Manfaat Membran Perikardium Iradiasi Untuk Kedokteran Gigi

Jamilah Hanum
Pranata Humas di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)
Konten dari Pengguna
24 November 2023 8:26 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jamilah Hanum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Produk Membran Pericardium Iradiasi Yang Diproduksi PT. Focustindo Cemerlang Dengan Lisensi BRIN  (Sumber: https://e-katalog.lkpp.go.id/katalog/produk/detail/75356899?lang=id&type=general)
zoom-in-whitePerbesar
Produk Membran Pericardium Iradiasi Yang Diproduksi PT. Focustindo Cemerlang Dengan Lisensi BRIN (Sumber: https://e-katalog.lkpp.go.id/katalog/produk/detail/75356899?lang=id&type=general)
ADVERTISEMENT
Peneliti Pusat Riset Teknologi Proses Radiasi (PRTPR) Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang terkait dengan riset Bank Jaringan, Basril Abbas menyampaikan bahwa Membran Perikardium Iradiasi sangat bermanfaat untuk dunia kedokteran, khususnya bidang dental.
ADVERTISEMENT
Membran tersebut digunakan untuk Guided Bone/Tissue Regeneration yang diperoleh dari bahan baku perikardium sapi atau jantung sapi dengan kandungan kolagen yang tinggi, dan disterilkan dengan cara iradiasi.
Ia memaparkan proses pembuatan Membran Perikardium Iradiasi yaitu dengan cara perikardium dibersihkan dengan air destilasi dan larutan salin, direndam dalam hydrogen periksida, dikeringkan dengan cara liofilisasi kemudian disterilkan dengan cara iradiasi.
Basril menyebutkan keunggulan dari Membran Perikardium Iradiasi ini, mengandung kolagen yang bersifat biokompatibel dan bioresorbable, sehingga setelah diaplikasikan sebagai Guided Bone Regeneration (GBR) atau Guided Tissue Regeneration (GTR) tidak diperlukan pengambilan kembali dari jaringan. “Dengan kata lain operasi GBR/GTR hanya dilakukan sekali pada awal pengaplikasian saja,” jelasnya.
Penelitian Membran Perikardium Iradiasi ini sudah dilakukan sejak tahun 2010. Produk Membran Perikardium telah memperoleh paten dengan nomor IDP000063846, dan terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.
ADVERTISEMENT
Membran Perikardium Iradiasi telah dimanfaatkan oleh beberapa kalangan antara lain :
Dirinya mengungkapkan Membran Perikardium Iradiasi sudah diproduksi di dalam negeri, dan bahan bakunya juga banyak tersedia di dalam negeri. Saat ini produk membran tersebut sudah diproduksi oleh PT. Focustindo Cemerlang. “Perusahaan ini telah membeli Lisensi Membran Perikardium Iradiasi,” ungkap Basril.
Basril juga menerangkan untuk mendapatkan Membran Perikardium Iradiasi, masyarakat dapat datang langsung ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) serta menyampaikan keluhannya sesuai dengan spesialis tersebut di atas, atau dapat menghubungi PT. Focustindo Cemerlang.
ADVERTISEMENT
“Membran Perikardium Iradiasi telah digunakan di beberapa rumah sakit gigi dan mulut, dan klinik spesialis gigi di Indonesia antara lain RSGM FKG Universitas Indonesia, RSGM FKG Unhas, RSGM Kedokteran Gigi UGM, RSUD Bombana Sulawesi Tenggara, RS Anuntaloko, Parigi Sulawesi Tengah, Mitra Keluarga Gading Serpong, RSM Yap Yogyakarta, RS Muhammadiyah Lamongan, RSGM Marantha Bandung, RS UI dan beberapa klinik spesialis gigi,” pungkasnya.