Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
Mengintip Kisah Menarik Pendiri Tarekat Sammaniyah: Syekh Muhammad Samman
23 Maret 2021 14:48 WIB
Tulisan dari Umi Agis Thohiroh tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Mengintip Kisah Menarik Pendiri Tarekat Sammaniyah: Syekh Muhammad Samman
Sebagai umat Islam, kita senantiasa dianjurkan untuk menuntut ilmu dimanapun dan kapanpun serta darimanapun ilmu itu berasal, selama ilmu itu baik, terpercaya dan bermanfaat bagi kita. Salah satunya yaitu ilmu Tasawuf. Tasawuf di Indonesia sudah tidak asing lagi didengar pada bidang keilmuan.
ADVERTISEMENT
Begitu pula tokoh-tokohnya yang masyhur akan ilmu yang dimiliki, kemuliaan, dan lain sebagainya.
Banyak pelajaran yang dapat kita ambil dari sejarah hidup para tokoh sufi yang masyhur. Salah satunya yaitu seorang pendiri tarekat sammaniyah yang dimana tarekat ini terkenal di Indonesia, beliau ialah Muhammad bin ‘Abd al-Karim al-Madani as-Syafi’i as-Samman atau lebih dikenal denga Syekh Samman. Beliau yang merupakan waliyullah dan dekat kepada sang pencipta, tentunya terdapat kisah menarik dalam perjalanan sufinya. Maka dari itu penulis akan menyampaikan sedikit dari kisah beliau yang menarik dan tentunya terdapat banyak pelajaran yang dapat kita ambil.
Biografi Singkat
Beliau memiliki nama lengkap yaitu Muhammad bin ‘Abd al-Karim al-Madani as-Syafi’i as-Samman, beliau lahir pada tahun 1130 H/1718 M di Madinah yang berasal dari kaum Quraisy dan juga wafat disana pada tahun 1189 H/1775 M serta dimakamkan di pemakaman Baqi’ yang juga istri dan sahabat Rasulullah dimakamkan disana. Kemudian beliau diberi gelar oleh murid-muridnya as-Samman yang artinya pedagang mentega, karena disaat makanan mereka habis, beliau menurunkan ember ke dalam sumur dan ketika ember tersebut muncul, ember itu penuh dengan mentega. Adapun gelar-gelar yang pernah beliau dapatkan antara lain al-Waliy al-Kamil Mukammil (seorang wali yang sempurna lagi disempurnakan), Khatam Ahl al-‘Irfan (penutup para ahli ma’rifat), al-‘Arif billah (orang yang kenal dengan Allah), dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Syekh Samman ketika hidup hingga wafat selalu di kota Madinah. Adapun beliau tinggal di rumah milik Abu Bakar al-Shiddiq yang termasuk Khulafaur Rasyidin dan juga sahabat Rasulullah saw. Sejak kecil beliau gemar dalam menuntut ilmu agama kepada ulama-ulama yang ada di sekitar Madinah dan beliau sudah hafal al-Qur’an disaat usianya yang ke delapan tahun. Lalu, di masa remajanya Syekh Samman telah menjadi guru agama di Madrasah Sanjariyah yang terletak di Madinah dan juga banyak berdatangan murid yang berasal dari negara yang cukup jauh. Akan tetapi, Syekh Samman tidak pernah merasa puas akan ilmu yang beliau miliki dan tetap belajar kepada ulama-ulama yang ada pada zamannya.
Adapun dalam bidang-bidang ilmu yang beliau pelajari seperti bidang hukum Islam, Syekh Samman berguru kepada Muhammad al-Daqqaq, Sayyid ‘Ali al-‘Aththar, ‘Ali al-Kurdi, ‘Abd al-Wahhab at-Thanthawi dan Said Hilal al-Makki. Kemudian untuk di bidang ilmu hadis, beliau berguru pada Muhammad Hayyat (seorang pengikut tarekat Naqsyabandiyah). Lalu pada bidang tasawuf dan ketauhidan guru beliau ialah Musthafa bin Kamal ad-Din al-Bakri yang berasal dari Damaskus dan menetap di Madinah. Ada juga guru beliau yang merupakan pengikut tarekat Khalwatiyah yaitu Muhammad bin Salim al-Hifnawi dan Muhammad al-Kurdi. Akan tetapi Syekh Samman tidak terpengaruh dari tarekat guru-guru beliau terhadap hasil karyanya.
ADVERTISEMENT
Kisah Menarik Syekh Samman
Banyak kisah beliau yang terkesan aneh jika dipikirkan menggunakan rasionalitas, namun justru itulah yang membuatnya menarik untuk dibaca dan dipahami. Adapun cerita-cerita beliau semasa hidupnya baik seperti karomah ataupun amalan beliau tertulis di dalam kitab yang bernama Manaqib Tuan Syekh Muhammad Samman. Penulis tidak akan menceritakan semua kisah beliau, namun penulis akan mengambil beberapa kisah yang menarik dari beliau.
Di dalam manaqib beliau, cara pelaksanaan ibadah yang dilakukan oleh Syekh Samman di ceritakan, yang biasa disebut tarekat oleh para pengikutnya. Contohnya seperti disaat beliau melaksanakan ibadah sholat sunnah asyraq sejumlah dua rakaat dan sholat sunnah dhuha sebanyak dua belas rakaat untuk menyibukkan diri dalam ketaatan dan menjauhkan dari segala kesenangan duniawi, maka tidak heran beliau telah termasuk orang yang saleh bahkan sebelum sampai umur beliau.
ADVERTISEMENT
Kemudian ada di suatu hari diceritakan bahwa ketika orang tua beliau kembali setelah sebelumnya orang tuanya memberikan makanan kepada Syekh Samman, ternyata makanan tersebut tetap utuh seperti sebelumnya dan belum disentuh sedikitpun oleh Syekh Samman. Hal ini telah menunjukkan bahwa betapa khusyuknya beliau duduk untuk berzikir kepada Allah, beruzlah dan berkhalwat.
Lalu selanjutnya pada manaqib beliau dikisahkan awal mula Syekh Samman dalam menjalani tarekat dan hakikat. Pada suatu hari ketika Syekh Samman berkhalwat, beliau kebetulan sedang mengenakan baju yang indah, kemudian Syekh Abdul Kadir Al-Jailani mendatangi beliau dengan membawa sebuah jubah berwarna putih dan menyuruh beliau untuk melepaskan bajunya yang indah dan mengenakan jubah putih yang dibawa oleh Syekh Abdul Kadir al-Jailani seraya berkata “Inilah pakaian yang layak untukmu”.
ADVERTISEMENT
Syekh Samman menurut kabarnya kerap kali menyembunyikan ilmu dan amalan yang beliau miliki sampai pada Rasulullah memerintahkan kepada Syekh Samman untuk membagikan ilmu dan amalan yang beliau miliki kepada masyarakat di kota Madinah. Sehingga ilmu dan amalan beliau dikenal oleh orang banyak dan ingin mengambil tarekat kepada beliau. Tak jarang para raja memgirimkan beliau emas, perak dan lain sebagainya, namun Syekh Samman tidak mengambil sepeser pun dan langsung memberikannya kepada fakir miskin. Adapun beliau mengajarkan kepada para muridnya bagaimana cara salat, bersalawat, berzikir kepada Allah, beristighfar, dan cara berdoa kepada Allah. Kemudian beliau juga mengajarkan tentang akhlak yang mulia, sopan santun, zuhud, tauhid, tasawuf dan lain-lain.
Adapun salah satu karomah atau kemuliaan yang dimiliki oleh Syekh Samman di manaqib beliau adalah, siapa saja yang menyebutkan nama beliau sebanyak tiga kali, maka kesusahan baik dunia maupun akhirat akan hilang. Apabila seseorang berziarah ke makam beliau dan membaca al-Qur’an lalu berzikir, maka bacaan orang tersebut di dengar oleh Syekh Samman. Kemudian, beliau pernah berkata bahwa, Syekh Samman sudah pernah menjadi wali sejak di dalam kandungan ibunya. Lalu barang siapa memakan makanan beliau, dijamin masuk surga dan siapa saja yang masuk ke dalam langgarnya, maka Allah akan mengampuni dosanya.
ADVERTISEMENT
Menurut penjelasan yang telah dipaparkan di atas, Syekh Samman merupakan seorang tokoh sufi yang terkenal di penjuru dunia bahkan di Indonesia sendiri. Pribadinya yang sedari kecil sangat mencintai akan ilmu pengetahuan dan berusaha agar dapat menuntut ilmu dari siapapun dan di manapun. Seseorang yang senantiasa menyibukkan dirinya untuk beribadah kepada Allah dan menjauhkan dari segala hal yang dapat menjerumuskan beliau dari kesenangan duniawi. Bahkan beliau mengajarkan ilmu dan amalan kepada masyarakat, tidak hanya itu beliau juga dengan ringannya membagikan harta yang dikirimkan kepada beliau untuk orang yang tidak mampu. Kisah hidup, kemuliaan, amalan, dan lain sebagainya telah dituliskan di dalam kitab Manaqib Tuan Syekh Muhammad Samman.
Kegigihan beliau dalam mempelajari ilmu tasawuf kepada guru-guru beliau, mengantarkan Syekh Samman menjadi seorang mursyid yang bisa mendirikan tarekat sendiri, sehingga kemuliaan yang dimiliki beliau tetap di ketahui oleh banyak orang dan tidak sedikit yang ingin mengambil karomah dari Syekh Samman.
ADVERTISEMENT
Daftar Rujukan
Atjeh, Aboebakar. Tarekat Dalam Tasawuf. Bharu, Kelantan: Pustaka Aman Press, 1993.
Sya’rani, Ahmad. “ETIKA GURU DAN MURID DALAM TARIKAT SAMMANIYAH.” Ilmu Ushuluddin 15, no. 2 (2016): 123–28.
Tedy, Armin. “Tarekat Mu’tabaroh Di Indonesia (Studi Tarekat Shiddiqiyyah Dan Ajarannya).” El-Afkar 6, no. 1 (2017): 32–42.