4 Perbedaan Paspor Elektronik dan Paspor Biasa

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
1 Juli 2022 20:44 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perbedaan Paspor Elektronik dan Paspor Biasa, Foto: Unsplash.
zoom-in-whitePerbesar
Perbedaan Paspor Elektronik dan Paspor Biasa, Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa saja perbedaan paspor elektronik dan paspor biasa? Saat ini zaman semakin canggih. Teknologi yang semakin maju mengeluarkan produk-produk elektronik yang semakin memudahkan manusia untuk melakukan segala aktivitas yang ada. Salah satunya saat ini terdapat paspor elektronik yang simple dan bisa kamu bawa melalui handphone milikmu.
ADVERTISEMENT
Pada prinsipnya paspor elektronik dan paspor biasa memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai identitas diri yang dapat digunakan dalam kegiatan internasional dalam melakukan perjalanan. Tanpa paspor ini kamu tidak akan diterima di negara yang sedang atau akan kamu datangi, karena paspor ini sebagai salah satu syarat dalam berkunjung ke negera lain.
Lalu apa saja perbedaan paspor elektronik daripada paspor bisa? Perbedaannya terletak pada kelengkapan data dan tingkat akurasinya. Jika paspor elektronik lebih simple dan praktis daripada paspor biasa. Selain itu paspor elektronik juga memiliki kelebihan dari paspor biasa.

Perbedaan Paspor Elektronik dan Paspor Biasa

Perbedaan Paspor Elektronik dan Paspor Biasa, Foto: Unsplash.
Dikutip dari laman imigrasi.go.id, inilah perbedaan paspor elektronik dan paspor biasa yang perlu kamu ketahui sebagai bahan pertimbangan sebelum membuatnya:
ADVERTISEMENT
1. Kelengkapan Data
Hal mendasar yang membedakan paspor elektronik dengan paspor biasa adalah kelengkapan data. pada paspor biasa berisi data pemiliki seperti nama lengkap, tanggal lahir, kewarganegaraan, agama, dan lain sebagainya. Sedangkan pada paspor elektronik berisi data diri yang lebih lengkap dikarenakan adanya data biometrik seperti sidik jari dan bentuk wajah sang pemiliki.
Dari data biometrik inilah disimpan di dalam sebuah chip yang tertanam pada paspor elektronik. Data biometrik ini juga sudah sesuai dengan standar dar Internasional Civil Aviation Organization (ICAO).
2. Pemilik Paspor Elektronik Bisa Gunakan Autogate
Untuk kamu yang sudah menggunakan e-paspor, maka kamu bisa menggunakan autogate imigrasi tanpa harus antre panjang dan lama lagi di booth imigrasi. Di autogate ini, kamu hanya permu men-scan e-paspor.
ADVERTISEMENT
Jia berhasil maka gate akan terbuka secara otomatis dan kamu langsung bisa masuk ke area tunggu bandara. Namun di Indonesia autogate baru terdapat di dua tempat saja yaitu Ssoekarno-Hatta dan I Gusti Ngurah Rai, untuk tempat yang lainnya belum ada.
Perbedaan Paspor Elektronik dan Paspor Biasa, Foto: Unsplash.
3. Tingkat Keamanan Lebih Tinggi
Paspor elektronik ini sudah menggunakan chip yang ditanam didalamnya. Hal inilah yang membuat paspor elektronik akan sulit untuk dipalsukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab sehingga keamanannya akan terjamin dibandingkan dari pemegang paspor biasa.
4. Lebih Mudah Dapat Visa Negara Lain
Jika kamu ingin berpergian ke negara-negara di luar ASEAN, maka kamu masih memerlukan visa. Untuk pemiliki paspor elektronik akan lebih mudah mendapatkan persetujuan visa agar dapat melakukan kunjungan ke negara lain. Hal ini dikarenakan data-data yang ada di paspor elektronik lebih akurat dibandingkan dengan data paspor biasa dan lebih mudah diverifikasi oleh keduataan negara yang bersangkutan.
ADVERTISEMENT
Itulah perbedaan dari paspor elektronik dengan paspor biasa. Perbedaan paling utama adalah pada kelengkapan data. paspor elektronik untuk datanya lebih lengkap dibandingkan dengan paspor biasa.(Umi)