3 Contoh Surat Peringatan Organisasi Terbaru beserta Fungsinya

Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
3 Mei 2022 16:42
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
3 Contoh Surat Peringatan Organisasi Terbaru beserta Fungsinya (128866)
zoom-in-whitePerbesar
contoh surat peringatan organisai. sumber foto: unsplash/rapat editor, dan pekerja lainnya
ADVERTISEMENT
Surat peringatan organisasi berisi teguran, peringatan terhadap pelanggaran aturan, ditujukan kepada seseorang atau individu. Simak 3 contoh surat peringatan organisasi terbaru beserta fungsinya melalui artikel berikut.
ADVERTISEMENT
Dalam buku Revolusi Karyawan yang terbit pada 2017, terdapat beberapa fungsi dari surat peringatan organisasi, dia ntaranya :
  1. Memberikan teguran terhadap suatu individu yang berada dalam organisasi.
  2. Surat peringatan dibuat agar tidak terjadi kesalahan yang terjadi lagi.
  3. Sebagai bahan evaluasi serta pengembangan diri terhadap individu tersebut, sehingga meningkatkan kinerjanya dalam organisasi.
Berikut beberapa contoh surat peringatan organisasi untuk anggota yang bisa kamu gunakan, apabila terjadi pelanggaran dari anggota organisasi.

3 Contoh Surat Peringatan Organisasi

Surat Peringatan Organisasi Sekolah

===KOP SURAT===
ADVERTISEMENT
Nomor :01/SP/SKP-4/IV/2022 Perihal : Peringatan Lampiran : – Kepada Yth. Ibu Anggun Guru Biologi Di Tempat Dengan hormat, Berdasarkan peraturan yang berlaku di yayasan sekolah SMA Tulus Harapan adalah bahwa ketidakhadiran seorang guru tanpa keterangan maksimal memiliki toleransi 2 (dua) hari dalam satu bulan. Jika sampai 2 (dua) hari tersebut masih juga tidak ada kabar yang jelas, maka akan dikenakan sanksi pemberian surat peringatan pertama.
Berdasarkan hasil rekap absensi perusahaan, menunjukkan bahwa Saudari Anggun tidak masuk kerja tanpa adanya kabar atau keterangan yang jelas sebanyak 5 hari berturut turut pada tanggal 5 Januari 2022 Hal ini berarti telah melewati batas toleransi yang diberikan. Dan hal ini sangat merugikan pihak yayasan. Terutama murid – murid anak didiknya.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, yang bersangkutan diberikan sanksi berupa SP 1 yang berlaku 2 bulan sejak terbitnya surat ini. Dan apabila melakukan pelanggaran lagi, maka akan dikenakan sanksi yang lebih keras.
Demikian surat peringatan ini dibuat untuk dijadikan acuan untuk melakukan intropeksi. Atas perhatian Saudari, kami ucapkan terima kasih. Mengetahui, Kepala SMA Tulus Harapan Dyah

Surat Peringatan Organisasi Perusasahaan Swasta

===KOP SURAT=== SURAT PERINGATAN PERTAMA (SP-1) No. 02/SRA/HRD-01/I/2022
ADVERTISEMENT
Surat Peringatan ini ditujukan kepada : Nama : Dyah NIP : 987900 Jabatan : Staff Marketing
Sehubungan dengan kinerja Saudari Dyah yang seharusnya sebagai karyawan selalu mematuhi dan melaksanakan tata tertib serta peraturan yang berlaku di lingkungan perusahaan, maka dengn ini kami memberikan peringatan kepada Saudari atas tindakan pelanggaran tata tertib yang tidak dipatuhi sebagaimana mestinya, yaitu tidak masuk tiga hari berturut turut tanpa alasan.
Oleh karena pelanggaran yang telah dilakukan oleh Saudari Dyah, maka pihak perusahaan memberikan sanksi kepada yang bersangkutan berupa pemotongan gaji sebesar 20% dari gaji pokok dan tidak diberikannya uang makan untuk bulan Mei 2022.
ADVERTISEMENT
Dengan dikeluarkannya surat peringatan dan sanksi yang diberikan, diharapkan yang bersangkutan tidak melakukan kesalahan lagi dan melakukan intropeksi agar selalu mematuhi peraturan dan tata tertib yang berlaku.
Demikian Surat Peringatan ini diberikan untuk dapat diperhatikan. Jakarta, 2 Mei 2022 Penerima SP, Pembuat SP Dyah Agus Staff Marketing Kepala Personalia
ADVERTISEMENT

Surat Peringatan Organisasi Himpunan Mahasiswa

===KOP SURAT===
Surat Peringatan Pertama ( SP – 1) Nomor : HM/SWD-6/2022 Semarang, 5 Mei 2022
ADVERTISEMENT
Dengan ini memberikan surat peringatan pertama kepada: Nama : Rendy Jabatan : Staff Ahli Divisi Kreatif
Dengan sehubungan terwujudnya sistem himpunan yang disiplin dan produktifitas, maka kami dari pihak Himpunan Mahasiswa Seaweed memberikan kepada saudara diatas telah melakukan pelanggaran tata tertib tentang kedisplinan kerja.
Berdasarkan catatan dan laporan evaluasi bahwa saudara yang bersangkutan telah mengalami penurunan daya kinerja sehingga merugikan Staff lain di Divisi Kreatif. Hal ini sesuai ketentuan yang telah ditetapkan bahwa pelanggaran penurunan performa kinerja dalam organisasi saudara maka dikenakan sanksi, berupa denda sepuluh ribu per bulan.
ADVERTISEMENT
Demikian surat ini diberitahukan dengan sebaik-baiknya. Semoga surat ini dapat diperhatikan dengan sebagaimana semestinya sehingga dapat dijadikan dasar untuk meningkatkan kinerja saudara pada hari berikutnya.
Dengan Hormat, Ketua Himpunan Mahasiswa Seaweed Ilham Semoga tiga contoh surat peringatan organisasi ini bermanfaat bagi teman-teman pembaca Jendela Dunia.(Fiqa)