Mengenal dan Mengetahui Makna Sumpah Pemuda

Mahasiswa UNNES
Konten dari Pengguna
30 Maret 2022 13:03
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Ivan Rafsanjani Afi tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal dan Mengetahui Makna Sumpah Pemuda  (226225)
zoom-in-whitePerbesar
Sumber: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Sumpah Pemuda adalah sebuah peristiwa pengakuan dari pemuda-pemudi Indonesia yang bersumpah bahwa satu tanah air, satu bangsa dan satu bahasa. Pembacaan sumpah pemuda dilakukan pada 28 Oktober 1928. Rumusan sumpah pemuda ditulis oleh Muhammad Yamin pada sebuah kertas ketika Mr. Sunario, sebagai utusan kepanduan tengah berpidato. sumpah pemuda awalnya dibacakan oleh Sugondo dan kemudian dijelaskan panjang lebar oleh Yamin. Isi dari Sumpah Pemuda adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
- Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
- Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Setelah dibacakannya Sumpah Pemuda tersebut tidak lama lagu kebangsaan Indonesia untuk pertama kalinya diperdengarkan, lagu kebangsaan yang diciptakan oleh W.R. Supratman, sebagai info tambahan bahwa lagu tersebut sempat dipublikasi pada surat kabar Sin Po dengan mencantumkan teks yang menegaskan bahwa itu adalah lagu kebangsaan Indonesia namun lagu tersebut sempat dilarang oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda, namun para pemuda tetap terus menyanyikannya.
Ada banyak sekali makna dari sumpah pemuda yang sangat amat terasa mendalam karena berisikan sebuah cita-cita dari pemuda dan pemudi saat itu ketika mempersatukan seluruh rakyat Indonesia dalam suatu bangsa dan negara yaitu Indonesia. Tanggal 28 Oktober juga merupakan sebuah hari yang mana adalah sebuah hari untuk memperingati hari sumpah pemuda dan juga hari untuk mengingatkan bahwa kita adalah seorang pemuda Indonesia. Ada pula makna sumpah pemuda secara khusus Indonesia sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
1. Memberikan penekanan untuk menghargai perjuangan Indonesia
Perjuangan Indonesia tidak lepas dari campur tangan para pemuda dan pemudi yang ada di Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia, perjuangan yang tidak main-main merupakan sesuatu yang tidak tergantikan. Begitu banyak para pemuda yang tewas dalam rangka memperjuangkan kemerdekaan di Indonesia tanpa para pemuda zaman dahulu maka Indonesia tidak akan mengalami pemerintahan yang berdaulat seperti sekarang ini.
2. Memberikan semangat untuk berjuang
Sumpah pemuda yang dicetuskan dengan sangat serius tanpa ada rasa main-main oleh pemuda dan pemudi saat itu memberikan sebuah semangat untuk para generasi sesudahnya, khususnya bagi para pemuda dan para pelajar pada masa sekarang. Dalam mengisi sebuah kemerdekaan seharusnya kita tidak bermalas-malasan melainkan haru mengisi kemerdekaan dengan semangat dan sesuai peran masing-masing. Jika anda seorang pelajar maka isi lah kemerdekaan dengan hal yang positif dan belajar bersunguh-sungguh, jika anda seorang pejabat disuatu pemerintahan maka ayomilah para rakyat dan bekerja dengan jujur dan tidak melakukan tindak korupsi
ADVERTISEMENT
3. Memberikan makna untuk mencintai Indonesia dengan segenap hati
Seperti yang sudah diketahui oleh semua orang Indonesia bahwa kemerdekaan Indonesia bukanlah hal didapatkan melalui pemberian penjajah, melainkan melalui suatu perjuangan yang berat dan tidak terhitung harganya, kecintaan terhadap Indonesia berarti mencintai dan menghargai suatu keanekaragaman dari daerah lain yang ada di belahan Indonesia, perbedaan yang ada dikalangan seharusnya bukan sebuah hal yang harus dipergunakan untuk memulai sebuah konflik. Namun harus menerima segala perbedaan yang ada dan mencintai perbedaan tersebut karena hal itu adalah sebuah bukti bahwa Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan keanekaragaman
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020