3 Tempat Wisata di Melaka yang Patut Dikunjungi

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 15:03 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat wisata di Melaka. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Joshua
zoom-in-whitePerbesar
Tempat wisata di Melaka. Foto hanya ilustrasi, bukan tempat yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Joshua
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sebagai kota bersejarah di Malaysia, Melaka memiliki kekayaan budaya dan warisan kolonial yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik. Bagi yang sedang berlibur ke sini, ada beberapa tempat wisata di Melaka yang patut dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Terkenal dengan bangunan-bangunan bersejarah dan suasana kota yang memikat, beberapa tempat tersebut menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Dengan begitu, liburan menjadi semakin menyenangkan dan mengesankan.

3 Tempat Wisata di Melaka

Tempat wisata di Melaka. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya. Sumber: Pexels/Andrew Neel
Beberapa tempat wisata ini mulai dari bangunan yang tua yang ikonik, hingga tempat bersejarah bekas perang dunia. Adapun beberapa tempat wisata di Melaka yang patut dikunjungi, sebagai berikut.

1. Dutch Square

Dutch Square merupakan salah satu landmark paling ikonik di Melaka. Terletak di pusat kota, Banda Hilir, 75200 Malacca, kawasan ini dikenal dengan bangunan-bangunan peninggalan era kolonial Belanda yang memiliki arsitektur khasnya yang elegan.
Di sini, pengunjung akan menemukan Stadthuys, bangunan Belanda tertua di kawasan Timur yang dibangun sekitar tahun 1660 dan 1700. Bangunan ini kini berfungsi sebagai museum yang memamerkan sejarah Melaka.
ADVERTISEMENT
Selain itu, ada Christ Church dan Menara Jam Melaka yang turut menambah pesona kawasan ini. Pengunjung juga bisa menikmati tur keliling kota dengan trishaw, kendaraan roda tiga yang dihias menarik, memberikan pengalaman yang unik dan menyenangkan.

2. St. Paul’s Church

Tidak jauh dari Dutch Square, terdapat St. Paul’s Church yang berada di Jln Kota, Banda Hilir, puncak Bukit St. Paul. Gereja ini dibangun pada tahun 1521 dan merupakan gereja tertua yang masih berdiri di Malaysia dan Asia Tenggara.
Meskipun saat ini kondisinya berupa reruntuhan tanpa atap, St. Paul’s Church tetap menjadi daya tarik utama karena sejarahnya yang kaya dan pemandangan kota Melaka. Lokasinya yang dekat dengan sisa-sisa benteng A'Famosa Fort menambah nilai historis dari kawasan ini.
ADVERTISEMENT

3. Baba & Nyonya Heritage Museum

Mengutip dari situs babanyonyamuseum.com, terletak di dekat Jonker Street, Baba & Nyonya Heritage Museum adalah salah satu dari banyak rumah Peranakan sebelum Perang Dunia II di Melaka.
Rumah ini dulunya dihuni oleh empat generasi warga lokal dan kini diubah menjadi museum untuk menghormati budaya Peranakan.
Di dalam museum ini, pengunjung akan disuguhi dengan perabotan klasik, ubin-ubin yang dihias dengan indah, dan berbagai benda bersejarah lainnya. Untuk menikmati pengalaman lebih mendalam, bisa mengikuti tur pemandu wisata yang tersedia.
Ketiga tempat wisata di Melaka di atas adalah beberapa destinasi yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi kota ini. Dengan pesona dan keunikannya, Melaka siap memberikan pengalaman wisata yang mengesankan bagi setiap pengunjungnya. (RIZ)
ADVERTISEMENT