kumparan
KONTEN PENGGUNA
20 Oktober 2019 22:10

Dirut Bank Sentral Eropa : Tak Ada Rencana Larang Libra

download (1).jpeg
Libra (Foto: Reuters)
Regulator finansial global tidak punya rencana untuk melarang uang digital Libra atau koin digital lainnya, namun token digital yang disokong mata uang resmi harus mematuhi standar tertinggi regulator, demikian disampaikan direktur Bank Sentral Eropa, Benoit Coeure dalam wawancara yang diterbitkan hari Kamis (17/10).
ADVERTISEMENT
Pernyataannya memberikan pandangan yang langka atas rencana uang digital Facebook, yang dikritik tajam oleh regulator dan politisi sejak pengumumannya bulan Juni.
“Tentunya tidak ada pandangan bahwa uang digital tidak semestinya ada,” kata Coeure kepada Bloomberg News.
Para pemangku kebijakan di Eropa telah menyampaikan keberatannya terhadap Libra, salah satunya Perancis yang berjanji memblokir peluncuran Libra di Eropa karena khawatir terhadap dampaknya bagi stabilitas finansial dan potensi melemahkan kedaulatan moneter.
Namun Coeure yang berkebangsaan Perancis, lebih bernada konstruktif.
“Untuk Eropa, baik Komisi Uni Eropa mau pun Bank Sentral Eropa sama-sama tidak berniat menjadikan Eropa sebagai zona terlarang bagi koin digital. Namun uang digital harus mematuhi standar regulasi tertinggi dan mengikuti tujuan kebijakan publik,” tutup Coeure yang dikutip Reuters.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan