Konten dari Pengguna

5 keistimewaan hari senin dalam Islam yang bikin kita semangat

FILANTROPIA
Kanal Berita Filantropi Indonesia
6 Juni 2022 12:01 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari FILANTROPIA tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber foto : freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
sumber foto : freepik.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Hari Senin identik dengan hari yang penuh dengan keluhan. Pasalnya, hari senin muncul setelah weekend berakhir. Pekerja hingga pelajar banyak yang mengeluhkan bahkan membenci hari senin karena mereka harus memulai bekerja dan masuk sekolah lagi. Karena di hari sebelumnya orang-orang sedang nyaman beristirahat dan bersantai, sehingga mereka merasa kesal jika di hari berikutnya harus mulai beraktivitas lagi.
ADVERTISEMENT
Istilah “ I Hate Monday” masih melekat kuat di benak kita. Padahal dalam Islam sendiri, hari senin merupakan hari yang penuh dengan keistimewaan. Hari senin merupakan hari dimana pintu-pintu surga terbuka lebar, sehingga kita bisa melakukan beragam kebaikan sebagai ladang pahala di waktu ini. Jadi, seharusnya kita bisa menjadi lebih semangat untuk menyambut hari kelahiran Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam ini.
Tidak hanya itu, ada berbagai macam keistimewaan hari senin lainnya yang perlu sahabat baik ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Hari lahirnya Rasulullah SAW
Keistimewaan hari senin dalam islam yang pertama, yang mana juga menjadi hari yang spesial bagi umat muslim dunia, pasalnya hari senin merupakan hari kelahiran Nabi besar kita yakni Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam . Sebagaimana yang disebutkan pada QS. Al Ahzab ayat 21 yang artinya,
ADVERTISEMENT
"Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah." (QS. Al Ahzab: 21)
Berdasar ayat diatas kita bisa ambil hikmah bahwa sebagai hari lahirnya suri teladan bagi kita umat muslim, hendaknya kita selalu menyambut hari senin dengan perasaan yang senang dan semangat dalam menjalaninya.
2. Dosa-dosa akan diampuni
Keistimewaan hari senin dalam Islam yang kedua adalah diampuninya dosa – dosa kita. Pada hari minggu malam kita seringkali mengeluh karena sebentar lagi akan bertemu dengan hari senin. Padahal seharusnya kita lebih semangat ketika mengingatnya. Pasalnya, pada hari senin ini dosa-dosa akan diampuni Allah Subhanahu wa Ta'ala, sehingga sebaiknya kita senantiasa bersyukur jika akan bertemu hari senin.
ADVERTISEMENT
Seperti sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam pada HR. Muslim yang artinya,
"Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai." (HR. Muslim)
3. Hari diturunkannya Al Qur’an
Sebagaimana diriwayatkan pada HR. Muslim, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam pernah bersabda yang artinya,
"Di hari itulah saya dilahirkan, dan pada hari itu pula, wahyu diturunkan atasku." (HR. Muslim)
Dari hadits tersebut dapat diketahui bahwa hari senin tidak hanya bertepatan pada kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wassallam, tapi juga merupakan hari diturunkannya Al Qur’an sebagai kitab suci umat muslim di dunia.
ADVERTISEMENT
4. Hari yang baik untuk berbagi kepada sesama
Sebagai hari dimana pintu-pintu surga terbuka lebar, hari senin adalah kesempatan baik untuk kita dalam melakukan kebaikan. Ada banyak kebaikan yang bisa kita lakukan, salah satu amal baik yang mendatangkan banyak pahala yakni dengan berbagi kepada sesama. Dengan berbagi, kita dapat memberikan banyak manfaat kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan.
Di era yang serba digital sekarang ini, kita bisa berbagi melalui berbagai media online yang bisa di akses kapan saja. Sahabat baik dapat menyalurkan kebaikan Sahabat baik dengan cara ikut berdonasi melalui Serbu-Sedekah Seribu yang pastinya dapat membantu banyak orang di luar sana yang membutuhkan uluran tangan dari kita.
Sebarkan bantuanmu untuk mereka yang membutuhkan dan tetaplah semangat menjalani hari senin. Jalani hari senin kita dengan banyak melakukan amal shaleh dan menyebarkan kebaikan.
ADVERTISEMENT
5. Dianjurkan Rasulullah SAW untuk berpuasa
Selain pernyataan diatas, hari senin juga merupakan hari yang spesial bagi kita sebagai umat muslim karena kita bisa berpuasa sunnah sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wassallam.
Pada HR. At Tirmidzi, beliau bersabda yang artinya,
"Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari Senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa." (HR. At Tirmidzi)
Dengan berpuasa di hari senin, kita dapat mendapatkan berbagai manfaat yang bisa kita dapat mulai dari menambah amalan, menghindarkan diri dari godaan hawa nafsu hingga sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang sudah kita dapatkan.
Nah, itulah macam – macam keistimewaan hari senin dalam Islam yang perlu Sahabat baik ketahui. Jadi jangan benci hari senin lagi ya!
ADVERTISEMENT