News
·
10 Juli 2021 17:51
·
waktu baca 2 menit

Bakal Jadi Tempat Pasien COVID-19, Begini Kondisi Eks RS Pertamina di Bajubang

Konten ini diproduksi oleh Jambikita.id
Bakal Jadi Tempat Pasien COVID-19, Begini Kondisi Eks RS Pertamina di Bajubang (596729)
searchPerbesar
Halaman dan bangunan eks Rumah Sakit (RS) Pertamina di Kelurahan Bajubang. (Foto: M Sobar Alfahri/Jambikita.id)
Jambikita.id - Bangunan eks Rumah Sakit (RS) Pertamina di Kelurahan Bajubang, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari akan dijadikan tempat khusus untuk perawatan dan isolasi pasien COVID-19.
ADVERTISEMENT
Rencana ini disampaikan oleh Gubernur Jambi Al Haris dalam rapat paripurna di DPRD Provinsi Jambi, Jumat (9/7).
Camat Bajubang, Ikhwan mengatakan sudah lama bangunan rumah sakit ini tidak difungsikan. Terakhir difungsikan pada tahun 2009 lalu. Karena itu, atapnya ada yang sudah jebol, serta plafonnya juga rusak.
“Namun, Saya sangat bersyukur jika pemerintah memanfaatkan kembali aset yang terbengkalai. Walaupun hanya untuk menampung orang sakit,” ujarnya, Sabtu (10/7).
Ia mengatakan banyak masyarakat Batanghari yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Jika rumah sakit ini difungsikan, perawatan masyarakat yang mengidap COVID-19 bisa lebih baik.
Menurutnya, pemerintah tentu membutuhkan dana yang tak sedikit untuk menyiapkan rumah sakit itu. Apalagi untuk pasien COVID-19 butuh sarana dan prasarana yang baru.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Koordinator Lapangan Bajubang, Khotman mengatakan bangunan itu statusnya masih milik pertamina. Pihaknya mendukung rencana tersebut, karena dapat membantu masyarakat yang terpapar COVID-19.
“Rumah sakit ini memiliki 4 sal dan diperkirakan bisa menampung sebanyak 120 orang pasien positif COVID-19,” tuturnya.
Namun, saat ini bangunan tersebut sangat tidak layak untuk ditempatkan. Makanya, perlu dilakukan pembenahan.
"Rumah sakit ini tidak layak untuk ditempatkan yang jelas butuh perawatan pada lampu, air, ruangan, dan tempat istirahat,” pungkasnya.
(M Sobar Alfahri)