• 0

USER STORY

Smart Control Room di Instalasi Pengolahan Air Buaran

Smart Control Room di Instalasi Pengolahan Air Buaran


PDAM DKI Jakarta dan PT Aetra Air Jakarta melakukan inovasi dengan peresmian Smart Operation with Control Room di kantor Aetra Jl. Raya Kalimalang No 89, Jakarta Timur. Control Room tersebut akan dioperasikan di Instalasi Pengolahan Air Buaran.
Fasilitas Control Room ini memiliki banyak fungsi. Fungsi utamanya sendiri adalah untuk memonitoring serta menganalisa kegiatan operasional di pengolahan air seperti produksi air baku, air bersih, dan proses distribusi ke pelanggan.
“Dengan control room kita dapat memantau titik kerusakan, dan ketersediaan air baku di DKI Jakarta,” ujar Erlan Hidayat, Dirut PDAM DKI Jakarta, dalam acara peresmian Smart Control Room pada Rabu (25/7).
Pihak Aetra Air Jakarta telah memasang sensor dan parameter untuk proses distribusi dan produksi yang di antaranya meliputi IPA, inline booster pump (Tugu, Kiwi, dan Halim), dan pompa tekan (Sumur Batu, Cilincing, Pasar Rebo, JGC, dan Sunter). PT Aetra juga memantau CCTV di seluruh area kerja, memonitor aset meter pelanggan, data tekanan, debit, volume, dan titik kebocoran (non revenue water/NRW). Sistem di Smart Control Room dapat menangkap semua hasil yang dari sensor-sensor yang dipasang tersebut, sehingga jika ada kerusakan yang terlacak dapat segera diperbaiki.
Ada 500 titik jaringan primer yang ada di wilayah Aetra. Hanya saja untuk sementara control room ini hanya memantau kurang lebih 14 titik kritis jaringan primer yang kerap kali membutuhkan penanganan lebih. Titik-titik tersebut tersebar di Jaringan Aetra di Jakarta Timur dan Jakarta Utara.
Selain itu, control room ini memiliki fungsi untuk mengecek intensitas pembayaran yang dilakukan oleh masyarakat, sehingga dapat diketahui warga yang rutin membayar tagihan dan yang tidak. Hal ini tentu membuat regulasi keuangan dalam PDAM semakin efisien.
Pembangunan Smart Operation with Control Room merupakan janji dari PT Aetra Air Jakarta kepada Pemprov DKI Jakarta dan PAM Jaya yang tertuang dalam master agreement. Dana keseluruhan pembangunan diperkirakan kurang lebih Rp3 miliar.
***
Artikel terbaru tentang Jakarta Smart City bisa diakses melalui smartcity.jakarta.go.id. Pastikan juga mengikuti media sosial berikut untuk informasi terkini tentang Jakarta Smart City.


Smart CityInovasiTeknologiNewsAir Supply

presentation
500

Baca Lainnya