam bentuk video. Sehingga setiap aksi yang kita lakukan akan terekam dengan baik.
ADVERTISEMENT
Selain kualitas video, untuk still photo kita juga akan mendapatkan kualitas gambar yang memadai. Dengan setting default, maka kita bisa mendapatkan kualitas gambar 12 MP dengan resolusi 4000x3000. Gambar dengan kualitas terbaik tentu akan memakan space storage yang banyak. Untuk itu, kita bisa menurunkan level kualitas photo menjadi 7 MP atau 5 MP. Dengan daya tampung yang mencapai 64 GB tentu kita akan bisa mendapatkan foto yang cukup banyak dengan kualitas yang memadai.
Untuk konektivitas, kita bisa menggunakan built in wifiuntuk transfer data nirkabel. Sementara itu, untuk memindahkan file yang berukuran besar dengan cepat dan stabil, maka kita bisa menggunakan beberapa interface. Pemindahan data bisa kita lakukan dengan menggunakan slot microSD, miniUSB, dan juga micro HDMI. Dengan beberapa cara konektivitas yang ada, maka kita akan bisa menggunakan produk ini dengan lebih mudah dan leluasa sesuai dengan yang kita inginkan.
ADVERTISEMENT
Harga Kamera GoPro
Kamera GoPro memiliki harga tinggi bila dilihat dari produknya yang mini. Dengan segala keunggulan dan fitur yang ada produk ini memang cukup mendapatkan harga yang pantas. Beragam teknologi tinggi yang dijejalkan pada perangkat mini tentu akan membutuhkan teknologi tinggi dalam prosesnya. Penggunaan teknologi tinggi tentu akan mengeluarkan investasi yang tidak sedikit. Untuk itu, cukup wajar bila harga yang ditawarkan juga cukup menantang atau bisa dikatakan tinggi.
Produk kamera aksi GoPro Hero4 sendiri memiliki beberapa versi dengan spesifikasi yang berbeda. Untuk harga GoPro Hero4 Silver Edition seperti yang kita ulas diatas bisa mencapai 5,7 juta rupiah. Namun demikian, kita bisa mendapatkan produk yang lebih terjangkau dengan mencari versi yang lain. Misalkan untuk GoPro Hero4 Session, bisa kita dapatkan dengan harga 3,5 juta rupiah. Setiap versi akan memiliki spesifikasi dan harga yang berbeda sehingga kita harus jeli dalam memilih produk.
ADVERTISEMENT
Varian Produk GoPro
GoPro tidak hanya memproduksi kamera saja, namun juga asesoris pendukung kamera agar bisa berfungsi dengan maksimal. Sebagai kamera sport, kita bisa menempatkan kamera ini diberbagai bagian tubuh. Untuk memosisikan kamera agar tepat maka kita membutuhkan perangkat tambahan. Dengan adanya perangkat tambahan, maka kita akan lebih leluasa mengambil gambar sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kegiatan yang berbeda jenis akan membutuhkan penempatan kamera yang berbeda.
GoPro Jaws Flex Clamp adalah alat yang bisa kita gunakan untuk memosisikan kamera dengan sistem jepit yang memiliki leher fleksibel. Kita bisa menempatkan kamera ini dengan cara menjepitkan klem yang ada pada tiang, papan, atau pada perangkat lain yang bisa kita jepit. Harga asesoris ini cukup menarik, kita bisa membeli dengan 745 ribu rupiah. Dengan menggunakan produk ini, maka kita bisa memfungsikan kamera sesuai dengan kebutuhan yang kita perlukan.
ADVERTISEMENT
Salah satu produk yang paling umum dibeli untuk meletakkan kamera adalah GoPro The Strap. Harga yang ditawarkan untuk produk ini mencapai 845 ribu rupiah. Salah satu keunggulan produk ini adalah kita bisa meletakkan pada tangan, pergelengan, lengan, dan juga paha. Dengan demikian, kita bisa mendapatkan angle yang pas untuk kualitas gambar terbaik. Penempatan sudut kamera yang tepat akan membuat gambar yang kita hasilkan menjadi lebih dramatis sehingga momen akan lebih terasa.
Produk GoPro yang kita beli memiliki standar kualitas dan keamanan yang tinggi. Untuk itu, kita harus meminta garansi setiap melakukan pembelian produk. Dengan adanya garansi, maka kita bisa mendapatkan jaminan bahwa produk yang kita beli adalah asli. Dengan menggunakan produk asli, maka kualitas produk akan terjaga. Untuk itu, dibandingkan membeli produk dengan harga murah tanpa garansi, akan lebih aman membeli produk dengan harga wajar namun memiliki garansi yang penuh.
ADVERTISEMENT