20 Destinasi Wisata Pemalang yang Indah dan Instagramable

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
9 Februari 2024 11:13 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi Wisata Pemalang, Foto Unsplash/Jeffrey Workman
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Wisata Pemalang, Foto Unsplash/Jeffrey Workman
ADVERTISEMENT
Provinsi Jawa Tengah terkenal dengan wisata alam hingga buatannya yang menakjubkan, tidak terkecuali di kawasan Pemalang. Ada banyak destinasi wisata Pemalang yang indah dan instagramable yang bisa dikunjungi untuk berakhir pekan.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan laman resmi pemalangkab.go.id, Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pantai utara Pulau Jawa. Secara astronomis Kabupaten Pemalang terletak antara 1090 17′ 30″ – 1090 40′ 30″ BT dan 80 52′ 30″ – 70 20′ 11″ LS.
Kabupaten Pemalang memiliki topografi bervariasi. Bagian Utara merupakan daerah pantai. Bagian tengah merupakan dataran rendah yang subur, bagian Selatan merupakan dataran tinggi dan pengunungan. Tidak heran, jika banyak wisata menarik di kabupaten ini.

Destinasi Wisata Pemalang

Ilustrasi Wisata Pemalang, Foto Unsplash/Mike Lewis HeadSmart Media
Inilah deretan destinasi wisata Pemalang yang indah dan instagramable.

1. Bukit Tangkeban

Bukit Tangkeban mempunyai pemandangan yang indah dari Gunung Slamet. Tempat wisata ini sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat menunjang kenyamanan pengunjung, seperti: camping ground, taman langit yanginstagramable, ayunan terbang, perosotan, sepeda terbang, kolam renang, area berkuda, ATV, dan yang lainnya.
ADVERTISEMENT

2. Pantai Widuri

Pantai Widuri memiliki hamparan pasir hitam lembut yang berpadu dengan birunya langit, ombak tenang, dan lanskap lautan luas yang tanpa batas.
Selain menikmati pemandangan yang indah, pengunjung dapat melakukan beberapa kegiatan menarik lain seperti berjalan-jalan, bermain air, berfoto-foto, atau sekadar bersantai.

3. Kampoeng Teh Semugih

Kampoeng Teh Semugih adalah alah satu tempat wisata yang berada tidak jauh dari pusat Kota Pemalang. Tempat wisata ini menyuguhkan suasana segar khas pegunungan dengan hamparan kebun teh luas sejauh mata memandang.
Kampoeng Teh Semugih telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas menarik seperti, playground, kafe, lapangan tenis, sepak bola, dan voli, serta tur pembuatan teh hitam.
ADVERTISEMENT

4. Gunung Gajah

Gunung Gajah mempunyai ketinggian hingga 1.100 mdpl. Tempat wisata satu ini menyuguhkan wisata pendakian jarak pendek melewati medan berbatu yang cukup ekstrem.
Untuk wisatawan yang suka dengan kegiatan mendaki, dapat mencoba memilih tempat wiata ini untuk berakhir pekan.

5. Curug Bengkawah

Curug Bengkawah adalah air terjun kembar yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter. Airnya berasal dari mata air di Desa Sodong Besari, yang kemudian mengalir jatuh ke cekungan sedalam hingga 3 meter.

6. Goa Gunung Wangi

Goa Gunung Wang cocok dikunjungi para wisatawan yang memiliki jiwa petualang. Tempat wisata ini menawarkan jalur pendakian dengan pemandangan alam luar biasa.
ADVERTISEMENT

7. Gatra Kencana

Gatra Kencana menyuguhkan wisata edukasi di tengah hamparan persawahan. Tempat wisata ini mempunyai beberapa fasilitas seperti, spot foto kekinian, kolam terapi ikan, warung masakan organik dan karaoke, kolam renang anak, hingga gazebo untuk bersantai.

8. Pantai Joko Tingkir

Pantai ini memiliki hamparan pasir hitam yang indah, serta deretan pohon cemara yang meneduhkan. Pantai Joko Tingkir menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga.
Selain menikmati keindahan dan siliran angin pantai, pengunjung dapat mencoba aneka jajanan hingga makanan berat di warung-warung sekitar dengan harga terjangkau.

9. Alun-Alun Pemalang

ADVERTISEMENT
Alun-Alun Pemalang menjadi lokasi yang nyaman untuk mengajak anak-anak bermain. Di kawasan ini, terdapat banyak wahana menarik yang menghibur. Wahana tersebut seperti, kereta mini, trampolin, sewa motor balap kecil, mobil dengan lampu hias, otoped, dan masih banyak lagi.

10. Kedung Bunder

Kedung Bunder merupakan surga tersembunyi di Pemalang berupa kedung atau cekungan air. Kedung Bunder memiliki air berwarna hijau toska yang memanjakan, dan kawasan sekelilingnya dipenuhi pepohonan asri.
Pengunjung dapat menikmati keindahan dan kesegaran dengan berenang atau sekadar duduk di atas bebatuan besar di dekat kedung.

11. Rafting Sungai Comal

Rainbow Rafting merupakan tempat wisata yang menawarkan keseruan di Sungai Comal. Rainbow Rafting menyediakan kegiatan arung jeram dengan jarak mulai dari 6 km (18 jeram selama 1,5 jam) hingga 9 km (27 jeram selama dua jam).
ADVERTISEMENT

12. Curug Sibedil

Curug Sibedil merupakan air terjun yang indah dan menyegarkan. Air terjun ini mengalir jatuh dari ketinggian sekitar 25 meter dengan beberapa aliran kecil di sekitarnya.
Air dari air terjun ini tumpah ke dalam kolam alami sedalam lima meter di bawahnya, yang dapat digunakan para pengunjung untuk berenang, mandi, dan bermain air.

13. Kedung Bening

Kedung Bening adalah cekungan air hijau toska yang dikelilingi dinding batu. Banyak pengunjung menjulukinya sebagai Grand Canyon-nya Pemalang.
Namun, dengan medan yang cukup menantang dan curam, membuat tempat wisata ini tidak diketahui banyak wisatawan.

14. Hutan Mangrove Mojo

ADVERTISEMENT
Hutan Mangrove Mojo menjadi salah satu tempat wisata di Pemalang yang cocok dikunjungi bersama keluarga. Selain dapat menikmati keindahan hutan mangrove, pengunjung juga dapat menjumpai sejumlah burung langka yang dilindungi, seperti burung bangau, kuntul, blekok, belibis, dan trinil.

15. Telaga Rengganis

Telaga ini mempunyai luas satu hektar dengan pepohonan pinus dan perbukitan sebagai latar belakangnya. Para pengunjung dapat melakukan kegiatan menarik seperti, mendirikan tenda, hiking ke bukit, dan memancing ikan langsung dari telaga.

16. Curug Jajar

Curug Jajar merupakan tempat wisata yang menyuguhkan pemandangan dua air terjun sejajar dengan ketinggian 15–20 meter. Untuk mendapatkan momen terbaik, pengunjung dapat mengunjungi tempat wisata ini pada momen pergantian musim hujan ke musim kemarau.
ADVERTISEMENT

17. Curug Sidok

Curug Sidok mempunyai ketinggian sekitar delapan meter dengan debit air yang cukup deras. Airnya akan jatuh ke cekungan yang tidak begitu dalam sehingga cukup aman untuk dipakai bermain air dan berenang.

18. Zatobay Waterboom

Zatobay Waterboom merupakan tempat wisata di daerah Pemalang yang mempunyai banyak wahana menarik seperti kolam anak, kolam ember tumpah, kolam berbentuk cinta, kolam arus, kolam Olympic, kolam atlet, dan kolam khusus perempuan.

19. Bukit Kukusan

ADVERTISEMENT
Bukit Kukusan menjadi salah satu destinasi hits di Kota Pemalang. Di sini, banyak tempat instagrammable sehingga pengunjung dapat mengabadikan momen liburan.

20. Taman Langit Pulosari

Taman ini berada di ketinggian 1.250 mdpl. Meski begitu, pengunjung tidak perlu khawatir karena akses jalannya cukup mudah. Ada banyak spot keren dan variatif yang bisa dinikmati di sini. Mulai dari spot bintang, rumah terbalik, hingga rumah kurcaci.
Demikianlah deretan destinasi wisata Pemalang yang indah yang dapat dijadikan sebagai pilihan untuk menghabiskan liburan di akhir pekan. (Ria)