Perkuat Profil Pelajar Pancasila Melalui Lagu Pelajar Pancasila

Jasmine Rizkya Adisa
Mahasiswa FK UNEJ 2021 Pendidikan Pancasila 76
Konten dari Pengguna
17 November 2022 21:05 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jasmine Rizkya Adisa tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penggunaan baju adat dalam rangka Hari Lahir Pancasila. Sumber: Dokumentasi Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Penggunaan baju adat dalam rangka Hari Lahir Pancasila. Sumber: Dokumentasi Pribadi
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
"Kita pelajar Pancasila, kita bernapas dalam sila-silanya," kutipan tersebut merupakan salah satu lirik dari lagu "Pelajar Pancasila" yang mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Lagu "Pelajar Pancasila" diciptakan oleh Eka Gustiwana dan diproduksi langsung oleh Pusat Penguatan Karakter Kemendikbudristek. Lagu tersebut dirilis pada 11 Januari 2021 dan dibawakan oleh Kikan Namara dengan perpaduan gaya musik modern dan tradisional.
ADVERTISEMENT

Profil Pelajar Pancasila Menurut Kemendikbudristek

Di dalam lagu ini, terdapat 6 unsur profil pelajar Pancasila yaitu:
1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia
Pelajar Pancasila harus memiliki moral yang baik, taat terhadap agama yang dianut, dan mencintai satu sama lain. Nilai-nilai itu terdapat pada lirik "Arahkan pandangan ke depan, Tuhan kan menuntunmu."
2. Berkebinekaan Global
Pelajar Pancasila harus bisa menghargai dan mencintai budaya lokal Indonesia, namun tidak juga menutup mata dengan kebudayaan lain. Hal itu penting dilakukan agar bisa bersaing dengan dunia global, seperti yang tercantum dalam lirik "Bersatu dalam perbedaan" dan "Era kita menanti berseri."
3. Mandiri
Sebagai pelajar Pancasila, kita juga dituntut untuk bisa mencari ilmu sendiri. Karena ilmu tidak hanya didapatkan dari guru saja, banyak sumber yang bisa digunakan untuk menambah khazanah. Selain itu, pelajar Pancasila juga wajib memahami regulasi dirinya sendiri dan situasi sekitar yang sedang dihadapi, seperti yang tercantum dalam lirik "Singkirkan egomu oh kawan."
ADVERTISEMENT
4. Bergotong Royong
Selain harus mandiri, pelajar Pancasila juga dituntut untuk tetap bisa bekerja sama dengan orang lain, gotong royong, dan berkolaborasi. Semua hal itu tercantum dalam lirik "Bergandeng tangan untuk negeri" dan "Berpegang tangan dan berlari."
5. Bernalar Kritis
Pelajar Pancasila harus bisa berpikir kritis, jika mendapatkan informasi, tidak boleh ditelan mentah-mentah agar tidak termakan kabar hoaks. Semua itu tercantum pada lirik "Jadilah generasi emas, cerdas berkarakter itu kita."
6. Kreatif
Seiring berkembangnya zaman, pelajar yang berkarakter Pancasila juga harus terus mengembangkan jiwa kreativitasnya. Pelajar Pancasila harus berani mencoba sehingga nantinya banyak karya yang bisa dihasilkan. Hal itu terdapat pada lirik "Berjuang dan harus berani, kita terus torehkan prestasi."
ADVERTISEMENT
Lagu "Pelajar Pancasila" ini dibuat dengan harapan agar para pelajar Indonesia lebih bisa memaknai nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Selain itu, lagu ini juga diharapkan mampu membangkitkan semangat generasi muda, khususnya para pelajar yang berkarakter Pancasila sehingga nantinya berbekal karakter yang berjiwa Pancasila itu, pelajar akan berani berjuang dan bersatu dalam perbedaan, serta senantiasa menorehkan prestasi yang membuat nama Ibu Pertiwi dipertimbangkan di mata dunia.

Implementasi Lagu "Pelajar Pancasila" dalam Bidang Pendidikan di Indonesia

Penggalakan untuk pengimplementasian lagu "Pelajar Pancasila" sudah gencar dilakukan. Tujuannya agar tenaga pendidik maupun pelajar lebih memahami apa saja profil pelajar yang berkarakter Pancasila. Berikut beberapa kegiatan yang mendukung pemerataan implementasi lagu "Pelajar Pancasila."
1. Lomba Kreasi Lagu "Pelajar Pancasila" yang Diadakan oleh Kemendikbudristek
ADVERTISEMENT
Lomba tersebut diadakan dalam rangka Hari Lahir Pancasila pada bulan Juni 2021 lalu. Lomba yang bertajuk "Kerlap" itu diharapkan mampu menjadi sarana bagi para siswa dan mahasiswa untuk membumikan nilai-nilai yang tercantum dalam lirik lagu "Pelajar Pancasila." Lomba "Kerlap" diselenggarakan untuk berbagai jenjang pendidikan mulai PAUD sampai perguruan tinggi dan memiliki 5 kategori lomba, yaitu gerak lagu, video klip animasi, cover lagu solo, cover lagu band, dan duet tiktok. Kurang lebih 400 pelajar dari seluruh Indonesia mengikuti lomba tersebut. Langkah yang diambil Kemendikbudristek ini bisa dikatakan berhasil untuk menarik minat pelajar Indonesia untuk bisa mengkreasikan lagu "Pelajar Pancasila" ini sehingga diharapkan bisa mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Berikut cuplikan video dari salah satu 20 besar kategori video klip animasi.
ADVERTISEMENT
Video klip animasi karya Apri Setiawan - Universitas Negeri Malang. Video : Youtube/apriciation
2. Kreasi Senam dan Tari Menggunakan Lagu "Pelajar Pancasila"
Walaupun merupakan program baru dari Kemendikbudristek, lagu "Pelajar Pancasila" sudah banyak dikreasikan menjadi senam maupun tarian. Untuk senam, saat ini banyak digunakan oleh siswa TK hingga SD dengan berbagai gerakan kreatif dan mendeskripsikan setiap lirik dari lagu "Pelajar Pancasila" itu sendiri. Ada yang melaksanakan senam itu rutin setiap hari namun ada juga yang dijadikan agenda khusus setiap hari Jumat atau Sabtu. Baik guru maupun orang tua siswa mendukung penuh kegiatan ini agar anak-anaknya bisa mendapatkan hiburan yang mendidik serta bisa lebih mudah memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila. Berikut contoh kreasi senam menggunakan lagu "Pelajar Pancasila."
ADVERTISEMENT
Senam Pelajar Pancasila oleh SDN 1 Lokapaksa. Video : Youtube/Kim Suasti Utami
Selain senam, banyak juga kreasi tari dari pelajar Indonesia yang menggunakan lagu "Pelajar Pancasila." Ada yang memasukkan tarian itu sebagai tari baru dalam ekstrakulikuler tari di sekolah masing-masing dan digunakan sebagai pembuka dalam kegiatan-kegiatan resmi sekolah serta ada juga yang mulai melombakan kreasi tari "Pelajar Pancasila" ini.
Tari Kreasi Pelajar Pancasila oleh SMKN 1 Karanganyar, Kebumen. Video : Youtube/Friska Apriliyana Fani
3. Menyanyikan Lagu "Pelajar Pancasila" Sebelum Memulai Pembelajaran
Salah satu cara agar pelajar Indonesia cepat hafal dengan lagu ini yaitu dengan menyanyikannya berulang-ulang dan cara itu sudah banyak digunakan dengan berbagai metode, mulai dari diputar saat jam istirahat sampai menyanyikan secara langsung sebelum memulai pembelajaran. Dengan menyanyikannya secara bersama-sama, dapat membuat siswa lebih semangat untuk menghafalkan lagunya dan lebih mudah dalam memahami makna dari pelajar yang berkarakter Pancasila itu seperti apa. Hal itu juga memperoleh respon positif dari masyarakat luas bahkan ada yang berharap agar lebih banyak lagu yang bertema pendidikan seperti ini.
ADVERTISEMENT
Guru yang memimpin siswa siswinya untuk menyanyikan lagu "Pelajar Pancasila" dengan semangat. Video : Tiktok/@ekagustiwanaputra
Jika dilihat dari implementasinya, lagu "Pelajar Pancasila" ini sudah mulai disebarluaskan secara merata dan banyak menerima respon positif dari pelajar maupun masyarakat. Oleh karena itu, mari kita dukung penggunaan lagu "Pelajar Pancasila" ini dengan menuangkan ide-ide kreatif kita agar lagu ini bisa se-eksis lagu-lagu wajib lainnya dan tidak kalah saing dengan lagu-lagu modern saat ini. Ingat, "Kita pelajar Pancasila, ayo kita jaga untuk Indonesia!"