WhatsApp Siapkan Aplikasi Terpisah Untuk Bisnis

Merekam jejak-jejak teknologi yang semakin sulit dilepaskan dari aspek kehidupan manusia dan lingkungannya.
Konten dari Pengguna
30 Agustus 2017 21:10
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Jejak Tekno tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
WhatsApp Siapkan Aplikasi Terpisah Untuk Bisnis  (18749)
zoom-in-whitePerbesar
WhatsApp (Foto : VentureBeat)
WhatsApp mulai mengincar perusahaan-perusahaan.
Aplikasi pesan milik Facebook ini telah mulai memverifikasi akun bisnis dan sedang mempersiapkan aplikasi yang berdiri sendiri supaya bisnis tersebut bisa menyapa pelanggannya, berdasarkan sebuah laman yang tersembunyi di bagian dukungan situs mereka dan analisis terhadap kode aplikasi seperti diberitakan Business Insider.
ADVERTISEMENT
Di laman dukungan berjudul “ Verified Business Accounts,” WhatsApp menjelaskan bahwa mereka akan mencantumkan centang hijau di samping nama pengguna setelah dikonfirmasi bahwa nomor ponsel yang bersangkutan memang milik sebuah bisnis.
“WhatsApp sedang menjelajahi cara bagi anda untuk berkomunikasi dengan bisnis yang penting bagi anda,” tulis laman dukungan WhatsApp. Di sana juga ditulis “verifikasi bisnis saat ini masih terbatas pada sebagian kecil bisnis yang berpartisipasi di program pilot.”
Secara terpisah, WhatsApp nampaknya mempersiapkan aplikasi berbeda untuk bisnis, menurut analisis kode yang dilakukan WABetaInfo, situs yang telah beberapa kali di masa lalu mengungkap fitur yang sedang dikembangkan Facebook.
Aplikasi ini sepertinya masih tersedia untuk Android saja.
Tidak cukup jelas apakah aplikasi terpisah ini sekarang tersedia bagi mitra bisnis WhatsApp yang bekerjasama di awal.
ADVERTISEMENT
Bukti di kode dari aplikasi WhatsApp yang asli memberikan dugaan bisnis akan bisa memanfaatkan aplikasinya untuk mengirimkan pesan layanan pelanggan seperti di Facebook Messenger.
Perwakilan WhatsApp yang dihubungi menolak berkomentar untuk program bisnis terverifikasi ini maupun rencana untuk membuat aplikasi terpisah.