Konten dari Pengguna

4 Destinasi Wisata Pegunungan Kulon Progo dengan View Memesona

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
11 Juli 2024 4:22 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Wisata Pegunungan Kulon Progo. Foto hanyalah ilustrasi. Sumber: Unsplash/Afriyandi Setiawan
zoom-in-whitePerbesar
Wisata Pegunungan Kulon Progo. Foto hanyalah ilustrasi. Sumber: Unsplash/Afriyandi Setiawan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Wisata pegunungan Kulon Progo menawarkan pemandangan yang memesona bagi siapa pun yang ingin menikmati keindahan panorama pegunungan. Dengan lokasi yang tidak terlalu jauh dari keramaian kota, daerah ini menjadi tempat yang sempurna untuk menikmati udara segar dan melarikan diri dari hiruk-pikuk sehari-hari.
ADVERTISEMENT
Deretan destinasi wisata dari ketinggian ini memiliki karakteristik unik dan menarik. Dari puncak-puncak yang menghadirkan panorama lembah yang luas hingga kegiatan outdoor yang mengasyikkan, setiap tempat di sini memiliki cerita untuk diceritakan.

Wisata Pegunungan Kulon Progo: View Indah dari Ketinggian

Wisata pegunungan Kulon Progo. Foto hanyalah ilustrasi. Sumber: Unsplash/Bangkit Prayogi
Daerah Kulon Progo memang dikenal dengan pemandangan alamnya yang masih asli. Tak heran, deretan wisata pegunungan Kulon Progo ini akan memberikan momen yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

1. Puncak Suroloyo

Dikutip dari dinpar.kulonprogokab.go.id, Puncak Suroloyo terletak di ketinggian 1019 meter di atas permukaan laut dalam rangkaian Pegunungan Menoreh. Perjalanan menuju puncak membutuhkan usaha ekstra karena harus menaiki sekitar 200 anak tangga dengan kemiringan yang ekstrem.
Meski memerlukan perhatian ekstra dalam setiap langkahnya, usaha tersebut terbayar saat mencapai puncak. Di sana, pemandangan spektakuler menyambut mata; bisa melihat Candi Borobudur serta empat gunung terkenal di Jawa: Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Lawu.
ADVERTISEMENT
Biaya untuk memasuki tempat wisata di Kulon Progo, Yogyakarta ini sangat terjangkau, hanya Rp5.000 per orang. Lokasi tepatnya berada di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo.

2. Tebing Gunung Gajah

Tebing Gunung Gajah berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut dan meliputi area seluas 2 hektare. Tempat ini menawarkan panorama Pegunungan Menoreh yang memesona di bawahnya.
Pengunjung bukan hanya akan dimanjakan dengan pemandangan alam dan udara yang sejuk, tetapi juga berbagai wahana menantang dan spot foto yang menarik. Beberapa di antaranya adalah wahana love lock, sky bar, dan area fancy yang menjadi favorit. Untuk mencapai lokasi ini, pengunjung dapat menuju Jalan Sermo-Girimulyo di Katerban, Donorejo, Kokap, Kulon Progo.

3. Puncak Widosari

Puncak Widosari di Kulon Progo dikenal luas karena memiliki formasi batu besar yang unik, terletak di depan bukit. Tempat ini menawarkan pemandangan alam yang asri dan udara yang sejuk, khas dari Pegunungan Menoreh, yang menjadikan lokasi ini favorit bagi pengunjung.
ADVERTISEMENT
Untuk mencapai puncak, pengunjung harus mendaki sekitar 240 anak tangga. Namun, usaha tersebut akan terasa ringan karena di puncak, terdapat warung yang menyediakan tempat istirahat sambil menikmati hidangan untuk mengisi energi. Lokasinya berada di Tritis, Samigaluh, Kulon Progo, yang mudah diakses.

4. Canting Mas Bukit Dipowono

Lokasi ini sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata di Jogja, terutama bagi yang gemar berkemah. Lokasi ini terkenal dengan pemandangan Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh yang memukau.
Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp12.000 untuk menikmati keindahan dan fasilitas yang ditawarkan. Berlokasi di Jalan Clereng Tamanan KM 6 Hargowilis, Kokap, Clapar 2, Kulon Progo, tempat ini mudah diakses dan selalu ramai dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Wisata pegunungan Kulon Progo menyajikan serangkaian destinasi yang menjanjikan ketenangan serta keindahan alam yang luar biasa. Tiap lokasi bukan hanya memikat mata, tetapi juga memulihkan kesegaran pikiran siapa pun yang datang berkunjung. (CR)