Konten dari Pengguna

4 Tempat Wisata di Wamena, Papua, Paling Populer

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
16 Juni 2024 15:11 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Tempat wisata di Wamena Papua. Sumber: Unsplash/Asso Myron
zoom-in-whitePerbesar
Tempat wisata di Wamena Papua. Sumber: Unsplash/Asso Myron
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tempat wisata di Wamena Papua merupakan destinasi yang menarik dengan pemandangan alam yang memukau dan budaya lokal yang autentik. Kawasan ini menawarkan keunikan yang berbeda dari kebanyakan tempat wisata, dengan kombinasi pegunungan, lembah, dan tradisi masyarakat setempat yang kaya akan cerita dan sejarah.
ADVERTISEMENT
Berada di jantung Papua, Wamena tidak hanya menjanjikan petualangan. Namun lebih dari itu, pengunjung akan mendapatkan pengalaman menikmati keindahan alam yang masih asli dan kearifan lokal yang kaya.

Tempat Wisata di Wamena yang Terkenal Keindahannya

Ada banyak tempat wisata di Wamena yang sudah terkenal, dan mengundang untuk dijelajahi. Setiap sudutnya menawarkan perspektif baru tentang keindahan alam dan kekayaan budaya. Berikut beberapa di antaranya.

1. Lembah Baliem

Lembah Baliem di Wamena, Papua, menawarkan pemandangan alam yang luar biasa dengan dikelilingi Pegunungan Jayawijaya. Dikutip dari papua.go.id, puncak-puncak seperti Trikora yang mencapai 4.750 meter, Mandala sekitar 4.700 meter, dan Yamin pada 4.595 meter, menjadi daya tarik khusus karena tetap bersalju sepanjang tahun meskipun berada di zona tropis.
ADVERTISEMENT
Karakteristik pegunungan yang tajam dan lembah yang curam membedakan area ini. Hanya di Lembah Baliem Barat dan Timur terdapat cekungan sungai yang luas.
Di tempat ini, selain keindahan alam, pengunjung juga bisa menikmati pertunjukan tari tradisional dan atraksi perang yang memperlihatkan kebudayaan suku Dani, penghuni asli lembah ini.

2. Danau Habema

Danau Habema menjadi salah satu destinasi paling menarik di Wamena. Terletak pada ketinggian 3.225 meter di atas permukaan laut, danau ini menawarkan udara yang sejuk dan pemandangan alam yang memukau.
Untuk mendapatkan pengalaman terbaik, disarankan untuk memulai pendakian ke danau ini di pagi hari. Tempat yang ideal untuk mengambil foto adalah di selatan danau, dekat dengan Puncok Trikora.

3. Telaga Biru

Telaga Biru di Wamena dapat diakses dengan berjalan kaki selama 12 menit dari pusat kota. Setibanya di lokasi, kelelahan dari berjalan akan langsung terbayar dengan pemandangan danau yang berwarna biru dengan nuansa hijau toska. Nuansa hijau tersebut berasal dari biota yang ada di dalam Telaga Biru.
ADVERTISEMENT

4. Pasir Putih Aikima

Pasir Putih Aikima, salah satu destinasi terindah di Wamena, terletak di Desa Aikima dalam Lembah Baliem. Lokasi ini dahulu merupakan area Danau Wio sebelum bertransformasi menjadi padang pasir putih.
Meskipun danau telah menghilang, keelokan pasir putih yang bertebaran bebatuan dan semak belukar di area ini tetap menjadi magnet bagi pengunjung yang mencari pemandangan estetik untuk difoto.
Tempat wisata di Wamena Papua sungguh memperkaya pengalaman bagi setiap pengunjung yang mencari keaslian dan keajaiban alam. Kesempatan untuk menjelajahi dan mengapresiasi keindahan yang ditawarkan oleh Wamena menjadi kenangan yang akan bertahan lama. (CR)