2 Rekomendasi Wisata di Bulukumba yang Populer

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
25 Januari 2024 16:18 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Wisata di Bulukumba, Foto Unsplash/Sean Oulashin
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Wisata di Bulukumba, Foto Unsplash/Sean Oulashin
ADVERTISEMENT
Terdapat banyak tempat wisata di Bulukumba yang populer untuk dikunjungi bersama teman ketika hari libur. Tempat wisata tersebut menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri yang mampu memikat hati para wisatawan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laman sulselprov.go.id, Kabupaten Bulukumba adalah salah satu Daerah Tingkat II di Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Bulukumba. Kabupaten ini memiliki luas wilayah 1.154,67 km². Tidak heran jika banyak wisata bagus di kabupaten ini.

Wisata di Bulukumba

Ilustrasi Wisata di Bulukumba, Foto Unsplash/Camille Minouflet
Berikut adalah rekomendasi dua wisata di Bulukumba yang populer untuk dikunjungi saat liburan.

1. Pantai Bira

Pantai Bira berada di Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Untuk harga tiket masuk ke pantai tersebut adalah Rp10.000, tetapi harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Pantai Bira buka setiap hari selama 24 jam, jadi wisatawan dapat menikmati keindahan pantai tersebut dari pagi hingga malam hari.
Daya tarik yang dimiliki Pantai Bira berupa keindahan laut yang begitu menakjubkan. Keindahan tersebut terletak pada biota laut yang masih terjaga keasliannya. Selain itu, pantai ini juga mempunyai hamparan pasir putih yang indah.
ADVERTISEMENT
Para wisatawan yang berkunjung ke sini, dapat melakukan beberapa aktivitas menarik seperti berjalan di tepi pantai, bermain pasir, berfoto, hingga snorkeling. Sementara itu, fasilitas di Pantai Bira juga terbilang cukup lengkap, mulai dari toilet, tempat parkir, hingga warung makan.
Pantai Bira berjarak kurang lebih 40 km dari Bulukumba atau sekitar 200 km dari Kota Makassar. Perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Dari Bulukumba perjalanan bisa dilanjutkan menggunakan angkutan umum sejenis mikrolet. Angkutan ini akan membawa wisatawan menuju Pantai Bira dengan biaya mulai dari Rp15.000 per orang.

2. Pantai Bara

Pantai Bara berada di Jalan Desa Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Buka setiap hari selama 24 jam. Untuk harga tiket masuknya mulai dari Rp10.000.
ADVERTISEMENT
Daya tarik yang dimiliki Pantai Bara adalah keasrian dan ketenangan di sekitar pantai, karena belum banyak wisatawan yang mengetahui tempat wisata alam ini. Karena masih sedikit yang mengetahuinya, wisatawan akan merasakan layaknya berada di pantai pribadi.
Selain dapat menikmati keindahan pantai, wisatawan dapat melakukan beberapa aktivitas lain seperti bermain pasir, berlari-larian atau berjalan di tepi pantai, menikmati desiran ombak yang tenang, berfoto dengan latar belakang yang indah, dan aktivitas lainnya. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung mulai dari tempat parkir, toilet, warung makan, dan beberapa fasilitas lainnya.
Pantai ini berjarak sekitar 45 km dari pusat Kabupaten Bulukumba. Jika wisatawan berangkat dari Kota Makassar, maka akan menempuh jarak kurang lebih 200 km untuk bisa sampai di pantai ini.
ADVERTISEMENT
Demikianlah dua wisata di Bulukumba yang populer untuk dikunjungi. Selamat berlibur di akhir pekan. (Adm)