kumparan
KONTEN PENGGUNA
25 Agustus 2018 0:45

Facebook Hapus Aplikasi VPN Onavo dari App Store

Facebook (Foto : Reuters)
Facebook diberitakan Wall Street Journal segera menarik aplikasi VPN bernama Onavo Protect dari App Store Apple, setelah pembuat iPhone tersebut menyebut Onavo melanggar panduan soal pengoleksian data.
ADVERTISEMENT
Onavo yang didirikan sebagai sebuah startup analitik asal Israel yang fokus untuk membantu pengguna memonitor penggunaan data pribadinya, dibeli Facebook tahun 2013.
Aplikasi VPNnya kemudian menjadi perangkat pengoleksi data Facebook untuk memonitor perilaku pengguna di luar aplikasi utamanya, yang menginformasikan Facebook merancang strategi video siaran langsung, persaingan dari aplikasi sosial lainnya, termasuk keputusan membeli perusahaan lain seperti WhatsApp.
“Kami selalu memberikan penjelasan tentang informasi yang dikoleksi dan penggunaannya setiap kali seseorang mengunduh Onavo,” terang juru bicara Facebook kepada The Verge.
“Sebagai pembuat aplikasi di platform Apple, kami mengikuti aturan main yang mereka buat.”
Apple tidak menghapus sendiri aplikasi tersebut, namun diduga telah menekan Facebook untuk menghapusnya. Berdasarkan laporan WSJ, Apple telah menginformasikan kepada Facebook bahwa Onavo Protect melanggar aturan baru soal privasi yang diimplementasikan pada bulan Juni, yang membatasi kemampuan programer membuat database berdasarkan informasi pengguna dan menjualnya ke pihak ketiga.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan