4 Wisata Alam Tarakan dari Konservasi hingga Pantai

Jendela Dunia
Menyajikan informasi untuk menginspirasi dan menambah wawasan pembaca
Konten dari Pengguna
11 Juli 2024 14:41 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Jendela Dunia tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Wisata Alam Tarakan. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Timothy K
zoom-in-whitePerbesar
Wisata Alam Tarakan. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Timothy K
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Tarakan dikenal sebagai kota dengan cadangan minyak yang melimpah. Sayangnya, tak banyak yang mengetahui bahwa Tarakan bisa menjadi destinasi wisata alam. Salah satu wisata alam Tarakan adalah Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan.
ADVERTISEMENT
Selain kawasan tersebut, masih ada beragam wisata alam lainnya. Wisata-wisata ini bisa dikunjungi saat musim liburan tiba.

Wisata Alam Tarakan untuk Liburan

Wisata Alam Tarakan. Foto Hanya Ilustrasi, Bukan Tempat Sebenarnya. Sumber Unsplash Frank Mckenna
Mengutip buku Menapak Indonesia, Ahmad Suryadi, S.Pd. (2021: 101), Tarakan adalah kota terbesar di Kalimantan Utara. Kota ini berada di pulau kecil dengan luas mencapai 677,53 kilometer persegi.
Kota ini mempunyai berbagai tempat wisata yang menyenangkan. Di antaranya tergolong wisata alam yang masih alami dan bisa membawa ketenangan kepada para wisatawan. Inilah beberapa wisata alam Tarakan.

1. Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan

Bila ingin berjalan-jalan di hutan dan melihat hewan endemik Kalimantan, maka Kawasan Konservasi Mangrove dan Bekantan bisa didatangi. Sesuai namanya, kawasan ini berfungsi untuk melindungi mangrove dan bekantan sekaligus sebagai wisata edukasi
ADVERTISEMENT

2. Tebing Karang Tanjung Pasir

Sesuai namanya, wisata alam ini menyajikan hamparan tebing-tebing dengan ketinggian dan bentuk berbeda. Pemandangan di sini terbilang indah layaknya di luar negeri sehingga sering digunakan sebagai tempat berfoto.

3. Air Terjun Karungan

Tarakan juga mempunyai air terjun yang bernama Air Terjun Karungan. Daya tarik utama dari wsiata alam ini adalah batuan berwarna cokelat yang menjadi latar belakang air terjun tersebut. Area di sekitarnya sendiri masih berupa pepohonan asri.

4. Pantai Binalatung

Pantai Binalatung dapat dikunjungi jika ingin berlibur sembari menikmati keindahan laut. Ombak tenang dipadukan dengan pasir pantai berwarna putih bisa menjadi pemandangan yang menenangkan.
ADVERTISEMENT
Keempat wisata alam Tarakan ini bisa didatangi sesuai selera. Dengan demikian, liburan dapat terasa lebih menyenangkan. (LOV)