3 Bakmi di Bandung yang Enak, Cocok untuk Makan Siang

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
1 Oktober 2023 16:08 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Bakmi di Bandung yang Enak. Unsplash/Edwin Petrus.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Bakmi di Bandung yang Enak. Unsplash/Edwin Petrus.
ADVERTISEMENT
Memilih tempat makan bakmi di Bandung yang enak, yang cocok untuk makan siang sepertinya bisa menjadi pilihan. Beberapa tempat makan bakmi di Kota Bandung sudah ada dari tahun 1950an.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku 20 Peluang Bisnis Makanan, Redaksi AgroMedia (2007), bakmi adalah salah satu jenis mi yang dibawa oleh pedagang Tionghoa ke Indonesia. Dalam perkembangannya, bakmi di Indonesia mengalami penyesuaian bumbu dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di Indonesia.

Bakmi di Bandung yang Enak, Cocok untuk Makan Siang

Ilustrasi Bakmi di Bandung yang Enak. Unsplash/Aditya Romansa.
Kota Bandung terkenal dengan aneka kulinernya yang lezat dengan cita rasa autentik. Bagi yang ingin mencoba mencicipi bakmi di Bandung, ada beberapa tempat yang bisa dijadikan referensi kuliner. Berikut ulasannya.

1. Mie Baso Akung

Pertama, ada Mie Bakso Akung yang sudah berdiri sejak tahun 1990an. Berlokasi di Jalan Lodaya No. 123, Buahbatu, racikan bakmi dan bakso di sini terkenal enak apalagi Mie Baso Akung pernah jadi bagian film Dilan 1990.
ADVERTISEMENT
Mie Baso Akung ada dua menu andalan di sini yaitu mie kuah atau yamin. Semuanya dilengkapi suwiran ayam yang lembut dan gurih. Khusus yamin, pengunjung bisa pesan mau yamin manis, sedang, atau yamin asin.
Sementara untuk isian, Mie Baso Akung punya singkatan unik yaitu BPTSC. Pengunjung boleh pesan lengkap atau memilih sendiri favoritnya. Berikut penjelasannya.

2. Bakmi Apin Sukajadi

Kedua ada Bakmi Apin Sukajadi, bakmi dengan topping daging ayam putih bisa dicoba di sini. Pengunjung bisa mencoba beberapa pilihan bakmi mulai dari mie ayam biasa, mie yamin, hingga mie spesial pedas.
Buka sejak tahun 1999, tempat makan ini menggunakan pilihan mie licin dengan bentuk semi keriting. Toppingnya berupa potongan halus ayam putih. Adapun tambahan pangsit rebus sampai bakso kenyal yang disajikan di mangkuk berbeda.
ADVERTISEMENT
Alamat: Jl. Sukajadi No.170, Pasteur, Kec. Sukajadi, Kota Bandung.

3. Mie Linggarjati

Terakhir ada tempat makan bakmi yang berdiri sejak tahun 1950an dan membuat Rumah Makan Linggarjati melegenda. Banyak pelanggan setia yang menikmati mie ayam di tempat ini sejak mereka kecil sampai sudah berumur.
Rumah Makan Linggarjati menawarkan mie ayam dengan tekstur yang kecil dan pipih. Rasanya bisa dipilih manis atau gurih. Pilihan toppingnya juga beragam mulai dari mie baso, mie pangsit, mie baso babat, mie baso tahu, mie basi siomay, hingga mie spesial.
Dalam satu porsi mie ayam sudah dilengkapi dengan tambahan kuah kaldu terpisah yang dikenal punya rasa gurih dan kuat. Porsinya juga cukup banyak sehingga tidak perlu khawatir kelaparan.
Alamat: Jl. Balonggede No.1, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung
ADVERTISEMENT
Itulah tadi tiga rekomendasi bakmi di Bandung yang enak dan cocok untuk makan siang bersama teman maupun keluarga. Untuk wisatawan, deretan tempat makan di atas bisa dijadikan panduan kuliner. (Fitri A)