2 Contoh Surat Sewa Rumah dan Manfaatnya

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
3 Mei 2022 17:00
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
2 Contoh Surat Sewa Rumah dan Manfaatnya (106796)
zoom-in-whitePerbesar
Contoh Surat Sewa Rumah, Foto : Pexels/Mikhail Nilov
ADVERTISEMENT
Membuat surat perjanjian tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Terdapat kaidah-kaidah dalam sebuah perjanjian. Sebagai contoh surat sewa rumah. Didalam surat perjanjian sewa harus memenuhi ketentuannya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Panduan Lengkap Membuat Surat-Surat Kontrak, Frans Satriyo Wicaksono, SH., 2008, bahwa istilah kontrak sering diucapkan saat seseorang ingin menyewa sebuah rumah (kontrak rumah). Dalam Bahasa sederhanya, kontrak merupakan kesepakatan antara minimal dua pihak atau minimal dua orang tentang suatu hal yang mengakibatkan salah satu pihak mempunyai hak dan kewajiban terhadap pihak lainnya. Begitu juga sebaliknya.
Hukum kontrak merupakan hukum yang mengatur tata cara serta hal-hal yang harus dipatuhi atas penegakan kontrak itu sendiri. Penyusunan kontrak harus memuat dua unsur yaitu kebutuhan akan bantuan dan kebutuhan akan memperoleh keuntungan dari bantuan yang diberikan.
Dalam KUH Perdata, hukum suatu perjanjian harus bersifat terbuka. Artinya, memberikan keleluasaan kepada semua pihak pembuat kontrak untuk menggunakannya atau tidak menggunakannya.
ADVERTISEMENT
Perjanjian juga harus dilaksanakan dengan asas itikad baik. Asas ini penting dalam hukum perjanjian apapun. Dengan adanya asas itikad baik segala pembuatan dan pelaksanaan perjanjian harus mematuhi norma-norma kepatutan dan kesusilaan. Setiap pihak yang membuat perjanjian harus melandasinya dengan niat baik.
Selain Asas itikad baik, suatu perjanjian juga harus memenuhi asas kepastian hukum. Artinya melalui kontrak atau perjanjian terciptalah perikatan atau hubungan hukum yang menimbulkan hak dan kewajiban masing-masing pihak pembuatnya. Dengan kata lain masing-masing pihak terikat pada perjanjian yang dibuat untuk mematuhinya.
Didalam sebuah perjanjian baik sewa rumah atau perjanjian lainnya juga harus mengandung asas kepribadian. Maksudnya adalah ada yang menentukan bahwa seseorang yang akan melakukan dan atau membuat suatu perjanjian untuk kepentingan perseorangan. Hal ini sesuai dengan pasal 1315 dan pasal 1340 KUHPerdata.
ADVERTISEMENT
  • Pasal 1315 KUHPerdata berbunyi : “Pada umumnya seseorang tidak dapat mengadakan atau perjanjian selain untuk dirinya sendiri”.
  • Pasal 1340 KUHPerdata berbunyi : “Perjanjian hanya berlaku antara pihak yang membuatnya”.
  • Namun ada juga pengecualian seperti pasal 1317 KUHPerdata yang berbunyi : “Dapat juga perjanjian diadakan untuk kepentingan pihak ketiga, bila suatu perjanjian yang dibuat untuk diri sendiri atau suatu pemberian kepada orang lain mengandung suatu syarat semacam itu”.

Contoh Surat Sewa Rumah

2 Contoh Surat Sewa Rumah dan Manfaatnya (106797)
zoom-in-whitePerbesar
Foto : Pexels/Mikhail Nilov
Surat perjanjian kontrak rumah 1 tahun akan digambarkan di artikel ini. Berikut ini 2 contoh surat sewa rumah lengkap dengan manfaatnya :

Contoh Pertama

Surat Perjanjian Sewa Rumah

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Lia Andini NIK KTP : 3578010119900001 Pekerjaan : Karyawan Swasta Alamat : Jl. Manyar Indah III No. 19 Surabaya No. Telp. : 0818882345

Dalam hal ini selanjutnya akan disebut sebagai PIHAK PERTAMA atau pemilik rumah.

Nama : Lilla Sakilla NIK KTP : 3578020219950004 Pekerjaan : Wiraswasta Alamat : Jl. Cepu XII No. 1 Sidoarjo No. Telp. : 0819991367

Dalam hal ini selanjutnya akan disebut PIHAK KEDUA atau penyewa rumah.

Bersamaan dengan adanya surat ini, PIHAK PERTAMA akan menyewakan rumah seluas 300 m2 yang terletak di Jalan Manyar Jaya IX No. 9 Surabaya dalam jangka waktu 1 Tahun terhitung mulai tanggal 3 Mei 2022 sampai dengan 3 Mei 2023.

Dengan harga Rp. 30.000.000,- (terbilang : tiga puluh juta rupiah) per tahun yang akan dibayar PIHAK KEDUA secara tunai dan lunas per tanggal 2 Mei 2022.

Segala properti dan fasilitas di dalam rumah tersebut dapat digunakan sepenuhnya oleh PIHAK KEDUA tanpa terkecuali. Namun, segala bentuk pajak yang timbul akibat penyewaan rumah ini sepenuhnya ditanggung oleh PIHAK KEDUA.

PIHAK KEDUA juga akan mengganti segala kerugian finansial apabila terjadi kerusakan properti dalam rumah tersebut selama PIHAK KEDUA tinggal di situ.

Apabila di kemudian hari terjadi hal-hal yang tidak sesuai atau di luar kesepakatan ini, kedua pihak telah menyatakan bersedia bila perkara nantinya dibawa ke jalur hukum.

Demikian surat perjanjian sewa rumah ini kami buat secara sadar tanpa adanya paksaan atau tekanan dari pihak manapun.

Surabaya, 3 Mei 2022 PIHAK PERTAMA PIHAK KEDUA

LIA ANDINI LILLA SAKILLA

ADVERTISEMENT

Contoh Kedua

SURAT PERJANJIAN SEWA/KONTRAK

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Lia Andini Tempat / Tanggal Lahir : Surabaya/1 Januari 1990 Jenis Kelamin : Perempuan Agama : Islam Pekerjaan : Karyawan Swasta Alamat : Jl. Manyar Kertoarjo XII No. 1 Surabaya Selanjutnya disebut Pihak I

Nama : Lilla Sakilla Tempat / Tanggal Lahir : Jambi / 2 Februari 1995 Jenis Kelamin : Perempuan Agama : Islam Pekerjaan : Karyawan Swasta Alamat : Jl. Cepu I No. 1 Sidoarjo Selanjutnya disebut Pihak II

Kami berdua membuat perjanjian sebagai berikut :

1. Saya Pihak I menyewakan rumah yang terletak di Jl. Manyar Jaya XII No. 9 RT.01/RW.01 Kelurahan Menur Kecamatan Bulak Surabaya sebesar Rp. 20.000.000,- (terbilang : dua puluh juta rupiah) selama 1 tahun dari tanggal 3 Mei 2022 sampai dengan 3 Mei 2023.

2. Memang benar saya Pihak II telah menyewa rumah dari Pihak I yang sesuai dengan poin 1 diatas.

3. Apabila rumah kontrakan itu diperbaiki oleh Pihak II maka setelah selesai masa waktu kontrak dari hasil perbaikan itu menjadi hak milik Pihak I.

Demikian surat perjanjian ini kami buat dengan sebenarnya tanpa ada unsur paksaan dari pihak manapun. Dan apabila ada perjanjian waktu dan lain-lain akan di musyawarahkan kemudian.

Kami yang membuat Perjanjian Pihak II Pihak I

LILLA SAKILLA LIA ANDINI

Mengetahui, Ketua RT. 01 Kelurahan Menur/Kecamatan Bulak DRS. SUTRISNO

2 Contoh Surat Sewa Rumah dan Manfaatnya (106798)
zoom-in-whitePerbesar
Foto : Pexels/Mikhail Nilov
Perjanjian sewa menyewa notaris juga bisa dilakukan jika memang dirasa perlu ada pihak ketiga. Namun jika menginginkan perjanjian yang sederhana, cukup gunakan surat seperti contoh di atas. Selamat mencoba.(Lia)
ADVERTISEMENT